MUSYAWARAH KELUARGA: Suatu Langkah Pembelajaran Teori Peran Dalam Lingkungan Keluarga

Diposkan oleh Label: di


Singgih Purwanto
Fakultas Psikologi
Unversitas Proklamasi

Manusia merupakan makhluk sosial, itu artinya manusia tidak bisa hidup sendirian, sebab jika hanya sendirian maka tidaklah terjadi suatu kehidupan. Dalam menjalani hidup keseharian, manusia harus berinteraksi dengan orang lain, dan dalam interaksi tersebut manusia memiliki peran yang berbeda-beda.
Menurut Horton dan Hunt (1993) (dalam Rinawahyu, 2011), peran (role) adalah perilaku yang diharapkan dari seseorang yang memiliki suatu status. Pengertian tersebut seakan menegaskan bahwa perilaku seseorang telah terkonsep dalam sebuah skenario yang menjadi pengetahuan bersama. Seperti halnya seorang guru adalah seorang yang ramah, selalu berpakaian rapi dan bijaksana. Sehingga perilaku manusia dalam lingkungan sosialnya dapat diprediksikan sesuai dengan konteksnya.
Mengingat pentingnya teori ini, maka sepertinya perlu pendidikan sejak dini pada anak untuk penerapan teori peran ini. Lalu bagaimanakah cara memberikan pembelajaran teori peran bagi anak?. Lingkungan keluarga merupakan lingkungan yang cocok bagi pembelajaran teori peran.

Sebagai contoh penerapan pembelajaran ini misalnya saat suatu keluarga bermusyawarah, semisal menentukan akan berlibur kemana, bagaimana persiapannya, dan sebagainya. Dalam musyawarah tersebut akan terkonsep peran dari masing-masing anggota keluarga. Seperti halnya orangtua menjadi pemimpin musyawarah dan juga penengah, anak menyampaikan usul secara sopan. Selain itu juga anak dapat belajar menerima dan menghormati keputusan jika pendapatnya tidak diterima, karena peran anak yang seharusnya adalah hormat kepada orangtua.
Dalam kesempatan ini, penulis menyimpulkan bahwa dalam kehidupan manusia didalamnya terdapat suatu interaksi sosial. Di dalam interaksi tersebut terkandung peran sosial. Dimana peran sosial ini sangat mendukung suatu interaksi sosial, maka pemahaman ini perlu di mengerti sejak dini. Dalam hal ini, musyawarah keluarga merupakan suatu langkah pembelajaran mengenai teori peran.

Daftar Pustaka:
Rinawahyu, (2011). Teori peran. Retrieved on Aprl 19, 2013,


Post a Comment
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top