Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

MENINGKATKAN AMAL KEBAIKAN DENGAN BERSEDEKAH, MENGINFAKKAN SEBAGIAN HARTA DI JALAN ALLAH SWT

Ahmad Yani
Universita Proklamasi 45 Yogyakarta

Memberi kepada yang membutuhkan (Foto : Elisa)
Pada kesempatan kali ini, tulisan ini  akan mencoba membahas tentang Meningkatkan Amal Kebaikan dengan Bersedekah. Seperti yang telah Rasulullah SAW katakan .Berikanlah 2 seperempat dari harta-hartamu kepada orang yang memerlukan.
Di era globalisasi ini. Banyak perombakan-perombakan terhadap pemahaman ajaran islam sehingga kualitas ketaqwaan seorang muslim banyak yang luntur karena di pengaruhi gaya hidup yang bernuansa duniawi.
Tuntutan zaman yang makin maju, menjadikan manusia buta akan agama sehingga mereka lupa terhadap dosa serta balasan yang akan mereka terima. Padahal Allah SWT telah menegaskan dalam firmanya Surat Al An’am  ayat ( 164 ) : Dan sesungguhnya  kalian semua tidak akan memikul beban dosa orang lain. Karna setiap individu akan menanggung beban dosanya sendiri.
 Dari firman tersebut sangat jelas bahwa setiap perbuatan yang kita lakukan akan berdampak pada diri kita sendiri. Seseorang yang suka bersodaqoh, suka menginfakkan sebagian hartanya di jalan Allah, tentu pahalanya akan di miliki dia sendiri. Begitu pula sebaliknya seseorang yang suka menghardik anak yatim. Suka mengambil hak orang lain tentu dosanya akan di tanggung dia sendiri.

Maka dari itu. Marilah kita bersama-sama memperbanyak melakukan amal kebaikan utamanya sadaqoh, menginfakkan harta kita di jalan Allah SWT. Karena segala amal kebaikan yang kita kerjakan akan memberi manfaat pada diri kita sendiri. Dalam ayat lain Allah SWT  berfirman “Maka pada hari kiamat seseorang tidak akan di rugikan sedikitpun & kamu tidak akan di rugikan sedikitpun & kamu tidak akan dibalas kecuali sesuai  dengan apa yang telah kamu kerjakan”
Begitu jelasnya Allah SWT memberikan kecaman bagi tiap-tiap seorang manusia bahwa mereka akan memikul dosa & ganjaran mereka sendiri. Maka pantaslah kita sebagai hamba Allah SWT dan umat baginda Rasulullah SAW untuk saling berlomba-lomba dalam hal kebaikan. Bagaimana caranya untuk meningkatkan amal kebaikan tersebut??? Yakni dengan cara melakukan perintah Allah SWT  & melakukan anjuran serta sunnah baginda Rasulullah Muhammad SAW & salah satunya adalah dengan cara memperbanyak sodaqoh.
Seperti yang di jelaskan dalam surat Al-Imron 132 yang berarti “Dan  taatlah kepada Allah SWT & Rasul ( Muhammad SAW ) agar kamu di beri nikmat”.
Tentu nikmat tersebut senantiasa akan Allah SWT  berikan pada hambanya yang menjalankan segala perintahnya & menjauhi segala laranganya. Marilah bersama-sama memperbanyak sadaqoh, untuk mendapatkan nikmat serta rahmat dari Allah SWT  karena seperti yang telah kita ketahui bersama tidak ada seorang pun yang dapat menolong kita kelak di akhirat, kecuali amal kebajikan yang kita lakukan. Selalu memperbanyak melakukan amal kebaikan, karna amal kebaikan tersebut merypakan bekal kita di akhirat nanti kelak.

Post a Comment

0 Comments