PUSAT KEBUGARAN MURAH: Sebuah Lifestyle Sehat Anak Muda

Diposkan oleh Label: di


Arni Dewi Boronnia
Fakultas Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota
Universitas Gadjah Mada Yogyakarta

Taufiqqurrohman Salah satu Instruktur SSF (Foto : Arni D.B)
Salah satu komponen pendukung kesehatan manusia adalah dengan berolahraga. Olahraga tidak hanya bertujuan menghasilkan keringat dan membuang toksin saja, namun juga melancarkan peredaran darah, mengencangkan tubuh, mencegah insomnia, dan dengan olahraga teratur, kekebalan serta kekuatan tubuh dapat meningkat. Begitu banyak manfaat yang didapat dengan berolahraga, namun informasi mengenai cara berolahraga serta mengatur asupan gizi yang baik tidak banyak diketahui orang. Salah satu alternatif cara agar dapat berolahraga dengan baik dan benar serta mendapat pengetahuan mengenai pengaturan asupan gizi dapat dilakukan dengan mengunjungi pusat-pusat kebugaran.
Saat ini, kegiatan olahraga sudah menjadi sebuah lifestyle terutama bagi anak muda. Selain menyehatkan, dengan berolahraga juga dapat membentuk jejaring sosial dan komunitas. Berolahraga, khususnya di pusat kebugaran, kini bukan lagi mejadi suatu aktivitas yang mahal. Menjamurnya usaha pusat kebugaran murah di berbagai tempat mengakibatkan munculnya “tren sehat” karena semakin terjangkaunya akses ke tempat-tempat olahraga. Usaha pusat kebugaran murah ini umumnya banyak berkembang di daerah sekitar kampus perguruan tinggi, tentu saja dengan sasarannya para mahasiswa yang bermukim di sekitar kampus tersebut.

Seringkali pusat-pusat kebugaran dengan “harga mahasiswa” tersebut tidak dilengkapi dengan peralatan yang lengkap dan juga terkadang tidak tersedia instruktur yang berpengalaman. Selain itu sering pula tidak tersedia suplemen atau asupan penunjang kebugaran dan kesehatan tubuh ataupun informasi mengenai gaya hidup sehat. Hal tersebut mengakibatkan tidak maksimalnya kegiatan olahraga yang dilakukan para pengguna pusat kebugaran tersebut dan berujung pada kebosanan para pelanggan.
Salah seorang penikmat olahraga serta instruktur yang juga berkecimpung di dunia usaha penyedia pusat kebugaran adalah Taufiqqurrohman. Ia merupakan seorang pelatih fisik beberapa cabang olahraga, instruktur kebugaran yang berpengalaman, serta pemilik dari Speed and Strength Fitness. Dengan bekal pengetahuan dan pengalaman yang baik terkait dunia olahraga, Mas Taufiq membuka usaha pusat kebugarannya yang pertama di Sorowajan pada bulan April 2010 dan cabang keduanya di Pogung Kidul pada tanggal 16 Januari lalu. Nama Speed and Strength diambil oleh beliau karena berkaitan dengan apa yang diperlukan seorang atlit di hampir semua cabang olahraga yaitu power atau daya ledak yang akan tercipta dengan adanya speed atau kecepatan dan strength atau kekuatan.
Sasaran usaha pusat kebugaran milik Mas Taufiq ini adalah kaum muda khususnya mahasiswa, maka beliau mematok harga yang sangat terjangkau. Untuk cabang Sorowajan, per kali datang hanya perlu mengeluarkan Rp 3000. Jika ingin membuat member, pelanggan hanya perlu membayar Rp 35.000 per bulan dan bebas biaya registrasi. Sementara untuk cabang Pogung Kidul, per kali datang hanya perlu mengeluarkan Rp 4000. Semua peralatan tersedia lengkap, begitu juga dengan suplemen serta makanan dan minuman penunjang, juga instruktur yang diampu sendiri oleh Mas Taufiq.
Dengan latar belakang pendidikan sarjana ilmu keolahragaan dan kepelatihan, serta pengalaman selama 12 tahun menjadi instruktur di beberapa pusat kebugaran terkemuka di Yogyakarta serta menjadi pelatih fisik berbagai cabang olahraga menjadi bekal yang kuat untuk Mas Taufiq dalam memulai bisnis pusat kebugaran ini. Selain itu dengan kemampuan manajerial serta relasi yang luas, memungkinkan Mas Taufiq dalam mengelola usaha dan penyediaan alat. Mas Taufiq mengaku mendapatkan peralatan fitness dari beberapa teman di Yogyakarta, Klaten, Innovation Store, serta reseller dari Celebrity Fitness di Tangerang. Hal-hal pendukung seperti suplemen serta asupan lain yang disediakan Mas Taufiq berasal dari distributor resmi serta dari beberapa home industry untuk penyediaan asupan seperti yoghurt.
Sebagai pendukung usaha ini Mas Taufiq kini sudah memiliki 5 karyawan yang bekerja di masing-masing cabang, baik di Sorowajan maupun Pogung Kidul. Karyawan-karyawan tersebut memiliki tugas sebagai front office serta membantu membersihkan ruangan sementara bagian perawatan alat kebugaran ditangani sendiri oleh Mas Taufiq. Kedua cabang usaha beliau buka dari jam 06.00-20.30 WIB dan buka setiap hari kecuali hari libur nasional.
One stop fitness center yang lengkap, berkualitas, dan murah merupakan destinasi yang dicari banyak orang. Dengan adanya pandangan olahraga sebagai lifestyle masa kini, pusat-pusat kebugaran mulai marak dicari. Dengan pangsa pasar yang sebagian besar adalah anak muda, khususnya mahasiswa, maka lokasi pusat kebugaran yang terletak dekat dengan pusat kegiatan mahasiswa merupakan lokasi yang amat strategis. Speed and Strength Fitness merupakan pusat kebugaran dengan harga mahasiswa yang terletak di kawasan kampus serta memiliki peralatan yang lengkap dan didukung dengan adanya instruktur berpengalaman dan ketersediaan suplemen kesehatan layak untuk dijadikan salah satu pilihan destinasi kebugaran di Yogyakarta.

3 comments:

  1. Mbak Arni, tempat usahanya MAs Taufiq itu dimana alamatnya ya? Saya juga pingin ikut fitness nya mas Taufik. Pada tulisan itu, kok mbak Arni tidak menuliskan tips-tips marketingnya mas Taufiq ya? Saya menanyakan tips marketing karena skripsi saya kelak tentang usaha fitness di Yogyakarta. Tolong dong saya diberi petunjuknya. Trims.

    ReplyDelete
  2. Ada di Sorowajan, di sebelah selatan SMA UII dan di Pogung Kidul di sebelah utara Fakultas Teknik UGM. Salah satu tips marketing Mas Taufiq adalah penempatan lokasi. Sasaran konsumen Mas Taufiq adalah mahasiswa, khususnya mahasiswa dari luar daerah, maka Mas Taufiq memilih lokasi yang dekat dengan kampus serta kos-kosan mahasiswa. Berdasarkan ilmu ekonomi wilayah serta asas kota dan wilayah yang saya pelajari di kampus, penempatan lokasi itu sangat penting karena semakin dekat jarak penyedia jasa dengan konsumen, semakin sedikit pula biaya yang perlu dikeluarkan penyedia jasa untuk mempromosikan jasa yang disediakannya. Apalagi kalau penempatan lokasi yang strategis tersebut ditunjang dengan adanya aksesibilitas yang baik, seperti contoh cabang Speed and Strength milik Mas Taufik yang berada di Pogung Kidul yang terletak di jalan yang selalu ramai dilalui oleh mahasiswa khususnya mahasiswa UGM.

    ReplyDelete
  3. maaf mbak mau tanya, untuk alamat lengkapnya dimana ya?

    ReplyDelete
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top