PERGAULAN REMAJA

Diposkan oleh Label: di

Dodi hidayat
Fakultas Hukum / Ilmu Hukum
Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta




Pergaulan adalah sebuah kontak sosial antara manusia dengan manusia yang lainnya. Yang pada dasarnya untuk menjalin suatu keakraban atau tali persaudaraan antara sesama manusia sehingga terjadilah kontak. Namun pergaulan juga dapat mengakibatkan atau berdampak pada perilaku seseorang yang tidak disadari membuat perilaku seseorang menjadi baik atau tidak tergantung pada situasi dan kondisi lingkungan hidup maupun cara seseorang itu bergaul kepada seseorang lainnya. Akan tetapi sebagian besar pergaulan di negara indonesia saat ini kebanyakan menyimpang ke hal-hal yang negatif seperti pergaulan remaja. Remaja adalah masa-masa yang dimana telah dianggap sudah bisa membedakan antara mana yang baik dan mana yang buruk atau perubahan perilaku dari masa anak-anak ke masa remaja dan masa remaja merupakan masa yang sangat kritis, masa untuk melepaskan ketergantungan terhadap orang tua dan berusaha mencapai kemandirian sehingga dapat diterima dan diakui sebagai orang dewasa. keberhasilan para remaja melalui masa transisi sangat dipengaruhi oleh faktor biologis(faktor fisik), kognitif(kecerdasan intelektual), psikologis(faktor mental), maupun faktor lingkungan. Dalam kesehariannya,remaja tidak lepas dari pergaulan dengan remaja lain. remaja dituntut memiliki keterampilan sosial (social skill) untuk dapat menyesuaikan diri dengan kehidupan sehari-hari. keterampilan-keterampilan tersebut meliputi kemampuan berkomunikasi, menjalin hubungan dengan orang lain, mendengarkan pendapat/ keluhan dari orang lain, memberi / menerima umpan balik, memberi/ menerima kritik, bertindak sesuai norma dan aturan yang berlaku, dan lain-lain.
Pergaulan remaja adalah sebuah kontak sosial antara remaja satu dengan remaja yang lainnya yang bertujuan para remaja ingin memiliki keakraban atau tali persaudaraan terhadap lingkungan sekitarnya. Pergaulan remaja pada dasarnya memiliki nilai-nilai positif tersendiri karena memiliki tujuan yang baik. Namun, pergaulan remaja saat ini bisa dikatakan telah banyak penyimpangannya atau jauh dari yang diharapkan. Karena remaja seharusnya bisa mengendalikan sifat keegoisannya dan perilakunya yang sebetulnya merugikan dirinya sendiri. Pergaulan remaja akan menjadi tidak terkendali apabila lingkungan bergaul pun juga tidak baik. Disisi lain pergaulan remaja saat ini cenderung menunjukkan eksistensinya terhadap lingkungan sekitar yang disebabkan adanya dorongan teman yang sifatnya mencela atau menyindir terhadap teman yang lainnya apabila seorang remaja tidak melakukan sesuatu yang menurut para remaja saat ini menjadi kebiasaan atau model bergaul yang moderen. Tapi, ada juga sesuatu yang sifatnya memakasa remaja untuk melakukan yang seharusnya tidak dilakukan dalam bergaul. Dan ada juga cara bergaul karena keinginan remaja sendiri agar terlihat beda dari yang lainnya namun hal tersebut kebanyakan cenderung ke hal yang negatif.
Prinsip-prinsip etika pergaulan remaja
1. Hak dan kewajiban

    Hak kita memang layak untuk kita tuntut, tapi juga jangan sampai   meninggalkan kewajiban kita sebagai makhluk sosial.
    Selalu tertib dan disiplin dalam melakukan setiap aktivitas. Disiplin waktu biar tidak keteteran.
    Senantiasa menjaga sopan santun, baik dengan teman sebaya atau orang tua dan juga guru dimanapaun dan kapanpun.
    Bersikaplah sederhana .
    Jujur akan membawa kita ke dalam kebenaran. Bersikap jujurlah walau itu pahit.
    Senantiasa bersikap adil dalam bergaul. Tidak membeda-bedakan teman.
    Saling mencintai dan menyayangi teman kita agar terhindar dari permusuhan.
2. Tertib dan disiplin
3. Kesopanan
4. Kesederhanaan
5. Kejujuran
6. Keadilan
7. Cinta Kasih
8. Suasana & tempat pergaulan kita.
       Generasi muda saat ini kurang memiliki rasa Cinta Tanah Air, ini dapat dilihat dari lebih gemarnya anak muda anak muda untuk pergi kebioskop dari pada ke museum-museum sejarah perjuangan bangsa, mengapa hal ini bisa terjadi? ada beberapa kemungkinan yang dapat kita ambil dari hal tersebut yakni yang pertama kurangnya pemupukan rasa cinta tanah air semenjak kecil , sinetron-sinetron yang ditayangkan ditelevisi merupakan tayangan yang kurang produktif bagi perkembangan anak selain itu hal-hal yang terkait dengan Bangsa ini tidak mendapat sorotan yang tajam mengenai budaya, masalah sosial yang dapat menimbulkan Rasa cinta tanah air. Hal lain yang dapat menjadi penyebab yakni pendidikan yang kurang sehingga dapat menyebabkan seseorang tidak tau akan Bangsanya sendiri. Pergaulan remaja saat ini sangat mengkhawatirkan ini dapat dilihat dari beberapa hal yakni tingginya angka pemekai NARKOBA dikalangan remaja yakni pemakai narkoba dikalangan remaja, dan adanya seks bebas dikalangan remaja, angka remaja yang melakukan seks bebas hingga saat ini mencapai 50 persen ramaja melakukan hubungan seks diluar nikah . Ini sangat mengkawatirkan bagi Bangsa Indonesia krisis moral yang terjadi dikalangan remaja yang menyebabkan seks bebas dapat terjadi . Hal ini perlu diatasi agar tidak menyebabkan kemandulan dalam Bangsa karena perlu diingat lagi bahwa Masa depan Bangsa sangat tergantung pada Generasi muda, upaya pencegahan yang perlu dilakukan oleh kita semua yakni misalnya saja dengan Pendidikan formal yang didalamnya ada suatu pendidikan moral selain pendidikan keagamaan yakni adanya pendidikan tentang bahaya NARKOBA, hubungan Seks diluar nikah serta pentingnya pendidikan budi pekerti yang harus dijalankan. Sebab baik buruk kelakuan seseorang bermula dari baik buruknya iman yang tertanam serta budi pekerti tiap individu. Hal ini merupakan tanggung jawab seluruh elemen agar hal-hal seperti ini tidak terjadi dan dapat diatasi.Hal-hal yang dapat dilakukan diantaranya yakni peran orang tua didalam keluarga dalam mengawasi tingkah laku anak namun tidak berhak bertindak otoriter terhadap anak, dan dapat menjalankan fungsi sebagai orang tua dengan baik, diantaranya memberikan kasih sayang, pendidikan budi pekerti, serta mengajarkan cinta kasih terhadap sesame. Sehingga terjadi keselarasan antara anak dengan dirinya serta lingkungan keluarganya.

Daftar pustaka :
  http://fentifs.wordpress.com/2013/09/03/pergaulan-remaja-sehari-hari/
 http://vinkaapriana.blogspot.com/
Post a Comment
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top