PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI ANAK PUBERTAS

Diposkan oleh Label: di


IMPLEMENTASI KERJASAMA ANTARA RRI & FAKULTAS PSIKOLOGI UP45


Fx. Wahyu Widiantoro
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta


Masa remaja ditandai oleh masa pubertas, yaitu waktu seorang anak perempuan mampu mengalami konsepsi yakni menarche atau haid pertama, dan adanya mimpi basah pada anak laki-laki dan jika dipandang dari aspek psikologis dan sosialnya, masa remaja adalah suatu fenomena fisik. Pubertas merupakan suatu bagian yang penting dari masa remaja. Kondisi yang lebih ditekankan adalah proses biologis yang pada akhirnya mengarah kepada kemampuan bereproduksi.

Menurut Elizabeth B Hurlock (1980:185), bahwa perubahan-perubahan pesat yang terjadi selama masa puber menimbulkan keraguan, perasaan tidak mampu dan tidak aman dan mengakibatkan perilaku yang kurang baik. Orang tua mempunyai peranan yang sangat penting dalam mengantarkan anak-anaknya ke masa dewasa. Ayah dan ibu menjadi sumber utama informasi mengenai pengetahuan tentang pubertas kepada remaja secara benar dan terpercaya (Harlock, 2005).

Peran orang tua dalam mendampingi anak pubertas sangatlah penting. Adanya pendampingan orang tua terhadap remaja yang akan mengalami berbagai kondisi selama masa puber diharapkan mampu memberi dukungan secara nyata agar remaja mampu menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi pada pada masa puber sehingga remaja mencapai kepuasan terhadap diri dan lingkungan.

Tulisan ini adalah materi siaran di RRI Yogyakarta pada 22 Maret 2017. Punggawa siaran kali ini adalah dosen Fx. Wahyu Widiantoro, S.Psi., MA, dan 2 mahasiswa cemerlang yaitu Wahyu Relisa Ningrum dan Fatkul Aziz. Semoga kerjasama yang cantik ini terus berlangsung dengan lancar.


Referensi:

Hurlock E. B. (1980). Psikologi perkembangan. (Alih Bahasa Istiwidayanti dan Soedjarwo). Editor Ridwan Max Sijabat. Jakarta: Erlangga.
Hurlock, E.B. (2005). Perkembangan anak Jilid 1. Jakarta: Erlangga.



Suggested citation:

Widiantoro, F. W. (2017). Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Pubertas. RRI Yogyakarta. 22 Maret 2017.
Post a Comment
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top