CINTA KELUARGA, ALMAMATER, DAN MAMPU BERKARYA

Diposkan oleh Label: di


SERI ALUMNI BERPRESTASI: ALUMNI PSIKOLOGI UP45 YANG
KONSISTEN PADA PENERAPAN PSIKOLOGI DALAM
KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Arundati Shinta
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta


Berkarya di suatu organisasi yang sesuai dengan bidang studi yang dituntutnya adalah sangat menyenangkan. Hal ini karena motivasi aktualisasi diri dapat tersalur dengan lancar. Apalagi, proses penyaluran motivasi tersebut diimbangi dengan penghasilan yang memadai, serta hidupnya dikelilingi oleh orang-orang tercintanya. Individu akan merasa bahwa hidupnya penuh makna. Oleh karena itu tidak mengherankan bila pekerjaan adalah salah satu identitas penting seseorang, sehingga orang yang menganggur akan merasa kehilangan identitas. Individu akan frustrasi. Orang yang menganggur cenderung mempersepsikan dirinya ditolak oleh lingkungan sosialnya, sehingga salah satu responnya adalah menarik diri. Bila ia tidak segera mendapat pertolongan, maka mungkin saja ia akan menderita gangguan jiwa.


Adalah Nurul Istiyani, S.Psi., yang merupakan salah satu alumni kebanggaan Prodi Psikologi UP45. Ia merupakan alumni yang beruntung karena berkarya di bidang psikologi yaitu menjadi Kepala Bagian Personalia (Human Resource Development) pada PT. Mondrian, Jl. KH. Hasyim Ashari No.171, Mojayan, Klaten Tengah, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57438, Indonesia. Ia lulus pada 2014 dan masa tunggu untuk mendapatkan pekerjaan pertama kali adalah 1 bulan. Ia berkarya pertama kali di PT. Sami Surya Indah Plastik, Jl. Raya Solo - Wonogiri Km. 9, Pandean, Grogol, Pandeyan, Kec. Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57552, Indonesia. Posisinya juga bagian HRD. Oleh karena alasan keluarga (merawat anak dengan lebih intensif), ia hanya mampu bertahan selama 3 bulan. Selanjutnya ia kemudian terpaksa pindah di PT Mondrian Klaten, yang lokasinya lebih dekat dengan tempat tinggalnya. Mbak Nurul ini memang seorang ibu muda yang sangat ingin menerapkan prinsip-prinsip psikologi perkembangan langsung pada putranya.

Apakah jenis pekerjaannya sesuai dengan ilmu yang diperoleh dari Psikologi UP45? Berdasarkan Keputusan Asosiasi Penyelenggara Pendidikan Tinggi Psikologi Indonesia (AP2TPI) No. 01/Kep/AP2TPI/2015 tentang Perubahan atas Surat Keputusan Asosiasi Penyelenggara Pendidikan Tinggi Psikologi Indonesia (AP2TPI) No. 01/Kep/AP2TPI/2013 tentang Kurikulum Inti Program Studi Psikologi Jenjang Sarjana, maka jenis pekerjaan mbak Nurul ini termasuk dalam kategori Staf atau Manajer di bidang Sumber Daya Manusia. Tugas-tugasnya antara lain:
Ø  Melakukan seleksi (recruitment) calon karyawan
Ø  Melakukan exit wawancara pada karyawan yang akan keluar.
Ø  Mengurus ksesejahteraan karyawan, misalnya dana kesehatan melalui BPJS.
Mbak Nurul ini termasuk mahasiswa Psikologi UP45 angkatan 2010/2011. Ia diwisuda pada Mei 2014, dengan predikat cum laude. Masa studinya adalah 3½ tahun. Skripsinya berjudul: “Pilihan Aspirasi Karir Stereotip Gender Ditinjau dari Regulasi Internal pada Anak-anak Kelas 5 SD”. Skripsi tersebut merupakan bagian dari penelitian besar saya pada tahun 2012 yang berjudul: “Variabel-variabel yang Mempengaruhi Pilihan Peran gender Anak pada Mainan, Kegiatan Waktu Luang, dan Aspirasi Karir”.

Semasa mahasiswa, mbak Nurul ini termasuk mahasiswa yang rajin, suka tersenyum tersipu-sipu, dan gigih. Kegigihannya itu tercermin dalam usaha-usahanya untuk mendapatkan beasiswa. Beasiswa yang dapat diraihnya adalah PPA dari Kopertis V Yogyakarta pada tahun 2012. Ia juga mendapatkan bantuan penyelesaian skripsi dari Kaprodi Psikologi UP45. Kegigihannya juga tercermin dari usaha-usahanya untuk membantu ekonomi keluarga dengan bekerja. Sebagian gajinya untuk membayar SPP sekolah. Pada masa depan, ketika tidak berkarya lagi di PT Mondrian Klaten, ia bercita-cita membuka usaha sendiri. Alasannya adalah ingin selalu dekat dengan keluarga. Ia memang sarjana psikologi yang konsisten, yaitu selalu menerapkan prinsip-prinsip psikologi untuk dirinya, keluarganya, dan tempatnya berkarya.

Satu hal yang menarik dari mbak Nurul ini adalah kepeduliannya yang tinggi pada almamaternya. Salah satu adik iparnya, yaitu Rio Wahyunugroho (angkatan 2017/2018), telah didorongnya untuk melanjutkan pendidikan di Psikologi UP45. Hal ini berarti ia telah berjasa secara konkrit terhadap upaya-upaya untuk keberlanjutan Psikologi UP45. Kami, para dosen, hanya bisa mengucapkan terima kasih karena telah mempercayakan adik iparnya untuk melanjutkan pendidikan di Psikologi UP45. Semoga cita-cita mbak Nurul terlaksana, dan keluara juga sehat selalu. Jadi bisa disimpulkan bahwa mbak Nurul ini adalah alumni yang mampu menerapkan psikologi dalam kehidupan sehari-hari, karena ia cinta keluarga, peduli pada keberlangsungan almamaternya, dan sekaligus berkarya dalam bidang psikologi.

Sebagai catatan, proses pengambilan data tentang alumni ini dilakukan pada 2 Oktober 2017, ketika serombongan alumni datang berkunjung ke Prodi Psikologi UP45. Kunjungan para alumni itu menunjukkan perilaku cinta almamater. Adapun pengelola kegiatan tracer sudy (jejak alumni) ini adalah Wahyu Widiantoro, S.Psi., MA., dosen Prodi Psikologi UP45 yang paling gigih mengulik alumni. Kepiawaian mengulik alumni inilah yang menjadi dasar terbitnya tulisan seri alumni berprestasi ini. Berkat kepiawaiannya dalam bidang teknologi informasi, Pak Wahyu ini sangat senang menolong para dosen senior yang gaptek (gagap tekonologi). Siang malam, beliau selalu dengan mudah dihubungi dan selalu komunikatif. Sungguh menyenangkan mempunyai dosen yang suka menolong dan pandai dalam bidang TI. Semoga tulisan-tulisan tentang seri alumni berprestasi ini akan terus berlanjut.
Post a Comment
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top