PERJUANGAN MAHASISWA UNTUK MENYANDANG GELAR S.Psi.

Diposkan oleh Label: di


YUDISIUM PSIKOLOGI UP45 PADA OKTOBER 2017


Arundati Shinta
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta


Pada 4 Oktober 2017, telah lahir tiga sarjana baru di UP45 dalam bidang psikologi. Istilah untuk menterjemahkan proses kelahiran sarjana baru adalah yudisium. Peristiwa yudisium ini sangat penting untuk mengesahkan gelar baru para lulusan yaitu S.Psi., atau Sarjana Psikologi. Begitu pentingnya yudisium ini, sehingga harus ada SK-nya atau Surat Keputusan. SK yang terbit berkenaan dengan lulusan baru tersebut bernomor: 016/A.14/PS/UP/IX/2017 tentang Yudisium Sarjana Psikologi Bagi Lulusan Program Pendidikan Strata 1 Jurusan Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta. Berkenaan dengan urusan akreditasi, maka SK Yudisium ini juga berfungsi sebagai bukti sah tentang lama studi mahasiswa.


Siapa saja yang mendapatkan gelar S.Psi., pada saat yudisum tersebut? Mereka adalah:
1.    Irvan Ferdiansyah, S.Psi. (NIM. 123 1042 01027), dengan predikat kelulusan Memuaskan.
2.    Naurmi Rojab Destiya, S.Psi., NIM. 133 1041 01034, dengan predikat kelulusan cumlaude.
3.    Jati Pramono, S.Psi., NIM. 133 1041 01051, dengan predikat kelulusan cumlaude.

Kelulusan ini adalah awal dari permasalahan baru. Permasalahan itu berkaitan dengan ketenagakerjaan. Sarjana S1 ini menurut kompetensinya adalah pada level 6. Mereka adalah manajer level menengah. Diharapkan mereka mampu mengelola anak buah yang berada di bawah koordinasinya. Diharapkan para lulusan ini mampu menciptakan lapangan pekerjaan yang baru. Bila sudah menjadi karyawan, maka ia diharapkan bisa berperan dalam mengubah organisasinya menjadi lebih maju. Caranya yaitu menjadikan dirinya sebagai suri tauladan untuk hal-hal yang baik.

Apa saja kompetensi para sarjana S1 ini? Menurut Keputusan Asosiasi Penyelenggara Pendidikan Tinggi Psikologi Indonesia (AP2TPI) No. 01 / Kep / AP2TPI / 2015, tujuan Program Studi Psikologi Jenjang Sarjana (S1) adalah menghasilkan Sarjana Psikologi yang memiliki:

1.    Integritas moral yang tinggi, menghargai harkat dan martabat manusia secara profesional dan bertanggungjawab.
2.    Pemahaman konsep dan teori psikologi secara universal dan lokal (Indonesia) yang mumpuni.
3.    Memiliki semangat berkarya dengan menggunakan kaidah-kaidah proses berpikir ilmiah maupun praktikal sesuai ketentuan Kode Etik Psikologi Indonesia.
4.    Kemampuan memberikan pemecahan masalah psikologis pada individu, kelompok, organisasi dan masyarakat tanpa membedakan suku, agama, ras, tingkat usia, jenis kelamin, status sosial-ekonomi-budaya.

Kompetensi utama lulusan Prodi Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta ada empat hal yaitu dalam hal sikap, penguasaan pengetahuan, ketrampilam umum, dan ketrampilan khusus. Setiap hal didukung oleh mata pelajaran yang relevan.

Sikap: Pembentukan sikap yang baik dengan tujuan agar perilaku mahasiswa didasarkan pada moral luhur, pluralis, mempunyai integritas tinggi, mampu berempati.

Penguasaan pengetahuan: Kemampuan akademik yang tinggi, sehingga memungkinkan lulusan Prodi Psikologi UP45 Yogyakarta menempuh pendidikan lanjut yaitu Magister Sains, Magister Profesi Psikologi, dan Doktor baik di dalam / di luar negeri.

Ketrampilan umum: Memahami dan mengem-bangkan konsep-konsep psikologi serta menerapkannya secara profesional untuk membantu memecahkan permasalahan psikososial dengan cepat, kreatif dan akurat pada masyarakat luas. Berdasarkan ketrampilan umum ini mahasiswa juga diharapkan mampu mengembangkan diri serta karirnya kelak secara inovatif, karena ia akan menjadi model perilaku.

Ketrampilan khusus: menerapkan kajian teoritik dan penelitian empirik dalam bidang psikologi yang bermanfaat untuk memberdayakan masyarakat luas. Kajian tersebut juga dipublikasikan secara luas, sehingga mahasiswa harus menguasai tata cara penulisan ilmiah dengan standar American Psychological Association (APA).

Semoga tiga sarjana baru dalam bidang psikologi ini dapat memberikan manfaat yang luar biasa baik bagi dirinya sendiri, organisasi tempatnya berkarya, dan terutama bagi alma maternya. Selamat berkarya, dan jangan lupakan kami ya. 








Post a Comment
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top