ALUMNI BERPRESTASI DI INDONESIA TIMUR

Diposkan oleh Label: di


BUAH MANIS KERJA KERAS DOSEN & MAHASISWA
PSIKOLOGI UP45

Arundati Shinta
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta


Mas Siprianus adalah yang bertopi
Tracer study atau penelitian tentang jejak alumni di tempatnya berkarya. Tracer study ini adalah momok bagi prodi yang tidak siap dalam proses akreditasi. Hal ini karena tracer study pasti ditanyakan oleh asesor dan nilainya termasuk dalam kategori tinggi. Tracer study sangat berguna untuk pengembangan prodi dan insitusi asal, antara lain: untuk memberi informasi tentang lapangan pekerjaan, masukan untuk memperbaiki metode dosen dalam mengajar, dan sumbangan alumni dalam bidang akademik dan non-akademik. Pada intinya, suatu prodi / institusi akan menjadi terkenal atau justru tenggelam, sangat bergantung pada kecemerlangan alumninya. Alumni yang berkiprah cemerlang di tempat kerjanya, akan menarik calon mahasiswa lainnya. Ketika variabel alumni ini tidak diperhatikan, maka tenggelamlah institusi tersebut.


Adalah Siprianus Adi Rambu, S.Psi., yang merupakan salah satu alumni yang cemerlang. Ia berasal dari Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Ketika masih menjadi mahasiswa Psikologi UP45, ia biasa dipanggil ‘mas Siprianus’. Meskipun orang dari Indonesia Timur, namun tetap mendapat panggilan ‘mas’ atau panggilan laki-laki Jawa. Pada foto di atas, mas Siprianus adalah orang yang bertopi.


Semasa kuliah, mas Siprianus selalu berhasil menghidupkan situasi perkuliahan yang semula diam bahkan cenderung membosankan, menjadi hidup dan penuh gelak tertawa. Ia memang pribadi yang hangat, senang tertawa, suka menolong teman, dan senang bercengkerama dengan dosen. Nilai-nilai ujiannya juga memuaskan.

Mas Siprianus adalah salah satu mahasiswa Psikologi angkatan tahun 1988, dan menyelesaikan studi S1 Psikologi UP45 pada tahun 1998. Skripsinya juga sangat menarik, dan termasuk dalam peminatan Psikologi Pendidikan. Judul skripsinya adalah “Hubungan antara suasana rumah dengan penyesuaian diri pada siswa-siswi SMU Imanuel Kalasan Yogyakarta. Dosen pembimbing utamanya adalah Drs. Suardiman. Sayangnya, Drs. Suardiman belum sempat mendengar berita kesuksesan mahasiswa bimbingannya, karena beliau sudah keburu meninggal dunia.

Mas Siprianus sekarang berkarya sebagai Kepala Bagian Umum Sekretariat Daerah, Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat. Pangkat / golongannya adalah Pembina (IV/a). Salah satu tugasnya adalah mengelola SDM di lembaganya. Berdasarkan Keputusan Asosiasi Penyelenggara Pendidikan Tinggi Psikologi Indonesia (AP2TPI) No. 01/Kep/AP2TPI/2015 tentang Perubahan atas Surat Keputusan Asosiasi Penyelenggara Pendidikan Tinggi Psikologi Indonesia (AP2TPI) No. 01/Kep/AP2TPI/2013 tentang Kurikulum Inti Program Studi Psikologi Jenjang Sarjana, maka jenis pekerjaannya termasuk dalam kriteria Staff atau Manajer di bidang Sumber Daya Manusia.

Posisi yang bergengsi dari mas Siprianus tersebut jauh melampaui dosen-dosen Psikologi UP45 sekarang ini. Ia memang berprestasi tinggi. Tidak salah bila ia diangkat sebagai salah satu kategori alumni berprestasi.

Semoga mas Siprianus ini kelak ada waktu senggang untuk menengok almamaternya. Semua civitas akademika akan menyambut dengan meriah kehadiran mas Siprianus. Pada bagian bawah tulisan ini tercantum salah satu bukti prestasinya yang cemerlang.

Sebagai catatan, sutradara dari tracer study untuk Prodi Psikologi UP45 adalah dosen Psikologi yaitu Wahyu Widiantoro, S.Psi., MA. Beliau terpilih menjadi sutradara tracer study karena mempunyai karakteristik the Priest atau sang penggembala, yang sangat peduli pada kesejahteraan mahasiswa. Semoga tulisan-tulisan tentang tracer study ini akan terus berlanjut. 




1 comment:

  1. https://www.facebook.com/siprianusadi.rambu/posts/1705599826140763?comment_id=1705618466138899

    ReplyDelete
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top