WANITA SUKSES BERKARIR ENGGAN BERKOMITMEN

Diposkan oleh Label: di


Ratna Kanyaka Budi Utami
Fakultas Psikologi
 Universitas Proklamasi Yogyakarta

Wanita karir (Foto : Elisa)
Sukses berkarir adalah salah satu impian setiap wanita. Kesempatan wanita untuk meraih jenjang karir yang lebih tinggi sangat luas. Pada usia di atas 24 tahun, wanita di era modern seperti sekarang sangat mengedepankan karir yang cemerlang. Hal ini menjadi salah satu alasan para wanita untuk menunda menikah. Seperti yang dikatakan oleh Sugiartoputri dalam fimela.com bahwa wanita sukses dalam berkarir  cenderung enggan berkomitmen dalam suatu hubungan asmara. Menikah pada usia muda bukan pilihan yang tepat untuk mereka. Fokus pada karir dan menciptakan kehidupan yang mapan adalah tujuan wanita karir saat ini.
Pada saat ini menikah di usia 24-26 tahun sering dianggap menikah usia muda.  Hal tersebut dilandasi banyaknya kesempatan dan peluang yang bisa dijalani oleh wanita untuk mengembangkan karir dan pendidikan mereka. Cara berpikir yang lebih modern menjadikan wanita tidak ingin cepat-cepat memutuskan untuk mengarungi bahtera rumah tangga. Seperti yang dilansir Huffington Post (dalam merdeka.com) salah satu penyebab wanita enggan berkomitmen adalah karir, mereka berdedikasi tinggi pada pekerjaan dan ingin menggapai karir.

Wanita karir cenderung mandiri dan tough sehingga pasangan bukan hal yang begitu penting, mereka merasa bisa melakukan apa saja sendirian dan tidak begitu membutuhkan teman hidup. Sisi kemandirian seorang wanita membuat dirinya merasa bebas dan nyaman untuk menyediakan waktu untuk dirinya sendiri. Wanita karir masih ingin bebas dan tidak mau hidupnya terbatas karena kehadiran seorang suami, jadi mereka lebih memilih hidup melajang asal segala cita-citanya tercapai.
Secara umum wanita yang sukses berkarir berpikir bahwa menikah akan menghambat jenjang karir mereka. Bagi mereka, kehidupan dalam berumah tangga akan membatasi kesempatan karir mereka sehingga hal ini menyebabkan wanita karir enggan berkomitmen serius dalam kehidupan romansanya.
Status atau strata sosial-ekonomi sering menjadi masalah bagi wanita karir lajang di kota-kota besar seperti Jakarta. Tidak sedikit kaum perempuan pekerja kantoran menduduki posisi tinggi, sebagai eksekutif perusahaan atau pimpinan instansi pemerintah ketika statusnya masih gadis, dengan demikian pendapatan dan kesejahteraan hidupnya cenderung di atas rata-rata. Belum lagi tingkat pendidikannya yang tinggi, jenjang S2 atau S3 (Purwanto, 2010.). Bagi wanita karir, kemapanan pria pada karirnya diharapkan setara bahkan melebihi pihak wanita. Persyaratan ini yang terkadang membuat para pria minder sehingga jarang mendekati wanita yang sudah sukses berkarir.
Namun, jangan khawatir, tidak semua wanita karir berpikir seperti itu. Semua adalah pilihan, yang paling penting bisa mempertimbangkan dengan segala konsekuensinya. Jika memang merasa siap dengan menikah muda dan tetap ingin berkarir maka dikomunikasikan terlebih dahulu dengan pasangan.

Daftar Pustaka
Kompas.com (2013). 7 Alasan Mengapa Wanita Enggan Menikah. Retrieved on 25 October, 2013 from http://forum.kompas.com/perempuan/233576-7-alasan-mengapa-wanita-enggan-menikah.html
Merdeka.com (2013). Alasan Wanita Enggan Menikah. Retrieved on 25 October, 2013 from http://m.merdeka.com/gaya/alasan-wanita-enggan-menikah.html

Purwanto, D.J (2010). Mengapa Wanita Karir Sulit Menikah? . Retrieved on 25 October, 2013 from http://lifestyle.kompasiana.com/urban/2010/05/31/mengapa-wanita-karir-sulit-menikah-153906.html

Sugiartoputri, S. (2013). Sukses Membuat Perempuan Enggan Berkomitmen. Retrieved on 25 October, 2013 from http://www.fimela.com/read/2013/10/21/sukses-membuat-perempuan-enggan-berkomitmen?page=0,3
Post a Comment
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top