AYU MENDAMBAKAN KASIH SAYANG ORANGTUA

Diposkan oleh Label: di


Satri Nirmala
Fakultas Psikologi

Kebutuhan kasih sayang untuk seorang anak (Foto : Elisa)
Terdapat banyak perasaan atau emosi yang dapat dirasakan oleh seseorang, diantaranya perasaan senang, perasaan sedih, perasaan terharu, persaan kecewa dan masih banyak lagi. Namun atas dasar aktivitasnya, tingkah laku emosional dapat dibagi menjadi 4 macam, yaitu marah, takut, cinta dan depresi.
Keempat respons emosinoal di atas tiga diantaranya terdapat pada anak-anak (Mahmud, 1990, dalam Sobur, 2003). Kesempatan kali ini akan menceritakan tentang emosi atau perasaan senang. Ayu Dwi Mawarti, akrab disapa Ayu. Kini usianya 14 tahun yang memiliki emosi senang.
Ayu pertamakali kurang merasa senang karena setiap menginginkan sesuatu selalu ditunda-tunda oleh orangtua. Jarak kelahiran antara si kakak dan Ayu cukup jauh, selisih 7 tahun. Ketika Si Kakak duduk di bangku SMA, Ayu dibangku SD. Efeknya orangtua lebih mendahulukan kebutuhan si kakak dibandingkan kebutuhan adik. Perlakuan semacam ini yang menyebabkan Ayu cemburu terhadap Si Kakak. Ayu mengira orangtua lebih sayang Si Kakak.

Sekarang Ayu sudah duduk di bangku SMP dan Kakak sudah bekerja. Karena itulah adik sekarang merasa senang karena dia merasakan diperhatikan lagi dan apapun yang dia minta akan dipenuhi oleh orangtua, karena Si Kakak sudah mampu menghidupinya sendiri lewat pekerjaannya.
Tak semudah membalikan tangan untuk mendapatkan hal yang didapatkan. Begitu juga dengan Ayu. Mendapatkan sesuatu yang di inginkan agar dia merasa senang maka dia harus belajar dengan rajin agar nilai atau rangkingnya bagus. Nilai bagus akan mendorong ayah dan ibu bangga dengan apa yang sudah diraih oleh Ayu dan akan memenuhi keinginannya. Kebutuhan ingin dihargai sebagai orang tua akan terpenuhi dan kebutuhan dimiliki dan dicintai sebagai adik juga akan terpenuhi. Karena pada dasarnya Tuhan telah menciptakan makhluknya sedemikian rupa, sehingga sudah merupakan hukum alam bahwa anak-anak membutuhkan dan selalu mendambakan cinta kasih orang tua (Maslow, 1965, dalam Sunarto, 1985, dalam Sobur, 2003).

Daftar Pustaka
Sobur, A.(2003), Psikologi umum, Bandung: Pustaka Setia.
Back to Top