SIARAN DI RADIO EMC

Diposkan oleh Label: di


VALENTINE DAN JATUH CINTA DENGAN TEMAN SATU KANTOR


Arundati Shinta
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta


Menaksir teman sekantor merupakan fenomena yang sangat lazim di dunia kerja. Hal ini karena karakteristik tenaga kerja sekarang ini memang tidak lagi berada di daerah pertanian lagi. Pekerjaan di rumah / home industry atau wiraswasta memang menjamur sekarang ini, namun tenaga kerja yang berkutat pada sektor tersebut cenderung jarang berinteraksi dengan banyak orang. Selain itu memang wirausahawan adalah sektor yang sangat menguras tenaga, dan pelakunya harus sanggup bekerja siang dan malam. Oleh karena itu berpacaran dengan wirausahawan cenderung jarang terjadi.


Bagaimana dengan berpacaran di kantor? Hampir semua orang berduyun-duyun melamar pekerjaan pada suatu organisasi, sehingga mereka juga akan bertemu dengan orang yang sangat heterogen. Heterogenitas itu dalam bentuk pendidikan, latar belakang sosial, kebiasaan, etnis, dan agama. Perbedaan inilah yang justru merupakan tanah subur terjadinya fenomena pacaran di kantor.

Apa saja sisi positif dari pacaran di kantor? Satu hal yang tidak dapat dipungkiri, pacaran di kantor merupakan amunisi untuk rajin datang ke kantor. Hal ini karena datang ke kantor berarti bertemu dengan pujaan hati. Pacaran di kantor juga menyebabkan pekerjaan di akntor cepat selesai, karena dikerjakan berdua.

Sisi negatif dari pacaran di kantor adalah data penting organisasi mungkin saja tidak dapat disembunyikan. Hal ini terjadi bila salah satu dari pasangan itu menempati posisi penting di organisasi. Agar hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi maka biasanya organisasi sudah memberi rambu-rambu, antara lain salah satu dari pasangan itu harus keluar dari organisasi. Hal ini untuk menjaga kerahasiaan data organisasi. Organisasi yang lazim melakukan rambu-rambu itu adalah bank.

Materi ini adalah siaran interaktif di Radio EMC Yogyakarta, sebagai bentuk nyata dari kerjasama dengan Fakultas Psikologi UP45 Yogyakarta. Siaran dilakukan setiap hari Selasa pukul 20.00-21.00. Siaran dengan tema Valentine ini dilaksanakan pada 16 Februari 2016. Siaran kali ini istimewa, karena nara sumber tetap (Arundati Shinta) berhasil menghadirkan tokoh penting yaitu Ibu Dewi Handayani Harahap, S.Psi., M.Psi. Beliau adalah Wakil Rektor UP45 bidang II dan juga dosen Fakultas Psikologi UP45. Suara beliau ternyata bisa diterima pendengar, sehingga tidak sedikit yang memberi respon, antara lain dari Bapak Hasan di Kotagede, mbak X, dan masih puluhan SMS lainnya. Pada masa lampau, ibu Dewi ternyata juga sudah sangat sering menjadi nara sumber di berbagai radio lainnya di Yogyakarta, secara rutin. Oleh karena itu tidak heran bila beliau sangat fasih dan tidak nervous bila berbicara di depan pengeras suara.
Post a Comment
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top