WISATA KULINER YOGYAKARTA

Diposkan oleh Label: di



Pramesti Ayu Pinandhita
Mahasiswi Fakultas Psikologi
Uniersitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Yogyakarta adalah salah satu provinsi yang terkenal dengan istilah kota pendidikan. Selain terkenal dengan kota pendidikan, Yogyakarta juga memiliki banyak tempat-tempat wisata yang membuat para wisatawan betah untuk berlama-lama menghabiskan waktu di Yogyakarta, dan membuat para wisatawan ingin kembali menikmati keindahan kota Yogyakarta. Wisata di kota Yogyakarta sangat bermacam-macam. Selain terkenal dengan wisata budayanya, Yogyakarta juga memiliki wisata kuliner yang sangat beragam makanannya.
Salah satu wisata kuliner yang terkenal di Yogyakarta adalah gudeg. Gudeg adalah makanan khas dari Yogyakarta yang rasanya sangat manis. Makanan ini cukup unik karena proses pembuatan gudeg selain prosesnya tidak mudah, pembuatan gudeg ini juga membutuhkan waktu yang lama. Selain gudeg, ada juga kuliner yang sangat terkenal di Yogyakarta yaitu nasi kucing. Nasi kucing adalah makanan yang berupa nasi beserta lauk-lauknya yang berukuran kecil seperti seukuran dengan makanan kucing, maka dari itu disebut dengan nasi kucing. Kuliner-kuliner yang ada di Yogyakarta sangat bermacam-macam dan harganya juga murah-murah. Bagi para wisatawan, hal ini sangat menarik karena tidak di setiap tempat mereka bisa menikmati makanan dengan harga yang sangat terjangkau.
Tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa terkadang di suatu tempat makan yang sudah laris dan banyak pengunjunganya tiba-tiba menjadi sepi pengunjung. Apa saja faktor-faktor yang menjadi penyebab terjadinya penurunan pengunjung? Banyak faktor yang bisa menjadi penyebab turunnya minat wisatawan untuk menikmati makanan di tempat-tempat tertentu. Salah satu faktor yang bisa menjadi penyebab penurunan itu adalah karena sistem managemen dari tempat makan tersebut tidak baik. Tempat makan yang sudah memiliki banyak pengunjung terkadang kurang memperhatikan keseimbangan antara para pekerja dengan banyaknya pengunjung yang datang. Saya menemukan kasus tersebut pada sebuah tempat makan yang memiliki pekerja yang hanya beberapa orang saja padahal tempat makan tersebut sedang menerima pengunjung yang banyak. Dampak yang diterima dari hal tersebut adalah pengunjung menunggu dalam waktu yang lama untuk mendapatkan makanan mereka, padahal mereka sudah ingin menikmati makanan dari tempat tersebut.
Hal-hal seperti ini bisa mengurangi minat mereka untuk mencoba merasakan masakan yang ada ditempat itu. Selain cita rasa yang mereka ingin tampilkan, sebaiknya para pengusaha tempat wisata kuliner ini juga harus memikirkan kenyamanan para pengunjung di tempat tersebut.

8 comments:

  1. Pemilik warung makan yang sudah laris kadang arogan, tidak seperti dulu ketika memulai usahanya. Selain itu, hal yang perlu diperhatikan adalah usaha untuk menjaga mutu. Saya ngeri makan makanan di pinggir jalan, karena minyaknya tidak bersih (buangan dari restoran besar di Yogya), saus tomatnya dari tomat busuk, dan sebagainya. Mungkin perlu koordinasi dengan Dinas Kesehatan Yogyakarta. Sip tulisannya mbak Pramesti.

    ReplyDelete
  2. Enaklah makan di angkringan Yogya yang terkenal dengan nama Kafe Ceret Telu, daripada di restoran besar. Kita kan lebih pro rakyat kecil daripada pengusaha besar-besar yang tidak ada perhatian pada masyarakat miskin. Mari berkunjung beramai-ramai di angkringan saja ya. Murah, enak, dan nyaman. Ditanggung halal dan maknyus.

    ReplyDelete
  3. Salam kenal, senang berkunjung disini. Artikelnya bagus mbak, saya jadi kangen ke jogja, salah satunya ya itu makan gudeg. Kalau mbak ada waktu jangan lupa kunjung balik ke OBYEKTIF.COM makasih.

    Salam kompak:
    Obyektif Cyber Magazine
    (obyektif.com)

    ReplyDelete
  4. Jogja sebagai kota budaya dan wisata, memang menyajikan KULINER dengan berbagai pilihan dan COCOK dengan segala SELERA. Selain terkenal dengan GUDEG, Jogja juga banyak menyajikan macam-macam kuliner lain yang "Manis".

    Artikel yang menarik, menambah wawasan dan saya benar-benar menikmati tulisan ini. Salam SUKSES selalu.

    0878-6053-4593(XL),http://homestayyogyakarta.com/

    ReplyDelete
  5. numpang promo bagi penggemar soto sapi di jogja silahkan mencoba Soto Sapi " Joss " untuk lebih lengkap tentang profil kami kunjungi sotosapijoss.wordpress.com/sotosapijoss.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Paling sering mampir malioboro sama alkid, malah jarang ke pantai nih 😀
    Maaf sebelumnya numpang ngasih info nih, buat yang gamau repot masak waktu mau ngadain pesta/syukuran/resepsi pernikahan tapi tetep pengen nyicip makanan enak?
    kami dari Bu Mentik Catering and Wedding Organizer bisa loh menyediakan jasa catering dan paket pesta pernikahan.. makan dari kami dijamin fresh.. lezat.. halal.. dan tentunya tanpa vetsin.. langsung cek situs kami yuk.. www.bumentik.com

    Terimakasih.. :)

    ReplyDelete
  8. PINJAMAN CEPAT PENAWARAN ONLINE DI RAHMAT MORGAN PINJAMAN PERUSAHAAN ... Rahmat Morgan Pinjaman Perusahaan adalah penyedia terkemuka pinjaman Seluruh Dunia Tidak peduli apa kondisi keuangan Anda, kami dapat membantu mendapatkan cash.We Anda sendiri memberikan pinjaman untuk konsolidasi utang, perbaikan rumah, tanpa jaminan pinjaman, pinjaman kredit buruk, pinjaman bisnis, pinjaman pribadi, pinjaman mahasiswa, pinjaman Auto, mengurangi Kartu Kredit hutang, Real Estate dan hipotik pada tingkat bunga 2%. Menawarkan pinjaman online kami mudah dan cepat untuk apply.it adalah 100% Dijamin dan safe.do hubungi kami sekarang untuk lebih jelasnya AT Gracemorganloancompany@gmail.com

    ReplyDelete
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top