BAHASA MANDARIN SEBAGAI JIAODIAN DE SHI? WEISHENME BUSHI DE?

Diposkan oleh Label: di
Ratna Kanyaka Budi Utami
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

foto : istimewa


Bahasa Mandarin dewasa ini sudah menjadi salah satu dari sekian bahasa asing yang penting untuk digunakan. Perekonomian negara Cina yang semakin maju pesat menuntut kita untuk paling tidak mengerti dan memahami, apa korelasinya? Banyak para investor dari Cina yang menanamkan modal di berbagai wilayah ekonomi lainnya, khususnya Indonesia. Banyak perusahaan Cina berdiri dan berkembang pesat, dan inilah yang menjadi faktor utama mengapa Bahasa Mandarin menjadi bahasa yang penting dan mendunia. Tenaga kerja lokal dituntut untuk memahami bahasa Mandarin.
Pada dasarnya, faktor perekonomian inilah yang sangat mendukung bahasa Mandarin untuk dijadikan juga sebagai bahasa utama selain bahasa Inggris. bahasa Mandarin kini juga sudah digunakan sebagai pengantar di PBB selain Perancis, Arab, Rusia, dan Spanyol. Bahasa Mandarin memang terkenal sulit dan susah dipahami namun semua hal bisa teratasi jika mindset kita diubah bahwa bahasa Mandarin itu mudah disertai dengan kemauan dan niat yang besar. Mempelajari dan memahami suatu bahasa memang tidak bisa teoritis saja, kita juga didorong untuk praktek secara langsung. Selain penting digunakan pada bidang akademik dan pekerjaan, bahasa juga bisa dijadikan sebagai passion booster. Bahasa asing khususnya Mandarin bisa dijadikan hobi dan dari hobi inilah melekat pada diri kita dan timbul passion kita yang terfokus pada bahasa. Bahasa Mandarin merupakan bahasa yang unik karena memiliki beberapa intonasi yang berbeda-beda sehingga dalam pengucapannya pun mempunyai arti yang berbeda. Passion dalam bahasa menciptakan hal positif untuk diri kita sendiri dan orang lain, dengan belajar bahasa maka kita bisa menjadikannya sebagai keuntungan. Kita bisa menjadi guide, tutor¸editor atau translator .
Penggunaan bahasa Mandarin di Indonesia masih berada pada tahap bisnis saja dan belum menyeluruh di tahap sosial bahkan media sosial contohnya, seperti berita dan Koran yang menggunakan bahasa Mandarin, hanya ada salah satu program tv yaitu berita yang menggunakan bahasa Mandarin. Bahasa memiliki peran yang sangat kuat karena bahasa adalah alat penyambung komunikasi. Jadi, tidak ada salahnya jika kita memiliki passion dan kemauan untuk mendalami bahasa asing.
Post a Comment
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top