KERJASAMA FAKULTAS PSIKOLOGI UP45 & RADIO EMC MINGGU KE-44

Diposkan oleh Label: di


HARI PERTAMA SEKOLAH DAN PERHATIAN ORANGTUA


Fx. Wahyu Widiantoro
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta


Hari pertama masuk sekolah merupakan hari yang dinantikan sekaligus hari yang merisaukan bagi keluarga yang memiliki putra maupun putri pada usia sekolah. Berbagai persiapan pun dilakukan oleh anak terlebih orang tua yang menginginkan agar anaknya dapat menjalani pendidikan di sekolah sebagai bekal masa depan seperti yang diharapkan. Perhatian orangtua sangat dibutuhkan bagi anak untuk membentuk kebiasaan serta mencapai keberhasilan dalam proses belajar.


Perhatian orangtua terhadap anak di hari pertama masuk sekolah pada tahun ini mendapat dukungan sepenuhnya oleh Bapak Anies Baswedan selaku Mendikbud. Gerakan Mengantar Anak di Hari Pertama Sekolah yang digagas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaaan Nomor 4 Tahun 2016 adalah gerakan yang tepat untuk menanamkan saling pengetian antara anak, orang tua dan pihak sekolah. Mendikbud Anies Baswedan mengajak orangtua mengantar anaknya di hari pertama sekolah dengan harapan komunikasi orangtua dan guru dimulai sejak dini menjadi gerbang membentuk tim pendidik yang solid (Jakarta, Kompas.com, 2016).

Dukungan secara nyata yang diberikan orang tua kepada anak secara umum berfungsi untuk memberikan perasaan diterima, diperhatikan, disayangi, dihargai dan dicintai. Adanya perasaan aman maka anak akan merasa bahagia dan tenang karena ia merasa ada orang lain yang dapat diandalkan bantuannya bila mendapat kesulitan dalam mengikuti pelajaran di sekolah. Perhatian orangtua pada anak di hari pertama sekolah berfungsi sebagai reward dan dapat mengarahkan serta mendorong seorang anak untuk berprestasi.  Pentingnya dungan keluarga dalam proses belajar bagi anak juga dijelaskan oleh Ahmadi (2004, h. 85), bahwa keluarga merupakan pusat pendidikan yang utama dan pertama.

Keberhasilan seorang anak untuk mewujudkan cita-cita tentu tidak terlepas dari cara orangtua dalam mendidik anak, hubungan orangtua dan anak serta bagaimana membimbing untuk selalu menjadi figur inspirasi sehingga mampu memotivasi anak untuk berprestasi tinggi pada usia sekolah dan yang terpenting yaitu anak mampu berkembang sebagai pribadi yang sehat.

Siaran di Radio EMC ini dapat terlaksana karena adanya kerjasama dengan Fakultas Psikologi UP45 semenjak Februari 2016 dan akan berakhir pada Februari 2017. Siaran kali ini sudah terlaksana dengan lancar pada 19 Juli 2016, dan sudah memasuki minggu ke-44. Siaran kali ini dilakukan oleh Wahyu Wiidantoro, dibantu dengan 2 mahasiswa Psikologi UP45  cemerlang yaitu Wahyu Relisa Ningrum dan Nurul Hidayah. Semoga mahasiswa-mahasiswa lainnya juga ikut berpartisipasi dalam acara yang menarik ini.

Referensi:

Ahmadi, dkk. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Nailufar, N.N. (2016). Menteri Anies Sindir Orang yang Sempat Larang Antar Anak ke Sekolah. News. (Editor: A. S. Syatiri). Jakarta, Kompas.com. Retrieved on July 17, 2016.


Suggested citation:

Widiantoro, Fx. W. (2016). Hari pertama sekolah dan perhatian orangtua, Radio EMC Yogyakarta. 19 Juli 2016.
Post a Comment
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top