PENGALAMANKU MENGIKUTI IAYP

Diposkan oleh Label: di


Singgih Purwanto
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta


Tentang diriku, saya adalah anak sulung dari dua bersaudara. Saya lahir pada tanggal 15 Nopember 1992 Di Tegalkalesan Rt 32 Rw 14, Desa Pogung, kecamatan Cawas, kabupaten Klaten. Membaca adalah salah satu hoby saya. Saat ini saya sedang menempuh pendidikan di Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta, Fakultas psikologi angkatan 2012/2013. Melihat usiaku yang sudah berkepala dua, memang seharusnya saya bukan angkatan 2012/2013. Saya lulus dari sekolah menengah kejuruan (SMK) pada tahun 2010. Pada waktu itu ingin rasanya melanjutkan ke jenjang selanjutnya (perguruan tinggi), namun apa daya, orang tua belum merestui, disamping itu saya juga menyadari bahwa keadaan ekonomi orangtua saya yang kurang mendukung. Akhirnya saya memutuskan untuk bekerja terlebih dahulu. Hingga saat ini saya bisa meneruskan mimpi saya untuk melanjutkan study dan juga mengikuti program kegiatan IAYP (International Award for Young People) yang berlangsung di kampus saya.
Program kegiatan IAYP telah ada di universitas proklamasi sejak saya belum berada didalamnya. Kembali melihat kebelakang, awal saya mengenal program ini adalah melalui teman saya, tepatnya di kota Jakarta. Pada waktu itu saya sedang merantau dan teman saya sedang magang di sebuah perusahaan. Pada kesempatan itu kita berbagi pengalaman, sehingga dia menceritakan tentang kuliah dan program kegiatan IAYP yang berada di kampusnya (Universitas Proklamasi 45). Pada akhirnya saya berminat untuk mengikuti program tersebut dan juga kembali meneruskan keinginan saya untuk kuliah.
Seiring berjalannya waktu, sayapun menuntut ilmu ditempat yang sama dengan teman saya, dan mengikuti program IAYP seperti yang dia ceritakan sebelumnya. Hari demi hari telah saya lalui bersama IAYP dengan segala kegiatannya yang terdiri dari rekreasi fisik, ketrampilan, pelayanan masyarakat dan juga petualangan, namun untuk petualangan belum saya lakukan. Perjalanan itu memang awalnya terasa sulit, hingga pada suatu hari akhirnya saya sampai jatuh sakit dan harus dirawat di rumahsakit. Hal itu terjadi karena saya tidak memperhatikan kesehatan saya sendiri, telat makan dan sebagainya. Namun akhirnya setelah saya sembuh, saya tersadar bahwa sesungguhnya IAYP adalah suatu program pendidikan karakter untuk membuat peserta lebih peduli pada kesehatan dan juga lingkungan, untuk selanjutnya dapat mencapai masa depan yang lebih tertata.

Banyak keuntungan ataupun manfaat yang saya dapat setelah mengikuti kegiata IAYP ini, keuntungan itu saya dapat dari semua bagian kegiatan darinya. Keuntungan yang saya dapat dari rekreasi fisik diantaranya adalah saya menjadi lebih teratur dalam berolahraga. Selain itu yang tidak kalah penting adalah pembentukan kebiasaan berolahraga itu sendiri, itulah yang saya dapatkan. Pada bidang keterampilan dalam IAYP saya mengambil keterampilan menulis. Tidak hanya pada bidang rekreasi fisik yang telah memberikan manfaat bagi saya. Manfaat itu diantaranya, selain saya dapat menulis dengan lebih baik, saya juga dapat berekspresi dengan tulisan saya. Selain itu juga Universitas Proklamasi juga menyediakan wahana untuk ketrampilan ini, yaitu dengan mengadakan kelas menulis. Kelas ini mengadakan pertemuan setiap hari kamis pukul 08.00 sampai pukul 10.00. Kelas ini juga telah membuat sebuah website yang bernama kup45iana, disinilah biasanya kami berekspresi. 
Kegiatan yang ketiga yang saya ikuti dalam IAYP ini adalah pelayanan masyarakat. Kegiatan ini memberikan warna tersendiri dalam kehidupan saya. Kenapa disini saya menyebut memberikan warna? Saya adalah sosok manusia yang pemalu, sulit bergaul dan pendiam. Lewat kegiatan ini saya dituntut untuk berinteraksi dengan orang banyak. Dan pada akhirnya saya harus dapat membuka diri saya untuk  lebih terbuka dalam hal bersosialisasi dengan orang lain. Itulah keuntungan yang saya dapat. Selain itu, seperti yang saya kemukakan di depan bahwa manfaat yang termahal yang saya peroleh adalah dapat menanamkan suatu kebiasaan yang teratur dalam hidup saya.
Pada intinya, IAYP telah memberikan dampak yang baik pada pola hidup saya. Perasaan menjadi orang yang lebih beruntung juga saya rasakan setelah mengikuti program IAYP ini. Kalau boleh berpendapat, IAYP merupakan suatu program pendidikan karakter yang paling ampuh untuk diterapkan pada generasi muda. Dengan harapan dapat menciptakan generasi muda yang lebih baik. 

Catatan:
Tulisan di dipersiapkan untuk Lomba Menulis yang diselenggarakan oleh IAYP (International Award for Young People) pada 27 Februari 2013.




Post a Comment
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top