PENGECORAN LOGAM

Diposkan oleh Label: di


Wakhidul kohar
Fakultas Teknik Mesin
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Foto : Elisa
Pengecoran adalah suatu proses manufaktur yang menggunakan logam cair dan cetakan untuk menghasilkan bentuk yang mendekati bentuk akhir produk jadi.  Jadi Logam cair akan dituangkan atau ditekan ke dalam suatu cetakan yang memiliki rongga sesuai dengan bentuk yang diinginkan agar memperoleh suatu cetakan dalam pembuatan pengecoran logam. Pangeran tersebut  tanpa menyerah untuk membuat suatu cetakan dalam proses pengecoran logam tersebut meski suatu pembuatan cetakan tersebut selalu gagal tetapi semangat selalu mendapinginya.
            Pangecoran untuk menghasilkan yang berkualitas maka diperlukan pola yang berkualitas tinggi, baik dari segi konstruksi, dimensi, material pola, dan kelengkapan lainnya. Agar suatu pengecoran logam dapat menghasilkan suatu cetakan yang sempurna. Pada umumnya, pangecoran dalam proses pembuatan cetakan pasir, pencetak yang diletakkan di sekitar pola yang dibatasi rangka cetak, kemudian pasir dipadatkan dengan cara ditumbuk sampai kepadatan tertentu. Agar pasir yang ditumbuk dapat menjadi suatu cetakan yang semmpurna dan kuat dalam penggunaanya.

            Pangecoran dalam tumbukan dalam cetakan yang sempurna memiliki proses. Misalnya proses pengecoran di cetakan. Kemudian cor yang sudah di cetak dan dpanas kan hingga cetakan yang dibuat tadi menjadi kuat dan kokoh tanpa hancur. Logam di dalam pencetak dicampur dengan logam yang memiliki kadar kotoran atau debu yang sedikit, tentu saja yang permukaannya memiliki butiran yang bersih. jika tidak mengikuti aturan akan mempengaruhi hasil. Misalnya hasilnya mudah retak, dan kurang keras.

Daftar pustaka:
Bedes (2013). Suara pondok blotan wedomartani. Diakses tanggal 05 Mei 2013 dari: http:/www.bedes.com

Post a Comment
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top