ISLAMIC SPEECH CONTEST : UKM AL-FATIH UNY

Diposkan oleh Label: di


Ahmad Yani
Fakultas Ekonomi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Foto : Ahmad Yani
UKM Al-Fatih merupakan unit kegiatan mahasiswa muslim yang di kelola dan di kembangkan oleh mahasiswa muslim Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Komunitas ini sering kali menyelenggarakan kegiatan yang bernuansa islami, baik dalam rangka memperingati hari besar islam maupun pada hari-hari  lainya. Salah satu kegiatan yang baru saja di selenggarakan adalah lomba ISC Islamic Speech Contest yang di selenggarakan dalam waktu dua hari berturut-turut yakni pada hari kamis dan hari Jum’at tanggal 23-24 Mei 2013 di gedung pusat Fakultas Ekonomi.  Peserta yang ikut berpartisipasi dalam ajang lomba tersebut cukup banyak sekitar delapan puluh tujuh peserta dari semua elemen kampus se- Jogjakarta.
Di hari kedua ( Jum at 24   Mei 2013 ) setelah selesai babak pertama dan pengumuman finalis yang berhasil lulus sampai babak final sudah di umumkan sebelumnya. Persaingan bagi tiap peserta semakin besar karna masing-masing dari mereka akan berlomba lagi untuk memperebutkan lebel sebagai juara satu, dua, dan tiga. Beberapa finalis terbaik yang berhasil masuk ke babak final adalah yudi yudistira dari universitas gadjah mada (UGM), iqbal ilyas Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), khairul anwar Universitas Gadjah Mada (UGM)  Ibrahim zainuddin (STIE HANVARA ), Ahmad Yani Universitas Proklamasi 45 (UP45) serta Firdaus Maulana Adi Universitas Islam Negeri (UIN Sunan kalijaga). Di hari kedua ini semua finalis cukup tegang serta ada sedikit rasa bangga karna telah berhasil menempuh babak penyisihan yang di lakukan hari pertama, kali ini musuh dari masing-masing peserta tidaklah banyak hanya enam finalis terbaik yang akan memperebutkan tropy penghargaan namun meskipun jumlahnya hanya enam orang mereka harus benar-benar bekerja dua kali lipat dari hari sebelumnya karna ke enam finalis tersebut sudah merupakan pilihan  yang terbaik dari semua jumlah finalis yang ada.

 Ketatnya penilaian juri serta jelinya panitia memperhatikan durasi waktu yang di sediakan bagi setiap peserta yakni maksimal 10 menit, hal tersebut memberikan tuntutan tersendiri bagi setiap peserta untuk se efektif mungkin dalam  mempergunakan waktu dan se kreatif mungkin metode yang di gunakan dalam penyampaian isi pidato yang di sampaikanya. Karna setiap kesalahan yang di lakukan baik dari segi penggunaan waktu yang kurang efektif maupun dari segi materi yang di sampaikan  kurang tepat utamanya dari segi pelafalan ayat al-qur’an serta hadis nabi maupun ijma’ ulama’ yang di jadikan referensi pembahasan materi pidato tersebut tersebut akan mengurangi skor nilai sehingga setiap peserta harus bisa meminimalkan kesalahan teknis maupun non teknis sehingga nilai yang di peroleh tidak di kurangi oleh kesalahan yang  di lakukan.
Ketika ke enam finalis sudah tampil tibalah saatnya waktu yang di tunggu-tunggu yakni pengumuman siapa yang berhasil membawa pulang kemenangan. Sekitar jam 17.00 wib halaman fakultas ekonomi universitas negeri Yogyakarta (UNY) tampak sangat ramai di padati oleh mahasiswa yang sedang mengikuti rangkaian acara puncak yaitu tabligh akbar yang di sampaikan oleh intelektual muda yang cukup menarik baik dari segi penampilan maupun penyampaian ceramah yang di sampaikannya,  menjelang sesudah penyampaian tabligh akbar acara selanjutnya adalah pengumuman juara satu, dua, dan tiga lomba ISC Islamic speech contest. Semua peserta tampak tegang karna hasil keputusan kali ini merupakan penentuan akhir siapa yang benar-benar unggul di antara ke enam finalis tersebut. Juara satu  yudi yudistira dari universitas gadjah mada (UGM) juara dua iqbal ilyas universitas negeri Yogyakarta (UNY)  dan juara tiga Ibrahim zainuddin (STIE HANVARA). Hasil keputusan dewan juru tidak bisa di ganggu gugat.
Meskipun tidak menjadi juara, namun Universitas Proklamasi 45 telah berhasil mencetak sejarah baru yakni bisa masuk final dari delapan puluh tujuh peserta yang di pilih hanya enam  finalis terbaik untuk maju ke final dan salah satu diantaranya adalah peserta delegasi dari Universitas Proklamasi 45 yogyakarta, kampus kebanggaan kita semua. Mari kita kembangkan potensi kita lebih dalam lagi.
Selamat berprestasi
Post a Comment
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top