PENTINGNYA RASA PERCAYA DIRI

Diposkan oleh Label: di


Ratna Kanyaka Budi Utami
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Foto : Elisa
Percaya diri adalah salah satu aspek dari kepribadian individu yang harus dimiliki. Sikap percaya diri seperti pernyataan tersirat dari diri sendiri bahwa  diri memiliki kemampuan dan bangga dengan apa yang dilakukan secara positif. Namun tidak bisa dipungkiri juga kalau masih banyak di antara kita khususnya anak muda masih memiliki rasa tidak percaya diri dan berujung ke minder, hal ini tentu sangat mengawatirkan.
Bentu rasa percaya diri terbangun dari kondisi mental. Secara psikologis memberi pengaruh kuat pada seseorang untuk mempertunjukkan suatu hal. Kurangnya rasa percaya diri mengakibatkan individu. Pada dasarnya individu mampu menyelesaikannya dengan baik.. Jangan sampai kita merasa nyaman dengan sikap seperti ini karena hanya akan merugikan diri sendiri. Masalah yang akan timbul jika tidak percaya diri adalah adanya self concept yang negatif yang akan tertanam di dalam diri individu. Dampaknya akan merasakan kekurangan percaya diri pada kemampuan diri sendiri yang sebenarnya kemampuannya bisa bersaing dengan individu yang lain.
Arti lain dari percaya diri yaitu adalah keadaan mental dan psikologis dari individu yang bisa mengevaluasi seluruh kelebihan yang ada di dalam diri individu untuk meraih tujuan dan cita-cita yang diharapkan. Individu yang memiliki rasa percaya diri memiliki pikiran, perasaan, dan keyakinan positif yang tumbuh di dalam dirinya, individu akan terus berupaya untuk mengejar dan meraih apa yang sudah dicita-citakan meskipun nantinya ada salah satu yang tidak sesuai harapan, keyakinan diri sendiri tetap kuat untuk terus mencobanya serta ego besar di dalam diri yang mendorong tidak begitu berdampak negatif.

Cara mengatasi rasa kurang percaya diri adalah dengan pendekatan dengan orang-orang terdekat agar dapat mendukung dan mendorong apa yang sudah individu kerjakan, lalu sering mengikuti kegiatan workshop dan akan bertemu banyak teman serta akan mendengar pengalaman orang lain baik secara kesuksesan dan keberhasilannya, jangan pernah membandingkan diri sendiri dengan orang lain, dan yang paling penting adalah melihat kelebihan dan kemampuan diri sendiri.

2 comments:

  1. Mbak Ratna, perkenalkan saya Yayank, mahasiswa FE UP45 angkatan tua sih. Saya penggemar Kup45iana, membuat hidup bergairah. Saya sering kurang percaya diri kalau bicara dengan cowok-cowok, terutama yang keren-keren itu lho. Bisa tulis tentang tips-tips meningkatkan diri terutama di depan cowok-cowok yang kerennya seperti super junior itu lho. Saya tunggu ya.

    ReplyDelete
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top