STRATEGI MENJADI TRAINER ANDAL DI PSIKOLOGI UP45

Diposkan oleh Label: di


MAHASISWA PSIKOLOGI MEMBERI MOTIVASI BERPRESTASI
BAGI SISWA MAN MAGELANG


Fx. Wahyu Widiantoro
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta



Mahasiswa memberi motivasi berprestasi bagi siswa merupakan kegiatan belajar serta bentuk nyata aplikasi ilmu yang didapat mahasiswa Fakultas Psikologi UP45 di bangku kuliah. Kegiatan pendampingan terhadap siswa MAN Magelang sebagai rangkaian acara Psikologi Berbagi telah terlaksana pada 19 November 2016.

Drs. H. Khoironi Hadi, M.Ed., selaku Kepala MAN Magelang menerima dengan hangat kehadiran tim mahasiwa Fakultas Psikologi UP45. Acara pendampingan psikologi yang mengangkat tema ”Motivasi Berprestasi” dapat terlaksana juga tidak terlepas dari dukungan serta bantuan Bapak Kartono selaku koordinator BK MAN Magelang.

Proses yang harus dilalui mahasiswa sehingga dapat melaksanakan acara seperti halnya memberi motivasi berprestasi bagi siswa MAN Magelang tentunya tidak mudah. Mahasiswa perlu mengadakan koordinasi dalam menentukan materi, penguasaan materi yang akan disajikan, mengatur jadwal pelaksanaan dan kekompakan dalam melaksanakan masing-masing tugas yang telah disepakati dalam tim.


Tim mahasiswa yang kompak dalam melaksanakan acara memberi motivasi berprestasi bagi siswa MAN Magelang tersebut yaitu Murjiwantoro, Antoni Firdaus, M. Duha Saputra K, Chusnul Rizatul Unsya, Dewi Larasati, Tri Welas asih, Sri Mulyaningsih, Tri Mei Wulandari, dan Fiki Fatimah.

Tema motivasi berprestasi yang disajikan dikemas dengan kreatif mampu menarik perhatian siswa  MAN Magelang. ”Motivasi berpresatasi yaitu dorongan dalam diri individu untuk mencapai keberhasilan, memperoleh tingkat keunggulan dan memperjuangkan kesuksesan”, demikian dijelaskan oleh Unsya sebagai salah satu tim mahasiswa Fakultas Psikologi UP45.

Kehadiran tim mahasiswa dalam memberikan motivasi berprestasi terhadap siswa MAN Magelang mampu membuka wawasan baru bagi setiap siswa. Siswa mengungkapkan ketertarikannya terhadap ilmu Psikologi. ”Saya sudah membaca MoveOn Psikologi yang bagus dan keren di website Fakultas Psikologi UP45”, demikian salahsatu testemoni siswa MAN Magelang dalam media sosial yang dikirimkan kepada tim mahasiswa.


Kegiatan ini adalah strategi bagi Prodi Psikologi Universitas Proklamasi 45 untuk berbagai tujuan yaitu:

Ø  Melatih para mahasiswa untuk terampil menyajikan suatu pelatihan psikologi. Hal ini penting karena salah satu profesi bagai sarjana psikologi adalah menjadi trainer. Dalam training itu, mahasiswa dilatih untuk mendisain acara, dan mencari lokasi tempat pelatihan berlangsung. Sangat tidak gampang mencari lokasi pelatihan, karena banyak kepala sekolah SMA yang tidak ingin diganggu proses belajar mengajarnya. Selain itu mendisain suatu acara juga tidak gampang, karena mahasiswa harus menguasai teori yang menjadi topik pelatihan. Mahasiswa harus mempersiapkan diri dengan pertanyaan-pertanyaan usil yang mungkin muncul.

Ø  Mahasiswa juga belajar untuk bekerjasama secara konkrit. Ketrampilan bekerjasama ini penting untuk menapak karir yagn akan datang.

Ø  Mempromosikan Prodi Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta. Berkat kegiatan seperti ini, telah terbukti banyak siswa SMA yang tertarik melanjtkan pendidikan di Prodi Psikologi UP45.

Semoga kegiatan menarik seperti ini terus berlangsung.
Post a Comment
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top