PELUANG DI TAHUN BARU

Diposkan oleh Label: di

Oleh: Nurul Istiyani
Mahasiswa Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Tahun baru biasanya semua orang merayakannya dengan bersenang-senang. Kebanyakan dari mereka berlomba untuk menghabiskan uang dengan cara yang berbeda-beda. Hal ini mereka lakukan untuk mencapai kepuasan pada diri mereka. Kebanyakan dari mereka menghabiskan uang dengan mengadakan pesta, berwisata ke tempat wisata, pergi ke club-club malam, dan sebagainya. Bagaimana dengan kita? Apakah harus melakukan hal yang sama? Beranikah kita untuk berbeda?
Kebiasaan mereka yang selalu mereka lakukan dari tahun ke tahun dapat menjadikan peluang besar bagi kita. Mereka yang biasa denganberfoya-foya ditahun baru mari kita bekerja ditahun baru ini. Disaat mereka lengah dengan kesenangan mereka kita dapat mengambil keuntungan dari hal tersebut.  moment seperti ini dimanfaatkan oleh para pedagang, hotel, club-club malam , tempat wisata untuk mencari keuntungan yang besar. Hal yang kecil dan mnghasilkan rejeki yang berlimpah pun dilakukan oleh warga Wonogiri. Menjelang tahun baru mereka semua migrasi kekota. Yang mereka lakukan bukanlah untuk bersenang-senang melainkan untuk mengais rejeki. Mereka menyulap bilah bambu kecil yang dikombinasikan dengan kertas bekas menjadi sebuah terompet yang laku dipasaran menjelang tahun baru dan di tahun baru.
Terompet ini bisa dibuat beraneka ragam bentuk. Bentuk-bentuk terompet yang dihasilkan antara lain: terompet bentuk saxophine, naga, ayam jago, kupu,corong,terompet gas, dan lain-lain. Suara yang dihasilkan dari bentuk teriompet yang satu dengan yang lainpun berbeda. Semakin rumit bentuk terompet maka semakin tinggi pula harga jualnya. Dengan kreativitas mereka dapat menghasilkan rejeki yang dapat menghidupi mereka 3-6 bulan yang akan datang. 
 Banyak kita temui pedagang terompet dimanapun pasti jika ditanya mereka adalah orang aslai wonogiri. Hanya beberapa dari mereka yang bukan warga wonogiri tetapi mereka hanya dapat menjual terompet saja tanpa bisa membuatnya. Resep terompet ini memanglah sangat rahasia dan khas sehingga dapat menjadi salah satu ciri khas dari sebuah wilayah. Bagaimanakah dengan kita mari kita renumgkam sesuatu baru apa yang dapat kita hasilkan di tahun baru dan mendatangkan rejeki di setiap tamenjelang tahun baru seperti para warga wonogiri ini.
Post a Comment
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top