PEMBAHASAN VISI DAN MISI FAKULTAS PSIKOLOGI UP45

Diposkan oleh Label: di


RAPAT PERBAIKAN KURIKULUM


Arundati Shinta
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta


Pada 15 Januari 2018 pukul 10.00-12.00, Fakultas Psikologi UP45 telah menggelar rapat. Rapat ini penting karena berdasarkan temuan pada visitasi Prodi Psikologi pada awal Oktober 2017 yang lalu, salah satu sarannya adalah pembenahan visi fakultas dan prodi agar selaras. Rapat yang dihadiri oleh para dosen Psikologi UP45 itu sebenarnya merupakan rangkaian pembenahan kurikulum Prodi Psikologi UP45. Salah satu kegiatan pembenahan kurikulum adalah peninjauan kembali visi dan misi Fakultas Psikologi UP45. Adapun dosen yang hadir adalah: Dra. Muslimah Zahro Romas, M.Si. (dekan), Eny Rohyati, S.Psi., M.Psi. (Kabag. Laboratorium Psikologi), Dewi Kapliani, S.Psi., M.Psi., (staff pengembangan mahasiswa baru), dan A. Shinta (Kaprodi).


Berikut adalah beberapa keputusannya:

Visi Fakultas Psikologi adalah:
Menjadi pusat unggulan pengembangan iptek dan tenaga ahli dalam bidang psikologi yang berfokus pada pengembangan masyarakat untuk menunjang pengembangan energi dengan semangat kejuangan eksponen Angkatan 45 pada tahun 2022.

 Misi Fakultas Psikologi adalah:
1.    Mengembangkan sarjana yang unggul yang berdasarkan pada pemberdayaan masyarakat untuk menunjang pengembangan energi.
2.    Mengembangkan penelitian di bidang psikologi yang berfokus pada masyarakat untuk menunjang pengembangan energi.
3.    Mengembangkan kegiatan pengabdian masyarakat yang berfokus pada masyarakat untuk menunjang pengembangan energi.

Beberap pelajaran yang harus ditinjau kembali adalah:
  1. Psikofenomenologi adalah pelajaran yang akan dihilangkan. Alasannya adalah kurang sesuai dengan visi dan misi Fakultas Psikologi UP45. Selain itu, sudah lebih dari 3 tahun, pelajaran tersebut kurang peminatnya.

  1. Psikologi Kependudukan adalah pelajaran yang akan dihilangkan. Alasannya adalah pelajran tersebut sudah lebih dari 5 tahun kurang peminatnya.

  1. Psikologi Kelompok diubah namanya meniadi Dinamika Kelompok. Alasannya adalah Dinamika Kelompok lebih mengacu pada proses perubahan yang terjadi pada para anggota kelompok. Psikologi Kelompok sebaliknya, lebih mengacu pada pikiran dan pola perilaku individu yang menjadi anggota kelompok. Jadi Dinamika Kelompok dirasakan lebih sesuai dengan pembahasan yang lebih aktual pada masa sekarang.

  1. Psikologi Kepemimpinan adalah pelajaran yang harus ditambahkan. Alasannya adalah UP45 mendorong para lulusannya untuk mampu menjadi pemimpin di tempat lulusan itu berkarya. Salah satu syarat menjadi pemimpin adalah menajdi suri-tauladan. Hal ini sesuai dengan kata-kata yang ada pada visi Fakultas Psikologi yaitu Angkatan 45. Angkatan 45 itu adalah genrasi unggul yang tutur kata-katanya dan perilakunya selalu menajdi panutan bagi generasi sesudahnya.

  1. Psikologi Paud adalah pelajaran yang harus ditambahkan. Alasannya adalah berdsarkan pengamatan mulai tahun 2014/2015, mahasiswa Psikologi banyak yang bekerja menjadi guru PAUD. Setelah lulus, kemungkinannya mereka kembali menajdi guru PAUD yang lebih handal. Untuk memerkuat pengetahaun dan ketrampilan guru PAUD serta menarik semakin banyak calon mahasiswa baru, maka perlu disusun mata kuliah baru yaitu Psikologi PAUD.

  1. Psikologi Komunitas adalah pelajaran yang harus ditambahkan. Alasannya adalah salah satu misi Fakultas Psikologi adalah tercantumnya kata-kata pemberdayaan masayrakat. Jadi, mata kuliah Psikologi Komunitas adalah terjemahan dari misi Fakultas Psikologi.

  1. Art theraphy (psikologi gambar untuk anak-anak) adalah pelajaran baru yang juga perlu ditambahkan. Alasannya adalah hasil dari monitoring mulai tahun ajaran 2014/2015, mayoritas mahasiswa Psikologi UP45 adalah guru PAUD. Mereka sering merasa kesulitan dalam mengelola murid-muridnya. Adanya ketrampilan dalam bidang art theraphy khusus untuk anak-anak, akan semakin membuat lulusan Psikologi UP45 menjadi lebih percaya diri dalam menghadapi anak-anak yang sulit diatur tersebut.

Rapat pengembangan kurikulum ini akan terus dilangsungkan sebagai upaya pembenahan kurikulum, agar lulusannya menjadi unggul dan selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Semoga rapat-rapat berikutnya berlangsung dengan lancar.
Post a Comment
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top