INDAHNYA KOTA JOGJAKU

Diposkan oleh Label: di

Ratna Kanyaka Budi Utami
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Candi di Ngobaran-GK (Foto : snowlife-elisa.blogspot.com)
Wisata Jogjakarta terdengar begitu indah dan menyenangkan. Jogjakarta memiliki banyak objek wisata yang patut dibanggakan dan tentunya dilestarikan. Berbagai jenis objek wisata di kota pelajar ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Objek wisata di Jogjakarta sudah seharusnya lebih diperhatikan oleh pemerintah tetapi tidak selalu pemerintah yang dituntut. Warga masyarakat sekitar dan warga Jogja juga harus ikut merawat.
Jika kita memperhatikan objek wisata di kota yang berhati nyaman ini masih ada beberapa diantaranya yang kondisinya kurang baik. Hal ini bisa dilihat dari kebersihan, kelayakan sarana dan prasarana, dan kenyamanan tempat itu. Lantas bagaimana jika wisatawan mancanegara atau pengunjung dari luar kota melihat kondisi objek wisata kita seperti ini?
Banyak hal yang perlu kita sadari bahwa objek wisata yang memiliki kondisi memprihatinkan dapat mempengaruhi image kota ini. Kepedulian warga terhadap objek wisata ini dinilai kurang dan kemungkinan dianggap tidak memiliki nilai estetika tinggi terhadap objek wisata yang indah.
Wisatawan yang berasal dari berbagai macam negara tidak sedikit yang menjelajahi objek wisata yang ada di Jogjakarta. Tingkat pengunjung meningkat ketika musim liburan tiba. Jogja merupakan kota yang multi-estetika, tidak hanya disebut sebagai kota pelajar tetapi juga kota pariwisata.
Berbagai sudut kota Jogjakarta seperti terkat oleh suatu keindahan dan tertoreh nilai sejarah yang tidak aka nada habisnya. Semakin kita membanggakan hal ini maka akan semakin tinggi pula nilai-nilai kebudayaan yang melekat di kota Gudeg ini. Beberapa candi di Jogja memiliki nilai budaya dan sejarah yang tidak bisa dihilangkan lagi. Candi di kota Jogja sudah terkenal.
Jogja memiliki beberapa kabupaten yang tidak kalah indahnya, seperti kabupaten Sleman, kabupaten Bantul, kabupaten Kulonprogo, kabupaten Gunung Kidul memiliki keragaman objek wisata yang indah. Seperti contoh di kabupaten Gunung Kidul sedang marak-maraknya objek wisata yang bisa disebut baru ditemukan, tempat-tempat baru di Gunung Kidul menarik perhatian warga Jogja lainnya untuk berbondong-bondong mengunjungi dan menikmati tempat-tempat wisata yang lain dan tidak kalah menarik dengan lainnya.
Tidak perlu diragukan lagi pesona keindahan objek wisata di kota ini, masalah kondisi dan keadaannya harus diperhatikan, kita harus mencari solusi dan cara untuk memperbaiki objek wisata Jogjakarta yang perlu diperbaiki dan dirombak. Perilaku para pengunjung juga perlu diperhatikan karena hal ini adalah dasar dari pembentukkan perilaku yang berguna untuk lingkungan sosial, apabila diri kita sendiri yang tidak bisa mengurangi kebiasaan-kebiasaan buruk seperti ; membuang sampah sembarangan, meludah di sembarang tempat, mencoret-coret sarana dan prasarana, dan menggunakan fasilitas yang ada dengan sebaik mungkin maka perwujudan hal yang besar dirasa akan sulit untuk direalisasikan.
Pentingnya menjaga objek wisata yang terdapat di kota ini adalah melestarikan kebudayaan  yang telah dirawat dari dulu, mempertahankan nilai keindahan dan budaya kota Jogja, menambah jumlah pendapatan kota Jogja, menunjukkan ke masyarakat luar kota atau mancanegara bahwa kota Jogja adalah kota yang pantas dan recommended untuk didatangi.  
Cara yang tepat bila ingin mengenalkan objek wisata ini adalah dengan terlebih dahulu memiliki kebanggaan akan keindahan objek wisata Jogja, dari rasa bangga ini akan wujud rasa peduli dan perhatian yang nantinya mendatangkan manfaat bagi diri sendiri dan lingkungan masyarakat. selain itu pengetahuan yang cukup mengenai objek-objek wisata yang ada di Jogjakarta.

2 comments:

  1. Ketika mengunjungi tempat-tempat kumuh di Yogyakarta (apa Jogjakarta?) seperti di Pasar Beringharjo (bagian penjualan daging, ikan) rasanya saya mau muntah. Sebagai salah satu penduduk Yogyakarta, saya bingung caranya memunculkan rasa bangga bila pasar Beringharjo seperti itu. Mungkin ada baiknya diadakan lomba kebersihan antar pasar. Ini penting lho untuk menata pasar Beringharjo sebagai salah satu tujuan wisata. Setuju mbak Ratna?

    ReplyDelete
  2. INFORMASINYA yang di berikan sangat BAGUS dan MENARIK untuk PEMBACANYA.

    Semoga SUKSES selalu dan semakin MAJU.

    087 860 534 593 (XL)

    0274 743 4961 (Flexi)

    http://homestayyogyakarta.com/

    ReplyDelete
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top