DO YOU HAVE A DREAM???

Diposkan oleh Label: di


Ahmad Yani
Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Beranilah Bermimpi (Foto : Elisa)
Dalam suatu seminar di UPN Veteran Yogyakarta yang membahas tentang potential is your brand seorang penyaji dengan logat unik dan menarik  mengatakan ‘’do you have a dream???’’ apakah anda punya mimpi?? Mungkin sangat mengherankan ketika seseorang menanyakan hal tersebut kepada kita, mengapa demikian ?? karena kecenderungan seseorang menganggap mimpi hanyalah hal biasa dan tak ada gunanya. Namun kita bisa mengingat ungkapan dari beberapa ilmuan yang membangun kehidupanya dengan mimpi hidup berawal dari mimpi. Namun dari ungkapan tersebut seseorang tidak hanya  bermimpi namun juga harus bisa mewujudkan mimpinya.
            Kiranya cukup mewakili pembahasan dalam kajian tulisan ini bukan berarti orang yang punya mimpi hidupnya dijamin sukses karena terkadang orang yang mempunyai mimpi besar justru akan termakan mimpinya sendiri. Karena di samping kita memimpikan sesuatu yang besar kita harus mempertimbangkan dengan skill dan potensi yang miliki. Bagaimana caranya?? Sudah tentu dengan melatih dan mengasah kemampuan kita serta belajar menghargai waktu.  Hal-hal seperti inilah yang membuat seseorang takut memimpikan sesuatu yang besar karena butuh proses dan usaha yang cukup besar pula untuk mewujudkanya. Namun setidaknya seseorang yang mempunyai mimpi besar untuk menjadi orang besar dan terbaca di lingkungan sekitarnya akan melakukan usaha semaksimal mungkin, jadi tidak ada selahnya  jika di katakan jangan takut bermimpi karena dari proses mimpi itulah kita bisa melihat gambaran kecil dari wajah masa depan kita yang akan dituju.
            Suatu gambaran sederhana seorang anak pesisir dari desa yang lingkungan hidupnya hanya di kelilingi lautan dan sawah. Namun mimpi anak besar, ingin menjadi dosen di perguruan tinggi terkemuka di dunia. Apakah anak tersebut hanya bermimpi?? Tidak. Berkat usahanya serta kegigihanya dia berusaha untuk menggapai mimpinya itu, dia yakin dirinya bukan korban tradisi siapapun dimanapun kalau ada keinginan pasti segala sesuatunya bisa tercapai.

            Dari kisah anak tersebut memberi pelajaran bagi kita bahwa hidup ini semestinya harus di perjuangkan jangan takut bermimpi menjadi orang besar  Karena setiap pribadi dari masing-masing kita semua mempunyai hak untuk menjadi yang terbaik. Jika kita ditanya oleh seseorang apakah kamu punya mimpi?? dengan tegas kita harus menjawab iya saya mempunyai mimpi yang sangat besar dan saya harus berusaha semaksimal mungkin untuk mewujudkanya.
            Kebanyakan dari kaum masyrakat yang kurang faham mengenai arti sebuah kegagalan mereka cenderung frustasi dalam proses mewujudkan mimpi besarnya, seolah-olah hidup ini sudah berakhir cukup sampai di sini. Terbukti, beberapa bulan yang lalu seorang warga masyarakat di Madura yang memimpikan dirinya menjadi seorang kepala desa (kalebun) namun sayang keberuntungan belum memihak kapadanya, meskipun dengan modal yang sangat besar, pengorbanan waktu, tenaga serta pemikiran yang di luangkan untuk mewujudkan mimpinya tersebut. Menjelang beberapa bulan kemudian orang tersebut di kabarkan stress, gila karena tidak kuat menahan beban yang terlalu  berat. Dia berfikir seolah-olah tujuan hidup ini hanyalah menjadi seorang kepala desa, padahal seandainya dia berfikir bahwa dunia ini masih luas dan banyak kesempatan-kesempatan yang  menjanjikan dalam hidup ini bukan hanya sebagai kepala desa. Kita boleh gagal karena dalam proses kegagalan tersebut kita bisa berhati-hati dalam melakukan sesuatu. Ingat Orang yang sering gagal di masa kecilnya akan hebat di masa tuanya.
            Kegagalan seseorang menjadi tolak ukur keberhasilan seseorang, semakin banyak orang tersebut gagal dalam mengupayakan mimpi besarnya semakin tangguh juga pemikiran serta sikapnya. Dari kegagalan itulah kita bisa mengoreksi apa kekurangan kita sehingga kita bisa memperbaiki. Jadi ditegaskan kembali jangan pernah takut memimpikan sesuatu yang besar, karena seseorang yang mempunyai mimpi besar akan berhati-hati dalam mewujudkanya. Good luck.
           
Post a Comment
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top