Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

MERINGKAS FILM YOUTUBE & OPINI SAYA TENTANG KETANGGUHAN MENTAL

 

REMEMBER THE GOAL

Arundati Shinta

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 



Topik

Persyaratan utama untuk menjadi unggul dalam suatu kompetisi adalah memiliki kondisi mental yang tangguh sehingga bisa fokus pada tujuan. Kita harus tahan terhadap ejekan, hinaan bahkan bujukan yang menyesatkan. Hal-hal beracun tersebut mungkin datang dari lingkungan sosial terdekat (keluarga, sahabat).  

Sumber

Remember The Goal | Full Movie | Allee-Sutton Hethcoat | A Dave Christiano Film – 1:28:13.

https://www.youtube.com/watch?v=zH0EGqlb7eg

Ringkasan

§ Courtney Smith-Donnelly adalah seorang pelatih untuk olah raga lari lintas alam di sebuah SMA. Berbeda dengan olah raga lari di lintasan atau lari marathon, olah raga lintas alam ini biasanya diadakan di daerah perbukitan, jalan yang menurun, sungai, dan jalan pedesaan yang tidak rata. Olah raga ini 90% membutuhkan ketahanan mental dan 10% membutuhkan ketahanan fisik. Ketahanan mental ini diperoleh bila atlet percaya pada pelatih dan fokus pada tujuan.

 

Ringkasan (lanjutan)

§ Sebelas siswa perempuan dari sebuah SMA mengikuti latihan pada klub olah raga lari lintas alam. Klub itu tidak pernah menang. Pelatih yang baru diragukan kemampuannya dalam melatih, karena strategi pelatihannya aneh. Ia justru menyuruh siswa untuk tidak lari dengan cepat. Padahal para siswa tersebut sangat bisa lari cepat bahkan menjuarai kompetisi lari cepat. Pelatih selalu memuji para siswa yang selalu bisa mengontrol kecepatan larinya, sehingga larinya tidak sangat cepat atau sangat lambat. Mereka dilatih untuk lari dengan kecepatan stabil pada semua jenis jalan yang dilalui. Ini sangat tidak mudah.

§ Orangtua protes pada sekolah. Bila anaknya tidak dilatih lari cepat sehingga gagal menjadi juara, maka mereka tidak akan mendapatkan bea siswa studi lanjut. Dampak dari latihan yang aneh itu adalah jumlah siswa merosot tinggal 5 orang yang ikut klub lari.

§ Atas desakan orangtua, beberapa hari menjelang pertandingan, pelatih Courtney diberhentikan. Pelatih itu menawar dan ingin menyelesaikan dulu program latihannya. Ia akan mundur sesudah kompetisi selesai.

§ Pada hari pertandingan, 5 siswa itu lari dengan kecepatan stabil. Sesuai instruksi pelatih, 150 m menjelang garis finish, mereka harus lari dengan sangat cepat dan menyalib peserta lainnya. Hasilnya, 5 siswa itu bisa menjuarai kompetisi. Ketika mereka mencari pelatihnya, pelatihnya sudah menghilang karena tidak ingin dielu-elukan.

Permasalahan

Anak-anak dan orangtua, tidak percaya dengan strategi berlari dari pelatih. Mereka mengemukakan metode berlatih sendiri yakni berlari dengan sangat cepat selagi situasi memungkinkan. Mereka tidak memahami bahwa olah raga ini membutuhkan kestabilan lari bukan kecepatan lari. Idealnya, para orangtua memahami olah raga lari ini dan mendukung strategi pelatih. Orangtua juga harus mendorong anaknya untuk fokus pada tujuan.

Opini saya

§ Olah raga lari lintas alam ini sangat bagus untuk melatih ketangguhan seseorang dalam menjalani hidup. Pada hakekatnya, kehidupan adalah seperti halnya olah raga lari lintas alam yang membutuhkan kestabilan mental sehingga kita bisa fokus pada tujuan. Fokus pada tujuan akan membawa kesuksesan.

§ Dalam kehidupan sehari-hari, saya juga berlatih lari. Mulai dari jarak pendek pada hari pertama, sampai dengan sekarang yang sudah merambah pada jarak menengah. Olah raga lari ini sangat berguna untuk memperkuat ketangguhan mental saya.  

 

Post a Comment

0 Comments