PRESTASI MAHASISWA UP45 DI TINGKAT NASIONAL & INTERNASIONAL:

Diposkan oleh Label: di


DEMI AKREDITASI PSIKOLOGI UP45: KOLABORASI PENELITIAN DOSEN & MAHASISWA DI PENTAS NASIONAL & INTERNASIONAL

Arundati Shinta
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta

Penelitian adalah bidang yang selama ini menjadi kelemahan dari Fakultas Psikologi UP45. Sangat sulit agaknya bagi para dosen untuk menulis. Kesulitan itu mungkin karena para dosen sibuk dengan berbagai tugas seperti mengajar, menjadi konsultan pada berbagai organisasi, menjadi staf struktural, dan banyak tugas penting lainnya. Semua beban itu nampaknya semakin lama akan semakin berat, karena Fakultas Psikologi Up45 semakin lama menjadi semakin terkenal. Para dosen menjadi semakin kesulitan membagi waktu. Waktu yang hanya 24 jam, ternyata masih harus dibagi dengan berbagai kepentingan yang juga sama-sama gawat darurat sifatnya. Pada sisi lain, bila penelitian ini tidak dilakukan maka nilai akreditasi Fakultas Psikologi UP45 menjadi terancam. Jadi apa yang harus dilakukan?


Berbagai strategi sudah dilakukan, yaitu mendorong dosen untuk mengikuti tawaran biaya penelitian dari Kopertis dan Dikti. Ada beberapa dosen yang berminat dan membuat proposal. Proposal ada yang tembus namun tidak sedikit yang gugur. Beruntunglah ada beberapa dosen yang tidap patah semanagt. Para dosen telah berkolaborasi dengan mahasiswa, alumni Psikologi UP45, serta seorang Doktor dari Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Hasilnya cukup mengagumkan yaitu dari lima penelitian yang diajukan pada panitia call for paper, ternyata empat (80%) yang bisa lolos. Empat penulis didampingi oleh dosen psikologi UP45 untuk presentasi di Malang, Yogyakarta dan Semarang. Siapa saja penulis-penulis tersebut dan apa saja karyanya?


  1. Amalia, S., Yudhawati, D., Mahmudah, S., & Shinta, A. (2016). Peminggiran perempuan berkebutuhan khusus di Madura: Potret kemiskinan secara fisik, psikhis dan budaya. Prosiding Seminar Nasional & Call For Paper ”Empowering Self”. 2 April 2016. Semarang: Fakultas Psikologi Universitas Sultan Agung. No. ISBN. 978-602-1145-30-2.
  2. Asih, T.W., Harahap, D.H., Mahmudah, S., & Shinta, A. (2016). Studi kasus pengelolaan emosi pada anak tantrum di taman kanak-kanak. Prosiding Seminar Nasional & Call For Paper “Moral Integrity Based on Family”. 28 Mei 2016. Malang: Press Unmer, Fakultas Psikologi Universitas Merdeka. No. ISBN. 978-979-3220-37-6.
  3. Mulyaningsih, S., Shinta, A, Widiantoro, W. (2016). Motivating a slow learner student to master math through individual counseling. Proceeding on International Conference and Workshop on School Counseling “The Role of School Counselors in Dealing with Students with Special Needs in Inclusive Schools:. May 23-24, 2016. Yogyakarta: The Chicago School, Prodi BK USD and Sanata Dharma University Press. No. ISBN. 978-602-74273-4-1.
  4. Ningrum, W.R., Widiantoro, W., Mahmudah, S., & Shinta, A. (2016). Guru bimbingan belajar vs orangtua: Potret ketidaksiapan orangtua dalam mendidik anaknya. Prosiding Seminar Nasional & Call For Paper “Moral Integrity Based on Family”. 28 Mei 2016. Malang: Press Unmer, Fakultas Psikologi Universitas Merdeka. No. ISBN. 978-979-3220-37-6.


Apa saja keunikan dari kerjasama publikasi penelitian ini? Keunikannya ada enam yaitu:
  1. Empat karya tersebut telah dipublikasikan di ajang nasional dan internasional.
  2. Empat karya tersebut merupakan bukti bahwa ada kerjasama yang kuat antara mahasiswa, alumni, dosen Psikologi UP45 dan seorang Doktor dari Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Alumni tersebut adalah Ir. Dian Yudhawati, S.Psi., MSi., M.Psi., sedangkan teman dosen dari Malang adalah DR. Siti Mahmudah.
  3. Pihak manajemen UP45 begitu peduli, sehingga ikut memberi dana sebagian biaya penelitian / presentasi di Semarang dan Malang.
  4. Amalia bukan mahasiswa psikologi, tetapi dari Fakultas Hukum UP45. Keterlibatan dia membuktikan bahwa dosen psikologi mempunyai kepedulian yang tinggi apda mahasiswa fakultas lainnya.
  5. Karya Amalia adalah penelitian pendahuluan bagi skripsinya. Semoga mahasiswa psikologi lainnya juga mampu mempresentasikan penelitian pendahuluannya pada ajang yang bergengsi.
  6. Dua dosen psikologi yang aktif terlibat yaitu Dewi Handayani Harahap, S.Psi., M.Psi. dan FX. Wahyu Widiantoro, S.Psi., MA. adalah dua dosen psikologi yang mampu mematahkan anggapan bahwa dosen psikologi kurang mampu menulis. Kenyataannya, karya-karya mereka sangat menginspirasi dan membanggakan.


Karya-karya yang membanggakan ini semoga mampu mendongkrak nilai akreditasi Fakultas Psikologi UP45. Selain itu, semoga empat mahasiswa berprestasi ini mampu mengajak teman lainnya untuk menulis. Dua dosen Psikologi UP45 semoga bisa membuat budaya akademik menjadi semakin cerah di UP45. Mereka semua sudah memulai, kapan kita ikut?
Post a Comment
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top