PROSES REKRUTMEN SDM

Diposkan oleh Label: di


Ratna Kanyaka B.U
Fakultas Psikologi

Setiap organisasi membutuhkan sumber daya manusia (SDM). Organisasi harus mencari orang-orang yang memenuhi syarat untuk menempati posisi yang dibutuhkan. Sumber daya manusia sebuah organisasi adalah sumber yang paling utama dan akan dapat diperoleh dengan dengan proses rekrutmen yang efektif. Rangkaian aktivitas untuk mencari pelamar kerja dengan kemampuan, motivasi dan pengetahuan disebut dengan rekrutmen.
Menurut Faustino (1995:105) dalam Setiani (2013) rekrutmen merupakan proses menemukan, dan menarik para pelamar untuk dipekerjakan dalam dan oleh suatu organisasi. Rekrutmen adalah proses penarikan sekelompok kandidat untuk mengisi posisi yang lowong. Perekrutan yang efektif akan membawa peluang pekerjaan kepada perhatian dari orang-orang yang berkemampuan baik (Setiani, 2013). Menurut Henry (2006) aktivitas rekrutmen dimulai pada saat calon mulai dicari dan berakhir ketika lamaran mereka diserahkan. Melalui rekrutmen, individu yang memiliki keahlian yang dibutuhkan didorong membuat lamaran untuk lowongan pekerjaan yang tersedia di perusahaan.
Setiani (2013) mengemukakan bahwa proses rekrutmen merupakan salah satu kegiatan manajemen sumber daya manusia tidak dapat dilepaskan kaitannya dengan kegiatan lain seperti deskripsi dan spesifikasi pekerjaan atau jabatan sebagai hasil analisis pekerjaan atau jabatan yang memberikan gambaran tentang tugas-tugas pokok yang harus dikerjakan. Ivancevich (2001) dalam Yullyanti (2009) menambahkan bahwa rekrutmen berkaitan dengan aktivitas yang mempengaruhi jumlah dan jenis pelamar, apakah pelamar tersebut kemudian menerima pekerjaan yang ditawarkan.

Berikut adalah paparan mengenai proses rekrutmen menurut Henry Simamora (2006) :
Perencanaan Rekrutmen
Surat permintaan karyawan baru
Rasio hasil
Deskripsi Pekerjaan
Spesifikasi Pekerjaan
Strategi Rekrutmen
Di mana, bagaimana, dan kapan memikat calon pelamar Posisi entri
Sumber Rekrutmen
Internal
Eksternal
Pengaruh pasar tenaga kerja
Penyaringan
Menyisihkan yang tidak sesuai
Kumpulan Pelamar
Pengolahan Informasi
Pemberitahuan kepada pelamar

Langkah-langkah dalam proses perekrutan menurut Nur Hasanah (2012)

  • Menilai keseluruhan lingkungan kerja dengan melakukan analisis jabatan dan analisis organisasi dengan tujuan untuk mengetahui keterkaitan antara karakteristik pekerjaan dan organisasi.
  • Menyimpulkan tipe orang yang diperlukan : seorang manajer harus benar-benar mengetahui para pelamar. Penilaian berdasarkan ketrampilan, pengetahuan, kepribadian, keahlian sosial dan karakternya
  • Merancang kegiatan yang harus dilalui untuk masuk ke organisasi agar organisasi dan pelamar bisa menilai kecocokannya  dengan tahapan tes multiple screening. Dengan multiple screening maka pelamar akan mengetahui informasi tentang lingkungan pekerjaannya apabila diterima. Selain itu juga harus melewati tahapan tes kognitif, psikomotor, kemampuan interpersonal, tes kepribadian dan wawancara.
  • Memperkuat kecocokan orang organisasi saat kerja dengan memperkuat keahlian dan pengetahuan melalui desain tugas dan pelatihan serta orientasi pribadi melalui desain organisasi.


Beberapa pendapat mengenai proses rekrutmen di atas dapat disimpulkan bahwa proses rekrutmen adalah suatu aktivitas pencarian, penarikan tenaga kerja yang dilakukan oleh organisasi untuk memenuhi posisi yang dibutuhkan dengan langkah-langkah sistematis yang dilakukan oleh bagian manajemen sumber daya manusia, HRD dan  personalia.

Sumber / Refrensi artikel :
Simamora, H. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : Bag. Penerbitan STIE YKPN.
Hasanah, Nur. 2012. Jurnal Analisa Jabatan, Rekrutmen, dan Seleksi Pada Organisasi tanpa Batasan.
Setiani, Baiq. 2013. Jurnal Kajian Sumber Daya Manusia dalam Proses Rekrutmen Tenaga Kerja di Perusahaan, Mei-Juni 2013, hlm. 38-44, vol. 1 no. 1.
Yullyanti, Ellyta. 2009. Jurnal Analisis Proses Rekrutmen dan Seleksi pada Kinerja Pegawai, Sept–Des 2009, hlm.131-139, vol. 16 no. 3
Post a Comment
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top