Tips Menuliskan Motivasional Letter

Diposkan oleh Label: di

Nurul Istiyani
Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
Di akhir tahun pelajaran, beasiswa dan lowongan pekerjaan adalah tujuan seseorang. Banyak orang yang menginginkan melanjutkan sekolah dengan berlomba mencari beasiswa. selain beasiswa, lowongan pekerjaan juga diserbu banyak orang yang sudah menyelesaikan studynya. Nah, dalam mencari beasiswa maupun pekerjaan seseorang jarang mencantumkan motivational letter. Motivasional letter adalah tulisan yang merupakan pencerminan dari seorang individu. Jika kita menginginkan beasiswa maupun pekerjaan kita harus membuat sesuatu yang berbeda, dengan mencantumkan motivasional letter misalnya. Motivasional letter merupakan pencerminan dari curriculum vittae seseorang dengan menonjolkan pada keahlian atau pengalaman yang relevan dengan sekolah yang dituju atau perusahaan yang hendak dilamar.
Berikut ini beberapa tips untuk menuliskan motivasional letter antara lain pertama tuliskan beberapa alasan yang menarik mengapa anda menginginkan beasiswa atau pekerjaan yang anda lamar. Kedua, tuliskan nama seseorang yang anda kenal sebagai referensi anda di perusahaan tersebut. Nama salah satu pegawai di perusahaan tersebut diusahakan seseorang yang mempunyai andil dalam perusahaan yang anda lamar. Hal ini cukup penting karena referensi tersebut bisa menjadikan bahan pertimbangan untuk mengetahui pribadi anda yang sebenarnya lewat referensi nama yang telah anda tuliskan. Ketiga, tuliskan beberapa pengalaman atau pendidikan yang relevan dengan yang anda lamar. Keempat, motivasional letter harus menuliskan citra diri anda yang sesuai dengan kenyataan jangan menuliskan kelemahan anda. Namun, jangan terlalu menyombongkan diri anda karena hal tersebut akan menjatuhkan diri anda saat diwawancarai. Kelima, tuliskan beberapa pandangan anda kedepan apabila mendapatkan beasiswa atau pekerjaan yang diinginkan. Keenam, isi dari  motivasional latter harus menunjukkan diri anda yang bersemangat dan optimis bisa mendapatkan beasiswa atau pekerjaan yang anda lamar.

Uraian diatas merupakan beberapa tips dalam menuliskan motivasional letter. Ayo, sekarang mulailah mengubah applu lamaran beasiswa atau pekerjaan anda dengan menambahkan motivasional letter. Semoga dengan menambahkan motivasional letter ini anda dprioritaskan. 
Post a Comment
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top