TEKUN MELAKSANAKAN KEGIATAN IAYP DI UNIVERSITAS PROKLAMASI 45

Diposkan oleh Label: di


PERSIAPAN MASA DEPAN YANG CERAH


Arundati Shinta
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta


IAYP (International Award for Young People) adalah program pendidikan karakter tingkat internasional, yang pusatnya adalah di Inggris. Program ini sesungguhnya adalah perlombaan melawan diri sendiri, bukan melawan orang lain. Perlombaan melawan diri sendiri yaitu melawan kemalasan, kebiasaan menunda (prokrastinansi), tidak jujur, dan senang mengemukakan alasan yang serba menjengkelkan untuk menutupi kemalasannya. Program ini terdiri dari tiga level yaitu perunggu, perak, dan emas. Untuk level perunggu dan perak, kegiatan IAYP ada empat yaitu olah raga, ketrampilan, pelayanan masyarakat, dan petualangan. Untuk level emas, kegiatannya ada lima yaitu olah raga, ketrampilan, pelayanan masyarakat, petualangan, dan residential project.


Berapa lama kegiatan-kegiatan tersebut dilakukan? Untuk level perunggu, lama pelaksanaan kegiatan adalah sebagai berikut:
  • Olah raga – Minimal seminggu sekali, minimal 60 menit/setiap kegiatan, selama 12 minggu. Setiap minggu, kegiatan yang dilakukan harus mengandung unsur progress atau ada kemajuan. Contoh kegiatan adalah air climbing atau memanjat udara yaitu kegiatan naik turun tangga. Pada minggu pertama, naik turun tangga sebanyak 30 kali. Minggu kedua, 34 kali, minggu ketiga 36 kali, dan seterusnya sampai dengan minggu ke-12. Hal ini sudah dilakukan oleh Monica Dinda, mahasiswa Teknik Minyak UP45. 

  • Ketrampilan – Minimal seminggu sekali, minimal 60 menit/setiap kegiatan, selama 12 minggu. Contoh kegiatan adalah mengisi TTS (teka-teki silang). Hal ini sudah dilakukan oleh Vicha Anggirie, mahasiswa Teknik Minyak UP45. 

  • Pelayanan masyarakat – Minimal seminggu sekali, minimal 60 menit/setiap kegiatan, selama 12 minggu. Contoh kegiatan adalah membersihkan kampus. Bila mahasiswa sedang liburan di kampung halamannya, maka kegiatan pelayanan ini bisa dilakukan di sekitar rumahnya misalnya di balai desa. Hal ini sudah dilakukan oleh Vicha Anggirie, mahasiswa Teknik Minyak UP45. 

  • Spesialisasi – Minimal seminggu sekali, minimal 60 menit/setiap kegiatan, selama 12 minggu. Pada kegiatan spesialisasi ini, peserta diijinkan untuk memilih satu dari tiga kegiatan utama yaitu olah raga, ketrampilan, atau pelayanan masyarakat. Kegiatan spesialisasi ini boleh dilakukan setelah tiga kegiatan utama tadi selesai. Jadi pelaksanaan program IAYP untuk level perunggu ini minimal 6 bulan.
  • Petualangan – minimal 2 hari 1 malam. Kegiatan petualangan ini dilakukan di luar kota. Contoh kegiatan adalah naik gunung, menyusur pantai, atau mengikuti pertandingan taekwondo di laur kota.

Untuk level perak, kegiatan yang dilakukan adalah hampir sama dengan perunggu. Perbedaannya adalah pada jangka waktunya. Berikut penjelasannya.

  • Olah raga – dilakukan selama 24 minggu terus-menerus. Setiap minggu tetap harus ada penambahan / progress. Hal ini sudah dilakukan oleh Tesya, mahasiswa Teknik Minyak UP45. Tesya memilih kegiatan lari / jogging

  • Ketrampilan – dilakukan selama 24 minggu terus-menerus. Hal ini sudah dilakukan oleh Tesya, mahasiswa Teknik Minyak UP45. Ia memilih membersihkan kampus. Ketika ia pulang kampung ke Purwakarta, maka ia membersihkan jalan-jalan di sekitar rumahnya. 

  • Ketrampilan – dilakukan selama 24 minggu terus-menerus. Contoh kegiatan adalah meringkas koran, dan diterbitkan di blogsite pribadi.
  • Petualangan – dilakukan selama 3 hari 2 malam, di luar kota. Contoh kegiatan adalah mengambil sertifikasi selam di Bali. Hal ini dilakukan oleh Arni, mahasiswa Tenik UGM.

Untuk level emas, kegiatan yang dilakukan adalah hampir sama dengan perunggu. Perbedaannya adalah pada jangka waktunya dan penambahan satu kegiatan yaitu residential project. Berikut penjelasannya.
  • Olah raga – dilakukan selama 48 minggu terus-menerus. Setiap minggu tetap harus ada penambahan / progress.
  • Ketrampilan – dilakukan selama 48 minggu terus-menerus.
  • Pelayanan masyarakat – dilakukan selama 48 minggu terus-menerus.
  • Petualangan – dilakukan selama 4 hari 3 malam, di luar kota.
  • Residential project – dilakukan selama 5 hari 4 malam. Di UP45, kegiatan residential project sudah dilakukan di desa di Klaten, dan mahasiswa tinggal di rumah Singgih, mahasiswa Fak. Psikologi UP45. Singgih sedang menjalani level perak IAYP.


Post a Comment
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top