KUNJUNGAN MAHASISWA UP 45 KE IPA EXHIBITION AND CONVENTION

Diposkan oleh Label: di


Rauf Wanda A.N.R
Teknik Perminyakan
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Mahasiswa UP45 Yogyakarta ketika mengunjungi IPA (Foto : Rauf)
Sekilas mengenai Indonesian Petroleum Association (IPA), adalah organisasi non profit yang didirikan tahun 1971 terdiri 52 anggota perusahaan, 119 anggota asosiasi dan 2012 pakar industry IPA merupakan wadah untuk memfasilitasi, konsultasi, koordinasi, dan kolaborasi diantara para pemangku kepentingan termasuk pemerintah dan lembaga – lembaganya dalam rangka memajukan perkembangan industry migas di Indonesia, serta menyelenggarakan forum bagi anggota dan investor baru untuk bertukar informasi untuk pertumbuhan investasi yang berkelanjutan di Indonesia.
Kali ini IPA menyelenggarakan Convention and exhibition 2013 yang ke 37 di Jakarta. Pelaksanaan dimulai tanggal 15-17 Mei 2013 bertempat di Jakarta Convention Center dengan tema “ Promoting Investment in a Challenge Environment “. Tahun 2010 Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta mengirimkan tiga mahasiswa dari Teknik Perminyakan berkesempatan mengikuti Exhibition. Ketiga mahasiswa tersebut antara lain Mohammad Solikin, Rauf Wanda, dan Septian Brenas P.P. Keberangkatan merekapun berkat Sponsorhip dari salah satu Dosen Teknik Perminyakan itu sendiri.
Tidak membuang waktu, mereka segera bersiap. Tujuannya tidak hanya kunjungan ataupun sekadar bermain. Ketiga mahasiswa ini mempunyai tugas untuk menyelesaikan salah satu program kerja dari Himpunan Mahasiswa teknik Perminyakan UP45 Yogyakarta yang belum sempat diselesaikan. Awal keberangkatan hanya satu mahasiswa yang akan pergi, namun inisiatif dari salah satu mahasiswa untuk menghubungi bagian informasi dari pihak panitia IPA terlebih dahulu, sekedar memaskan apakah ada hari yang free registrasi untuk mahasiswa.

Pucuk dicinta ulam pun tiba, pepatah yang kami harapkan itu akhirnya datang. Pihak admin dari IPA menjawab ternyata ada kesempatan pada hari ke dua untuk free registrasi untuk mahasiswa. Karena sebelumnya kami belum mengetahui bagaimana rule atau aturan masuk pada acara tersebut. Pengecualian untuk free visitor only atau untuk pengunjung yang masuk tidak dikenakan biaya ini hanya dapat digunakan untuk Exhibition saja, bila ingin lengkap bisa menghadiri Convention and Exhibition selama tiga hari ini akan dikenakan biaya tentunya.
Tiba di Jakarta, tanggal 16 Mei 2013 tepatnya hari ke dua pelaksanaan IPA berlangung kami sudah berada di sana. Banyak pengalaman dan ilmu tentunya bisa kami peroleh selama mengikuti kegiatan, karena pada acara ini banyak booth baik dari perusahaan migas ataupun service mengikutinya. Ditambah sebanyak 113 paper professional, 32 paper student, dan 32 poster akan ditampilkan. Menarik perhatian sekali, apalagi kita mahasiswa yang ini fokus mempelajari pada bidang migas. Presentasi dengan berbagai tema menyangkut migas juga disajikan dan dikemas menarik oleh tiap perusahaan yang ambil andil didalamanya. Antusias dari audience sangat kentara karena juga diberi souvenir seperti goodie bag, notebook, pulpen atau dalam bentuk doorprize yang lain sampai gadget pun juga dibagikan.
Wujud nyata berbagai peralatan pemboran atau replika anjungan lepas pantai serta peralatan lain di dunia migas dengan teknologi canggih dan update pun juga dihadirkan di sini, sehingga kita bisa melihat, memeganngnya dan bertanya pada ahlinya langsung. Satu hari berputar mengunjungi berbagai booth terasa tidak melelahkan karena ini seimbang, bahkan lebih atas ilmu yang kami dapatkan serta tugas utama yang sudah diselesaikan. Kami perwakilan dari Mahasiswa Teknik Perminyakan UP45 berterimakasih kepada Ibu Dosen yang telah memberikan sponsorship sehingga dapat berangkat. Harapan untuk teman dari seluruh Mahasiswa UP45 Yogyakarta pada tahun selanjutnya juga dapat bergabung den berangkat untuk menghadiri kegiatan IPA ini.
Salam Perminyakan!

Post a Comment
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top