SENIMAN KERAMIK LUKIS MALIOBORO

Diposkan oleh Label: di


Arni Dewi Boronnia
Fakultas Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota
Universitas Gadjah Mada Yogyakarta

(Foto : Arni D.B. )
Salah satu pemandangan yang menarik untuk dilihat di Malioboro adalah banyaknya seniman jalanan yang sering menghasilkan karya seni yang unik. Jika minggu lalu saya membahas mengenai seniman tas kanvas, kini saya akan membahas mengenai seniman keramik lukis. Seniman tersebut berani untuk berbeda dengan pedagang kaki lima lain yang kebanyakan menawarkan barang oleh-oleh yang serupa satu sama lain. Seniman lukis keramik ini menawarkan atraksi seperti seniman jalanan pada umumnya yaitu eksekusi langsung pengerjaan pesanan konsumen yang dapat disaksikan.
Seniman tersebut bernama Pak Joko. Beliau menjual berbagai macam keramik dan piring yang telah dilukisnya dengan kisaran harga 35-50 ribu rupiah. Selain dengan media keramik dan piring, Pak Joko juga menerima pesanan dengan media lain seperti gelas. Pak Joko menyenangi lukisan realis pemandangan alam. Hampir di setiap keramik dan piring lukisannya yang dipajang dilapaknya dihiasi pemandangan alam hitam-putih yang serupa. Banyak pengunjung Malioboro yang tertarik, namun karena kurangnya keragaman jenis lukisan mereka menjadi sangsi apakah hanya jenis lukisan seperti itu saja yang tersedia. Di samping pekerjaan sebagai pedagang sekaligus pelukis keramik, Pak Joko juga memberi kursus melukis.

(Foto : Arni D.B.)
Pak Joko memiliki kemampuan yang unik dalam memproduksi barang dagangannya, namun satu sisi yang kurang dikembangkan adalah sisi promosi produk. Pak Joko dapat memulai usaha promosi dagangannya dengan cara memajang hasil karyanya dengan berbagai media selain piring dan keramik, misalnya cangkir. Kemudian dengan penambahan macam lukisan, para pengunjung Malioboro akan lebih tertarik untuk membeli. Pak Joko bisa saja memajang hasil karyanya yang merupakan pesanan orang, sehingga pengunjung lain dapat tertarik untuk memesan juga. Lalu Pak Joko dapat melakukan promosi melalui media sosial seperti blog. Dengan tambahan usaha promosi yang baik, akan menambah kesempatan Pak Joko untuk menambah pendapatannya.
Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan menawarkan produknya untuk berbagai keperluan, seperti souvenir untuk berbagai acara. Karena keunikan barang yang dihasilkan oleh Pak Joko, menimbulkan sebuah nilai jual yang tinggi pada pangsa pasar yang tepat. Maka peran promosi sangat besar agar Pak Joko dapat mencapai keuntungan yang lebih banyak. Diharapkan selanjutnya Pak Joko dan pembaca Kup45iana dapat lebih menyadari akan potensi diri, kemudian berstrategi bagaimana cara memaksimalkan potensi tersebut.

6 comments:

  1. Kalo boleh tanya ini di daerah mana malioboro kah, lokasi tepatnya dimana, makasih

    ReplyDelete
  2. Min mau minta no hp nya pak joko boleh? Aku dulu prnh beli lukisannya tp lupa nggk minta nomer hp

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top