NILAI SEKOLAH BAGUS MEMUNCULKAN EMOSI SENANG IBU

Diposkan oleh Label: di


Sinta Mayasari
Fakultas Psikologi

Prestasi di dapatkan secara kerja keras(Foto : Elisa)
Perasaan senang dimiliki oleh setiap orang. Oleh karena itu pembicaraan tentang perasaan senang tidak pernah lepas dari unsur manusia. Beberapa pendapat tentang perasaan yang dikemukakan oleh para ahli sepakat bahwa perasaan itu diartikan sebagai keadaan yang dirasakan dalam diri seseorang. (Yusuf, dkk, 2011)
Sebagai salah satu contoh, Ibu merasa sedih ketika buah hati mendapat masalah, sebaliknya, ibu akan merasakan senang apabila buah hatinya memperoleh keberhasilan. Baik itu kebahagiaan berupa nilai IPK 4 maupun bentuk lain.
Perasaan senang itu penting dibahas dalam kesehatan. Perasaan yang dimiliki oleh ibu merupakan kebutuhan rasa aman, karena ketika anak-anaknya memperoleh keberhasilan ibu merasa senang. Menandakan bahwa tidak terjadi masalah di  sekolahnya. Perasaan yang dimiliki merupakan perasaan aman dengan tidak ada beban yang membuat terjadinya perasaan sedih ketika melihat anak-anaknya memperoleh keberhasilan. Ibu memperoleh emosi senang atas stimulus yang ditimbulkan dari emosi anaknya. Ketika buah hatinya mendapat kebahagiaan kemudian stimulus terespons.
Saya mengaplikasikan jika orang-orang terdekat senang, ibu juga akan merasa senang. Ketika itu saya mendapat nilai ujian SD yang pas-pasan untuk melanjutkan sekolah ke SMP. Saya menangis ketika ditanya ibu, dan ibupun ikut menangis mendengar nilai saya buruk, padahal Saya mempunyai keinginan untuk melanjutkan ke sekolahan favorit. Akhirnya masuk SMP yang pas-pasan. Sekolah Menengah Pertama inilah Saya termasuk paling pintar di kelas dan selalu mendapat ringking 5 besar. Ibu bangga dan merasa senang dengan peringkat-peringkat saya. Setelah itu saya melanjutkan ke salah satu SMA negeri favorit dan di sekolahan itu saya mendapat beasiswa. Ibu sangat senang dengan prestasi-prestasi yang telah diraih.

Usaha emosi senang yang dirasakan ibu bertahanlama, saya harus untuk mencapai suatu keberhasilan dengan upaya usaha kerja keras, seperti memberi contoh kepada adik-adik agar meniru keberhasilan saya, termasuk dalam prestasi. Tidak hanya itu, mempertahankan prestasi-prestasi juga sangat penting. Tentu saja dengan cara belajar dan rendah hati. Hal-hal seperti itu, maka perasaan senang pada ibu akan terus berlangsung.

Daftar Pustaka
Yusuf, M., Khusaeri, A., Ulfah, U., Oktaviana, A., Aisah, St. (2011). Tugas Makalah psikologi Umum (Perasaan Dan Emosi). Retrieved from

Back to Top