HARGA BBM 2013 TIDAK NAIK

Diposkan oleh Label: di
Toni Isbandi



Menteri ESDM, Jero Wajik mengatakan bahwa ‘BBM pada tahun 2013 ini tidak akan di naikan”. Pernyataan ini tentu saja melegakan banyak pihak, meskipun para penegak hukum harus lebih cermat dalam mengatasi penimbunan, penyalagunaan dan penyelundupan BBM tersebut. Dan yang lebih pusing lagi adalah Menteri Keuangan, yang menyarankan untuk tahun 2013 harus ada penyesuaian harga BBM, karena apabila tidak dilakukan akan mengganggu keseimbangan anggaran pada 2014. Pernyataan ini dilanjutkan dengan analisa kebutuhan BBM 2012 yang akan meningkat sampai 45 juta kilo liter. Prediksi Menkeu ini terbukti dengan terjadinya peningkatkan kebutuhan BBM dari 40 juta kiloliter menjadi 44,5 juta liter.
Memang pemerintah sudah sejak lama merencanakan penyesuaian  harga/pengurangan subsidi dibidang energy ini. Hal ini terlihat jelas dalam gambaran penghapusan subsidi premium yang akan dimulai tahun 2012 ini, dan akan mencapai subsidi 0% pada tahun 2016. 
Sumber : ESDM


Dari ilustrasi di atas cukup jelas bahwa pada tahun 2016 masyarakat Indonesia akan membeli BBM dengan standar harga yang ditetapkan berpatokan pada harga pasar internasional. Alhamdulillah ilustrasi penyesuaian harga/pengurangan subsidi dibidang energy ini tidak jadi dilaksanakan sehingga mampu mengurangi beban hidup para masyarakat Indonesia menengah ke bawah semakin sulit. Karena banyak pihak belum waktunya BBM dinaikan karena masih banyak inefisiensi yang harus dilakukan oleh pemerintah termasuk menggalakan produksi dan penggunaan energy alternative, dimana Indonesia mampu memproduksi dengan melibatkan masyarakat pedesaaan dengan mengoptimalkan lahan yang kurang produktif.

Meskipun penghapusan subsidi BBM ini mampu menghemat anggaran Negara sampai Rp 319,7 triliun atau 19 % dan anggaran ini bisa digunakan untuk membangun infrastruktur seperti jalan dan lain-lain. Namun dari beberapa pembangunan infastruktur seperti wisma atlet di Palembang dan proyek Hambalang, sepertinya pemerintah Indonesia belum siap membangun infatruktur lainnya karena sarat dengan praktek korupsi. Untuk itu tidak menaikan harga BBM merupakan keputusan yang baik karena bisa dinikmati oleh semua masyarakat baik kalangan bawah, menengah maupun atas.

2 comments:

  1. Pak Toni Isbandi ini meramalkan harga BBM tidak naik? Memang Pak Toni ini kenal dengan menteri ESDM atau direktur Pertamina?

    ReplyDelete
  2. nggak kenal, pak menteri ESDM sudah mengumumkan bahwa pada tahun 2013 dijamin tidak naik. mungkin sudah kapok didemo terus....

    ReplyDelete
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top