PERMAINAN SEDERHANA KAYA MANFAAT

Diposkan oleh Label: di


Juni Wulan Ningsih
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Suana Kelas Menulis (Dok. Kup45iana)
 Bermain games sederhana di kelas menulis pada kamis tanggal 3 Oktober 2013 diisi awali menjawab teka-teki silang yang diberikan oleh Ibu Arundati Shinta. Soal berjumlah 2 (dua) kotak isian teka-teki silang dengan target waktu 10 (sepuluh) menit untuk setiap soalnya. Ternyata mengisi teka-teki silang tidak semudah kelihatannya . Karena waktu yang kami butuhkan melenceng jauh dari target penyelesaian yakni kurang lebih 2 (dua) jam. Sedang untuk ibu Sinta sendiri hanya membutuhkan waktu kurang lebih dua puluh menit. Kenapa hal ini bisa terjadi? disebabkan karena faktor kebiasaan, Orang yang tidak terbiasa melakukan suatu hal, akan membutuhkan waktu yang lebih banyak untuk mengerjakan pekerjaan tersebut dibandingkan orang yang sudah terbiasa.
Kembali ke masalah teka-teki silang tadi, tidakkah terfikir  oleh kita “Siapa penemu permainan itu?; Kenapa ia menciptakannya?; Terinspirasi dari apakah pembuatannya?; serta Adakah manfaat yang diperoleh dari permaianan ini? “
Teka-teki silang diciptakan oleh Arthur Wynne (1862-1945) seorang  wartawan Amerika  kelahiran Inggris  yang dipicu karena tempatnya bekerja meminta Arthur membuat suatu permainan untuk di muat di koran tersebut. Lalu dia terinspirasi dengan permainan yang sering ia lihat di masa kanak-kanaknya yakni Kotak Ajaib (Magic Squares). Kotak Ajaib adalah permainan yang  mengharuskan pemainnya menyusun kata agar sama mendatar dan menurun sehingga membentuk kotak. Teka-teki silang buatan Arthur pertama kali dimuat di Harian New York edisi 21 Desember 1913 dengan bentuk belah ketupat tanpa ada kotak hitam ditengahnya (Anonim, 2013). Teka-teki silang mulai di kenal di Jakarta pada tahun 1970-an dengan terbitnya “Asah Otak”  yang merupakan majalah teka-teki silang (Wikipedia, 2013 ).

Selain menghilangkan kejenuhan dan sering kali membuat penasaran apabila masih ada kotak yang belum terisi, teka-teki silang juga memiliki banyak manfaat antara lain :

Media Asah Otak
Dengan pentunjuk atau clue yang ada, pengisi diharuskan mencari jawaban yang sesuai dengan jumlah kotak yang tersedia. Kegiatan ini membantu mengasah otak untuk menemukan kata yang sesuai dengan jawaban yang diminta.

Menambah Kosakata
Dalam teka-teki silang biasanya ditemui soal berupa sinonim (persamaan kata), kata-kata bahasa asing, ibukota negara, lambang negara ataupun istilah-istilah yang jarang kita pakai sehari-hari. Hal ini bermanfaat untuk menambah perbendaharaan kata yang kita miliki.

Menambah Rasa Ingin Tahu
Kadang kita tidak bisa mengisi semua kotak dalam teka – teki silang, hal ini akan memicu rasa penasaran kita dan berusaha untuk mencari jawaban dari soal yang kurang tersebut.

Menambah Wawasan
Dengan mengisi teka-teki silang bisa menambah pengetahuan yang sebelumnya tidak kita ketahui.

Melatih Daya Ingat
Terkadang soal yang dimuat di satu kotak isian teka – teka silang akan ditanyakan lagi pada edisi soal berikutnya, ini bermanfaat untuk melatih seberapa tajam dan kuatnya memori kita.

Relaksasi
Mengisi teka – teki silang dapat menjadi alternatif positif untuk menghilangkan rasa bosan atau stress, mengisi waktu luang, dan mengatasi kelelahan mental.

Salah Satu Jalannya Rezeki
Terkadang ada kuis teka-teki silang yang  berhadiah. Jika kita mencoba dan ternyata beruntung , tidak mustahil kita bisa mendapatkan hadiah (entah itu berupa uang ataupun barang) dari permainan ini.

Daftar Pustaka:
Anonim.(2013).Siapa Penemu Teka Teki Silang?. Retrieved on October 09,2013 from: http://sekitarduniaunik.blogspot.com/2013/04/siapa-penemu-teka-teki-silang.html
Wikipedia.(2013).Teka – Teki Silang. Retrieved on October 09,2013 from:
Anonim.(2013).Manfaat Teka – Teki Silang. Retrievied on October 09,2013 from: http://www.teka-tekisilang.com/2013/09/manfaat-mengisi-teka-teki-silang-tts.html              
Post a Comment
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top