PARENT MEETING BERSAMA KAMULAN SCHOOL

Diposkan oleh Label: di


Wahyu Widiantoro
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta

Keceriaan para peserta yang hadir di acara parent meeting dimeriahkan oleh alunan lagu yang dinyanyikan oleh Nares, seorang anak perempuan berusia 4 tahun. Begitu juga dengan Cheris, 3 tahun yang tampak gembira bersama teman-teman seusianya mengunjungi dan telibat aktif dalam kegiatan yang dilakukan di setiap stand yang ada. Terdapat stand crafting, origami, cooking class dan lukis. Acara meriah yang dihadiri oleh para peserta dengan mengenakan pakaian bernuansa merah ini dilakukan di alam  terbuka di komplek Kelompok Bermain dan Taman Kanak-kanak Kamulan School, Jl. Manggis 83 Gaten, Pringwulung, Condongcatur, Depok Sleman, pada hari Sabtu, 13 Februari 2016.


Ibu Atik Wartini, S.Pd., selaku Kepala PAUD dan TK Kamulan School yang berbasis multikultural dengan konsep sekolah alam mengundang Tim Psikologi UP45 untuk turut berpartisipasi dalam acara parent meeting yaitu sebuah acara rutin yang dilakukan guna memfasilitasi para anak dan orang tua untuk melakukan kegiatan bersama sehingga proses pendampingan serta stimulasi tumbuh kembang anak-anaknya dapat dilakukan secara optimal. Kamulan School mengelola pelayanan-pelayanan bagi anak mulai dari pra-sekolah dan TK formal yang melayani anak-anak usia 4-6 tahun sampai kelompok bermain non-formal dan pusat penitipan anak, yang melayani anak-anak usia 2 sampai 6 tahun.



Tim Psikologi UP45 mendukung program-program PAUD dalam mengembangkan kompetensi psikososial dan kognitif untuk mempersiapkan anak-anak bersekolah. Dukungan secara nyata berupa penandatanganan surat kesepakatan kerja sama antara Dekan Psikologi UP45 dengan Direktur Kamulan School. Pendidikan anak usia dini merupakan suatu bentuk stimulasi yang pada dasarnya adalah upaya-upaya menciptakan lingkungan sekitar anak usia dini agar mampu menstimulasi seluruh aspek perkembangan anak. Pemahaman dan kemampuan terhadap menstimulasi dan aspek perkembangan anak tersebut akan lebih mudah dikuasai oleh para mahasiswa psikologi UP45 ketika ilmu yang didapat juga diaplikasikan melalui kegiatan nyata, demikian diungkapkan oleh Wahyu Widiantoro.



Tim Psikologi UP45 yang hadir pada kegiatan parent meeting tersebut berperan sebagai guru gambar untuk anak-anak PAUD. Tim Psikologi UP45 tersebut terdiri dari Wahyu Widiantoro (manager kegiatan), Arundati Shinta (Kaprodi Psikologi UP45) dan dua mahasiswa yang aktif dan berbakat yaitu Rere dan Sulfi Amalia. Sulfi Amalia adalah mahasiswa Fakultas Hukum UP45, namun sangat tertarik dengan dunia anak-anak. Rere adalah mahasiswa Fakultas Psikologi UP45 yang mempunyai lembaga bimbingan belajar, sehingga tidak asing dengan dunia anak-anak.
Post a Comment
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top