Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

SEMINAR ENERGI BARU TERBARUKAN:



MANAJEMEN KEKAYAAN INTELEKTUAL (IP MANAGEMENT)
UNTUK PERGURUAN TINGGI


Arundati Shinta
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogykarta


Pada Seminar Energi Terbarukan yang diselenggarakan di UP45 pada 7 Agustus 2017, telah hadir nara sumber yang keren yaitu Dr. Budi Agus Riswandi, SH, MHum. Beliau berasal dari lembaga yang keren yaitu Balai Penelitian Teknologi Bahan Alam, The Indonesia Institute of Sciences (LIPI), Gunung Kidul, Wonosari, Indonesia 55861. Judul esay yang dipresentasikan adalah Manajemen Kekayaan Intelektual untuk Perguruan Tinggi.

Kekayaan intelektual adalah suatu aset bisnis yang sifatnya tak berujud (intangible assets). Aset ini berperan dalam mendukung strategi bisnis dan penelolaan aset, seperti manufaktur / distribusi.


Contoh kasus manajemen kekayaan intelektual yaitu:
Ø  Pada tahun 1990-an salah satu perusahaan besar di Amerika Serikat telah membuat kebijakan promosi staf R&D (Research & Development), didasarkan pada jumlah paten dan staf diberi penghargaan.
Ø  Dalam praktek, tidak jarang hal ini terhenti ketika perusahaan mengetahui sedikitnya jumlah paten yang mampu dikomersialkan. Atas dasar itu, perusahaan mengubah kebijakannya dengan cara mendorong promosi staf R&D untuk mendapatkan paten yang kemudian dapat mendorong kegiatan berbisnis.
Ø  Sekitar 15 tahun kemudian, perusahaan dapat mengidentifikasikan paten sekaligus portofolio nilai paten yang dapat diperoleh dari unit tersebut (Wipo Magazine, 2008).

Relevansi manajemen kekayaan intelektual bagi perguruan tinggi:
1)    Mendukung akreditasi lembaga pemilik paten.
2)    Mendukung penilaian kinerja dosen
3)    Mendukung kegiatan fund rising, sehingga lembaga tidak hanya bergantung pada SPP mahasiswa saja.
4)    Mendukung kualitas penelitian di kampus
5)    Sarana untuk menarik dana penelitian dari pihak swasta.

Manfaat kekkayaan intelektual untuk organisasi:
1)    A path to minimize risk. Perusahaan melihat kekayaan intelektual sebagai aset hukum. Meminimalkan risiko yang ebrhubungan dengan hukum, antara lain: Kepatuhan pada proses, pengolahankelonggaran produk dan melindungi inovasi di pasar. Ini untuk menghindari litigasi.

2)    A path to cost reduction. Pengurangan biaya ini antara lain melibatkan:
a.    Menyaring portofolio untk menghilangkan paten yang tidak perlu.
b.    Pengetatan kriteria untuk melindungi inovasi dngan paten.
c.    Membuat daftar standar negara – filing.
d.    Meminimalkan pengecualian
e.    Pengetatan proses review internal
f.     Menyelaraskan merek dagang dan merek dengan produk.

3)    A path to value. Kekayaan intelektual bisa digunakan dengan organisasi lain sebagai usaha patungan. Perusahaan awal akan mendapatkan keuntungan karena penggunaan hak paten tersebut, bukan produknya.

4)    A path to strategic value. Kekyaan intelektual digunakan untuk:
a.    Mengubah sifat / arah persaingan
b.    Mengandalkan paten strategis
c.    Memfokuskan kelambali peran R&D.
d.    Memikirkan kembali kemitraan dengan pelanggan, pemasok / pihak lain yang terkait.

Seminar tentang energi ini merupakan upaya konkrit dari Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta untuk membumikan visi dan misinya. Diharapkan para dosen semakin memahami bahwa energi merupakan suatu daya yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Post a Comment

6 Comments

  1. Apakah Anda seorang pria atau wanita bisnis? Apakah Anda dalam kekacauan keuangan atau apakah Anda memerlukan dana untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk memulai Skala Kecil dan usaha menengah yang baik? Apakah Anda memiliki skor kredit yang rendah dan Anda kesulitan mendapatkan pinjaman modal dari bank lokal dan lembaga keuangan lainnya ?. Pelamar yang tertarik harus Menghubungi kami melalui email: BBM INVITE: {D8980E0B}
    WhatsApp Only: {+ 33753893351}
    Email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

       Pinjaman kami diasuransikan dengan baik untuk keamanan maksimum adalah prioritas kami, Tujuan utama kami adalah untuk membantu Anda mendapatkan layanan yang layak Anda dapatkan, Program kami adalah cara tercepat untuk mendapatkan apa yang Anda butuhkan dalam sekejap. Kurangi pembayaran Anda untuk mengurangi beban pada pengeluaran bulanan Anda. Dapatkan fleksibilitas yang dapat Anda gunakan untuk tujuan apa pun mulai dari liburan, pendidikan, hingga pembelian unik. Pelamar yang tertarik harus Menghubungi kami melalui email: BBM INVITE: {D8980E0B} WhatsApp Only :: {+ 33753893351}
    Email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

       Kami menawarkan berbagai layanan keuangan yang meliputi: Perencanaan Bisnis, Keuangan Komersial dan Pengembangan, Properti dan Hipotek, Pinjaman Konsolidasi Utang, Pinjaman Bisnis, Pinjaman Pribadi, Pinjaman Pembiayaan Rumah dengan tingkat bunga rendah sebesar 1,00% per annul untuk perorangan, perusahaan dan badan perusahaan. Dapatkan yang terbaik untuk keluarga Anda dan miliki rumah impian Anda juga dengan skema Pinjaman Umum kami. Pelamar yang tertarik harus Menghubungi kami melalui BBM INVITE: {D8980E0B}
    WhatsApp Only :: {+ 33753893351}
    Email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

    ReplyDelete
  2. Halo, saya Nyonya Christy Morris, pemberi pinjaman pribadi memberikan kesempatan pinjaman seumur hidup. Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi utang Anda dengan segera atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan komersial Anda? Apakah Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Kami memberikan pinjaman kepada individu yang membutuhkan bantuan finansial, yang memiliki utang macet atau butuh uang untuk membayar tagihan, kami memberikan pinjaman dengan bunga rendah 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang dapat dipercaya dan diuntungkan dan akan bersedia menawarkan Anda pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui e-mail di: (christymorrisloanfirm@gmail.com)

    ReplyDelete
  3. Assalamualaikum
    Nama saya muhammad abdul
    Dari jakarta selatan indonesia
    email muhammadabdul5151@gmail.com
    nomor telepon +6285574670570
    nomor whatsapp +6285574670570
    Saya berterima kasih kepada ALLAH karena telah mengakhiri penderitaan saya melalui Anthony Yuliana Lenders, untuk beberapa waktu sekarang bisnis saya sedang turun dan saya telah mencari pinjaman besar untuk meningkatkan bisnis saya kembali ke kehidupan, saya telah ditipu berkali-kali semua berjanji pada saya untuk meminjamkan uang tetapi mereka selalu menipu dan berbohong kepada saya, sampai saya menemukan ibu yuliana dan memberi saya jumlah pinjaman sebesar Rp 1,3 miliar, saya hanya melakukan pembayaran untuk asuransi pinjaman saya dan biaya transfer sebelum pinjaman saya ditransfer ke akun saya, bagi mereka yang mencari pinjaman harus berhati-hatilah karena 75% pinjaman online palsu, bagi mereka yang mencari pinjaman harus menghubungi Anthony Yulinana Lenders adalah 100% pemberi pinjaman online yang sah,
    anthony.yulianalenders@gmail.com
    whatsapp +13234026088

    ReplyDelete
  4. Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
    Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

    ReplyDelete
  5. Emergency Cash Loans Hello Everybody, My name is Mrs. Phyllis Sue South. I live in UK London and i am a happy woman today? and i told my self that any lender that rescue my family from our poor situation, i will refer any person that is looking for loan to him, he gave me happiness to me and my family, i was in need of a loan of $350,000.00 to start my life all over as i am a single mother with 2 kids I met this honest and GOD fearing man loan lender that help me with a loan of $350,000.00 U.S. Dollar, he is a GOD fearing man, if you are in need of loan and you will pay back the loan please contact him tell him that is Mrs. Phyllis Sue South that refer you to him. contact Dr. James Eric via email: financialserviceoffer876@gmail.com Whats-App +918929509036

    ReplyDelete
  6. Melihat!! Melihat!! Melihat!!

    Apakah Anda ingin membiayai kembali bisnis Anda? Apakah Anda memerlukan pinjaman Online asli untuk mengamankan Tagihan Anda? Memulai bisnis baru? Apakah Anda memerlukan pinjaman pribadi? atau Pinjaman Bisnis, Ajukan pinjaman cepat dan mudah untuk memulai pembiayaan baru proyek Anda dengan tingkat bunga termurah 1,5%. Hubungi kami melalui email: [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]


    LAYANAN KAMI

    * Pinjaman Rumah
    * Pinjaman Otomatis
    * Pinjaman Hipotek
    * Pinjaman Bisnis
    * Kendaraan Keuangan
    * Pinjaman pribadi

    Apakah Anda memerlukan modal dalam jumlah besar untuk memulai proposal atau ekspansi bisnis Anda? Apakah bank atau broker menolak Permohonan Pinjaman karena Skor Kredit Rendah atau Kurangnya Jaminan? Jangan ragu untuk menghubungi kami untuk kemungkinan kerjasama bisnis. Kami menawarkan layanan pinjaman aman untuk warga negara dan non-warga negara.

    Hubungi kami hari ini melalui email:
    WhatsApp: +628227405059
    [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]

    ReplyDelete

Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji