Kehidupan Tak Lepas dari Proses Belajar

Diposkan oleh Label: di

Juni Wulan Ningsih
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta


Belajar merupakan sesuatu yang akan selalu kita temui dalam kehidupan ini. Dimana prosesnya berjalan sejak kita terlahir kedunia ini, sampai akhirnya kitapun kembali lagi kepada – Nya (meninggal dunia). Proses kehidupan ini akan membentuk kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Pembelajaran itu bukan hanya lewat kejadian yang menyenangkan saja, terkadang juga lewat kejadian yang membuat kita terluka. Justru luka – luka itulah yang mengajarkan kita untuk belajar keikhlasan. Lalu pengertian belajar sendiri itu apa?, belajar ialah perubahan tingkah laku seseorang terhadap suatu situasi tertentu yang disebabkan oleh pengalamannya yang berulang – ulang dalam situasi itu, dimana perubahan tingkah laku itu tidak dapat dijelaskan atas dasar kecenderungan respon pembawaan, kematangan atau keadaan – keadaan sesaat seseorang (Hilgard dan Bowel dalam Muslimah, 2013).
Belajar sebagai suatu proses merupakan suatu proses pembelajaran individu terhadap suatu hal yang mengakibatkan adanya perubahan perilaku individu (Walgito, 2005). Dimana hasil dari kegiatan belajar itu tidak diperoleh dalam waktu yang singkat, melainkan melalui tahapan demi tahapan. Misalnya saja seorang  siswa yang baru lulus SMP kemudian melanjutkan ke SMA. Perasaan yang dirasakannya dihari pertamanya masuk kesekolah baru (SMA), pasti canggung, aneh, dan asing  serta belum banyak teman yang dikenalnya (walaupun itu satu kelas). Akan tetapi lihat dua atau satu minggu kedepan, semua kecanggungan itu pasti sudah luntur dan telah timbul keakraban diantara mereka. Juga seorang mahasiswa yang belajar psikologi disuatu universitas, tidak semata – mata dalam waktu pendek  langsung mendapatkan gelar sarjana. Akan tetapi ia membutuhkan waktu kurang lebih empat tahun untuk menyelesaikan study dan meraih gelar Sarjana Psikologi (S.Psi). Proses belajar ini juga akan membuahkan hasil berupa bertambahnya pengetahuan yang dimiliki ataupun perubahan dalam tingkah lakunya. Adapun hasil belajar siswa baru tersebut yakni berupa keberhasilannya beradaptasi dengan lingkungan baru (SMA), dan bisa akrab dengan teman satu kelasnya. Sedangkan untuk mahasiswa tadi bertambahlah pengetahuan tentang psikologi yang sebelumnya terasa asing baginya, juga ditambah ia mempunyai keahlian untuk bisa memperagakan atau menggunakan alat – alat tes psikologi, dan lain sebagainya.
Belajar merupakan proses penting dalam hidup ini, yang hasilnya berupa bertambahnya pengetahuan yang dimiliki juga merubah perilaku kita menjadi lebih baik. Kehidupan juga tak selamanya mulus, kadang posisi kita berada diatas (bersuka cita) kadang juga dibawah (kesusahan). Saat hidup kita baik – baik saja, saat itulah kita belajar bersyukur dan peduli terhadap orang lain yang kehidupannya jauh dibawah kita. Akan tetapi saat kesusahan, itulah saatnya kita belajar untuk terus berusaha dan pantang menyerah agar kehidupan kita kedepannya lebih baik lagi. Juga dikondisi itulah akan diasah keikhlasan kita. Ada sebuah kalimat yang patut kita renungkan tatkala kita dilanda kesusahan, yakni Daun yang jatuh tak pernah membenci angin, dia membiarkan dirinya jatuh begitu saja.Tak melawan, mengikhlaskan semuanya. Bahwa hidup harus menerima, penerimaan yang indah. Bahwa hidup harus mengerti, pengertian yang benar. Bahwa hidup harus memahami, pemahaman yang tulus. Tak peduli lewat apa penerimaan, pengertian, pemahaman itu datang. Tak masalah meski lewat kejadian yang sedih dan menyakitkan. Biarkan dia jatuh sebagaimana mestinya, Biarkan angin merengkuhnya, membawa pergi entah kemana (Tere Liye, 2013). Penulis berikan sedikit kesimpulan dari kalimat – kalimat diatas “apapun yang terjadi dalam hidup kita, biarlah berjalan sesuai kehendak – Nya. Tugas kita sebagai makhluk adalah menjalaninya, karena Tuhan lebih tahu apa yang terbaik buat kita”. Untuk itu apapun yang terjadi dalam hidup ini, terima semuanya dengan lapang dada, karena disitulah proses pembelajaran kita yang sebenarnya.


Daftar Pustaka:
Muslimah.(2013).Hand Out Psikologi Pendidikan.Yogyakarta : UP45

Tere Liye.(2013).Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin.Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama


Walgito.(2005).Pengantar Psikologi Umum.Yogyakarta : ANDI OFFSET
Post a Comment
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top