PENGGUNAAN METODE INTERMITTENT GAS LIFT UNTUK MEMPRODUKSI MINYAK

Diposkan oleh Label: di


By : Aristanti Oktavia Dewi
Petroleum Engineering Department/ Universitas Proklamasi 45


Intermittent flow gas lift merupakan salah satu metode artificial lift, khususnya gas lift yang digunakan pada sumur-sumur dengan volume fluida rendah atau sumur-sumur yang mempunyai Productivity Index (PI) rendah dan Ps rendah, dimana PI rendah mampunyai besar < 0.5 B/D/psi dan Ps rendah artinya kolom cairan yang terangkat kurang dari 70%.
Dalam intermittent flow gas lift, gas diinjeksikan secara terputus-putus pada selang waktu tertentu sehingga dengan demikian injeksi gas merupakan suatu siklus injeksi dan diatur sesuai dengan rate fluida yang mengalir dari formasi ke lubang sumur.
Intermittent flow gas lift juga dapat disesuaikan dengan gas “multi-point” melalui lebih dari satu katub gas lift. Instalasi ini harus direncanakan sehingga katub gas lift paling bawah terbuka sementara slug paling bawah melewati masing-masing katub.

Secara normal, jenis pengangkatan seperti ini dilaksanakan dengan menggunakan katub-katub fluid-operated (tekanan fluida dalam tubing yang dominan). Gambar 1.1 dibawah ini merupakan peralatan intermitent.

Gambar 1.1 Peralatan Intermittent Gas Lift3)

Referensi:
1.   Brown, K.E., “The Technology of Artificial Lift Methods”, Volume 2A, PennWell Publishing Company, Tulsa, Oklahoma, 1980.

2.   Brown, K.E., “The Technology of Artificial Lift Methods”, Volume 4, PennWell Publishing Company, Tulsa, Oklahoma, 1984.

3.        Dewi, Aristanti O., “Seminar Evaluasi dan Optimasi Produksi Menggunakan Metode Continuous Gas Lift”, Universitas Proklamasi 45, Yogyakarta, 2016.

4.        Mandala, Wirawan W., “Metode Pengangkatan Buatan (Gas Lift)”, -, Yogyakarta, -.

5.        Purwaka, Edi., “Gas Lift”, Universitas Proklamasi 45, Yogyakarta, 2011.

Post a Comment
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top