KONSEPSI BELA NEGARA UNTUK PERGURUAN TINGGI

Diposkan oleh Label: di


BUKTI UP45 CINTA NKRI

Febriyanti Angelia Ginting
Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta menggelar Seminar Bela Negara.Tema dalam seminar ini adalah Konsepsi Bela Negara untuk Perguruan Tinggi yang dilaksanakan pada 31 Juli 2017 di Gedung Soekarno Ruang Seminar A.101 Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta. Pembicara dalam seminar ini adalah Mayjend Hartind Asrin, SE., M.I. Kom. Dari Kementerian Pertahanan Republik Indonesia.

Di awal paparannya, Hartind mengapresiasi sikap Rektor Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta yang sangat antusias merespons kegiatan ini.


Dalam paparannya Hartind mengatakan bahwa Indonesia berpotensi menjadi negara sejahtera. Bonus demografi, sumber daya alam, daya saing dari sisi tenaga kerja, dan infrastrukstur (interkoneksi dan transportasi) adalah modal menjadi negara sejahtera yang dimiliki Indonesia.

Konsepsi bela negara merupakan sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaanya kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara (UU No 3 tahun 2002, pasal 9).


Sikap bela negara harus dimiliki oleh seluruhr akyat Indonesia. Dalam pidato tertulis Presiden Joko Widodo, Bela negara harus mempunyai spectrum yang sangat luas di berbagai bidang kehidupan mulai dari politik, ekonomi, sosial danbudaya, bisa dilakukan oleh setiap warga negara dari berbagai latar belakang profesi: mulai dari petani, buruh, profesional sampai dengan pedagang, yang bisa diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari sesuai peran dan profesi warganegara, kata Hartind.

Prestasi bidang olahraga, militer, non militer, prestasi bidang pendidikan dan kebudayaan dan pengabdians esuaiprofesi (Guru, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, Peg Negeri/BUMN/BUMS, Pilot, Pramugari, Artis, dll) merupakan sikap bela negara katanya.


Pertemuan sangat menginspirasi para dosen Universitas Proklamasi 45 yang memenuhi ruang seminar. Respon dari para dosen positif, terbukti banyak yang bertanya tentang kondisi Indonesia pada saat ini. Pemaparan resmi dari Kementerian Pertahanan Republik Indonesia membuat para dosen terinspirasi untuk semakin bersemangat menjaga dan membangun NKRI.
Post a Comment
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top