MEMOTIVASI ORANG LAIN UNTUK BERUBAH MENJADI LEBIH BAIK

Diposkan oleh Label: di


SERI ALUMNI BERPRESTASI: ALUMNI PSIKOLOGI UP45 YANG
MENJADI MOTIVATOR KEREN

Arundati Shinta
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta


Salah satu kewajiban sarjana psikologi adalah mendorong orang lain untuk berubah menjadi lebih baik. Ada banyak cara untuk mengubah perilaku orang lain antara lain terapi, konseling, modifikasi perilaku, penguatan perilaku, memberikan suri tauladan, memberikan reward dan punishment. Semua strategi itu pada hakekatnya mengandung suatu dorongan untuk berubah. Memang tidak ada jaminan bahwa perubahan akan membawa hasil positif, namun kesediaan untuk berubah adalah tanda bahwa individu waspada terhadap masa depannya. Tidak ada yang abadi dalam hidup ini kecuali perubahan itu sendiri. Individu yang menolak berubah pada hakekatnya sudah mati, karena ia tidak dapat berdaptasi dengan lingkungan yang berubah dengan sangat cepat.


Adalah Drs. Mohammad Ahsan, S.Psi., M.Si., yang merupakan salah satu alumni Prodi Psikologi UP45. Pak Ahsan, begitu beliau biasa dipanggil, adalah mahasiswa Psikologi UP45 angkatan 2004/2005. Beliau diwisuda pada Mei 2012/2013. Masa studinya adalah 8 tahun. Judul skripsinya adalah: “Hubungan Antara Berfikir Positif dan Kecemasan pada Penderita Penyakit Migren pada Ibu-Ibu Rumah Tangga di Kecamatan Bantul”.

Kini, Pak Ahsan ini menjabat sebagai pimpinan sekaligus pemilik Lembaga Psikologi Bina Potensi, Jalan Dr. Sutopo Gg. Sirkaya No. 7 A, Badegan, Bantul. Biro psikologi ini berdiri pada tahun 1997. Berdasarkan Keputusan Asosiasi Penyelenggara Pendidikan Tinggi Psikologi Indonesia (AP2TPI) No. 01/Kep/AP2TPI/2015 tentang Perubahan atas Surat Keputusan Asosiasi Penyelenggara Pendidikan Tinggi Psikologi Indonesia (AP2TPI) No. 01/Kep/AP2TPI/2013 tentang Kurikulum Inti Program Studi Psikologi Jenjang Sarjana, maka jenis pekerjaan Pak Ahsan ini termasuk dalam kategori Pelaku Usaha Mandiri dalam bidang psikologi. Lembaga Psikologi pimpinannya melayani berbagai jasa antara lain konsultasi individu atau karyawan dan motivator dalam pelatihan sumber daya manusia.

Apa saja prestasi Pak Ahsan sebagai user dan sekaligus alumni Psikologi UP45? Dalam bahasa Jawa, daftar prestasinya adalah seperti rintik-rintik, karena sangat banyak. Berikut adalah daftar prestasi membanggakan dari Pak Ahsan:

1.    Memberi kuliah 5 jam tentang Indigo pada beberapa kelas S2 Profesi Psikologi, Fakultas Psikologi UGM Yogyakarta.
2.    Menjadi narasumber pada kelas Magister Manajemen di Univesitas Muhammadiyah Surakarta.
3.    Memberi kuliah umum di UIN Surakarta.
4.    Memberi materi pengayaan kurikulum berbasis kompetensi pada guru-guru BK (Bimbingan dan Konseling) se-Yogyakarta Selatan.
5.    Menjadi anra sumber tentang Parenting pada PAUD se-DIY di Kaliurang Yogyakarta.
6.    Menjadi pembicara pada Seminar Psikologi Anak TK se-Kabupaten Kulon Progo DIY.
7.    Menyelenggarakan dan memimpin pelatihan AMT (Achievement Motivation Training) pada siswa-siswa SD, SMP, SMA/K di Yogyakarta.
8.    Menjadi motivator para wali siswa SD, SMP, SMA di Yogyakarta
9.    Menjadi pembicara tentang Parenting di Taman Kanak-kanak se-DIY.
10. Menjadi pendamping sekolah TK dan SD.
11. Menjadi pembicara tentang Parenting, yang bekerjasama dg AHAS Yogyakarta.
12. Menjadi trainer untuk menghafal cepat dan membaca cepat (reading speed).

Satu hal yang menarik dari Lembaga Psikologi Bina Potensi ini adalah salah satu karyawannya merupakan alumni Prodi Psikologi UP45. Alumni tersebut adalah Yusna Hanung Purwandari, S.Psi. Seperti halnya Pak Ahsan, mbak Yusna ini juga alumni yang sarat prestasi. Namanya telah berkibar dan dan sangat mendukung lancarnya proses akreditasi institusi UP45 dan Psikologi UP45. Mbak Yusna adalah pemenang medali perak untuk olah raga taekwondo, pada suatu kejuaraan taekwondo nasional. Kemenangannya dalam bidang non-akademik inilah yang mengharumkan namanya.

Sebagai catatan, proses pengambilan data tentang alumni ini dilakukan pada 2 Oktober 2017, ketika serombongan alumni datang berkunjung ke Prodi Psikologi UP45. Kunjungan para alumni itu menunjukkan perilaku cinta almamater. Adapun pengelola kegiatan tracer sudy (jejak alumni) ini adalah Wahyu Widiantoro, S.Psi., MA., dosen Prodi Psikologi UP45 yang paling gigih mengulik alumni. Kepiawaian mengulik alumni inilah yang menjadi dasar terbitnya tulisan seri alumni berprestasi ini. Kunjungan para alumni ini juga berkat tangan dingin Dewi Handayani, S.Psi., M.Psi., yang kebetulan menjadi Wakil Rektor II UP45. Sungguh menyenangkan mempunyai 2 dosen yang peduli pada keberlanjutan Prodi Psikologi UP45. Semoga tulisan-tulisan tentang seri alumni berprestasi ini akan terus berlanjut.
Post a Comment
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top