ORGANISASI MEMBENTUK KARAKTER MAHASISWA

Diposkan oleh Label: di


Ratna Kanyaka Budi Utami
Fakultas Psikologi 
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
 
Foto : Elisa
Sebagai mahasiswi maka tugas dan kewajiban yang diemban adalah belajar dan menyelesaikan tugas yang diperoleh pada kegiatan belajar di kampus. Namun saat ini mahasiswa dan mahasiswi dituntut untuk lebih proaktif dalam mengembangkan kualitas diri dan kualitas sistem pendidikan. Para mahasiswa/i diharapkan mampu untuk memberikan kontribusi dalam mengembangkan kemajuan pendidikan.
Aktivitas – aktivitas dalam rangka mewujudkan pendidikan yang lebih baik maka baik itu pelajar dan mahasiswa mengikuti beberapa kegiatan yang telah diadakan dari pihak sekolah atau universitasnya. Tujuannya adalah untuk mendorong motivasi pelajar dan mahasiswa untuk aktif bersosialisasi dan membentuk karakter selagi masih dalam tahap pencarian jati diri. Organisasi banyak membantu dalam pembentukan karakter individu. Namun tidak selalu berbentuk yang baik-baik saja. Semua kembali bagaimana memanfaatkan wadah bermasyarakat dengan sewajar-wajarnya.
Organisasi yang baik mengajarkan bagaimana kita bermusyawarah secara terbuka, memberikan gagasan dan ide yang baik untuk mewujudkan suatu misi dan tercapainya visi, menguatkan diri untuk membentuk pribadi yang berkualitas meskipun dalam skala kecil dan memberikan wawasan yang luas serta memberikan kesempatan generasi muda untuk memimpin negara ini.

Satu hal contoh pengaplikasian diri penulis dalam mengikuti kegiatan organisasi adalah berpartisipasi dalam kegiatan organisasi dari skala kecil hingga yang berskala internasional. Penulis ikut serta dalam mewujudkan pembentukan karakter individu melewati kegiatan International Award for Young People, serta menjadi salah satu bagian di dalam organisasi kampus yaitu Himpunan Mahasiswa Psikologi. Dua aktivitas ini memberikan penulis banyak manfaat baik untuk diri sendiri maupun lingkungan sekitar. Penulis berpartisipasi dalam kegiatan ini juga bentuk rasa ingin berkontribusi untuk mengembangkan kualitas sistem pendidikan di universitas, meski belum memberikan apa-apa setidaknya ada suatu tindakan konkret dalam mewujudkan pendidikan yang lebih baik.
Kegiatan tersebut memang tidak ada di dalam kurikulum dan di luar kegiatan akademik, namun penting bagi penulis untuk merambah lingkup organisasi untuk membekali diri nantinya di masa yang akan datang. Kompetitor saat ini sudah tidak dapat dipungkiri lagi, sangat banyak dan pasti sangat berkompeten. Kemampuan dalam bidang akademik yang sesuai dengan latar belakang pendidikan saja saat ini tidak cukup. Kemampuan lain seperti kemampuan dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain sangat diperhitungkan.
Tindakan sekecil apapun untuk membuat negara ini menjadi lebih baik sangat berarti. Tidak perlu terlalu berupaya dan banyak berpikir namun tidak direalisasikan ke suatu tindakan. Aktif dalam berorganisasi juga merupakan wujud dalam upaya mengembangkan sistem pendidikan.
Utami, R. K. B. (2013). Organisasi membentuk karakter mahasiswa. Tulisan ini dipersiapkan untuk Lomba Penulisan Otonomi Daerah, yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pemerintah Kabupatn Seluruh Indonesia (Isran Noor), pada Desember 2012 – Maret 2013.

Citation:
Ratna Kanyaka Budi Utami. (2013). Organisasi Membentuk Karakter Mahasiswa. Tulisan ini dipersiapkan untuk Lomba Penulisan Otonomi Daerah, yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Isran Noor), pada Desember 2013 – Maret 2013.

2 comments:

Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top