KOMBINASI MAKANAN YANG TIDAK MENGUNTUNGKAN BAGI TUBUH

Diposkan oleh Label: di


Oleh Ratna Kanyaka Budi Utami
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Kalau berbicara tentang makanan, rasanya tidak perlu lagi memikirkan kombinasi tiap menunya apalagi jika sudah kelaparan. Makanan apapun yang terlihat lezat dan menggoda pasti langsung disantap. Apapun jenis makanannya yang penting perut terasa kenyang. Jarang sekali tiap orang menerapkan think before eat (Jane, 2013). Hal ini khususnya untuk anak muda yang gemar berkuliner.
Pola makan sehat menjadi hal yang sangat sulit bila tidak dibiasakan. Beberapa orang beranggapan menerapkan pola makan yang sehat perlu kocek yang banyak. Tentu saja hal tersebut menjadi alasan untuk terus menikmati pola makan yang asal-asalan. Jane (2013) menyatakan, banyak dari kita yang tidak sadar kalau kombinasi menu makanan yang kita konsumsi bisa merusak kesehatan.
Dalam artikelnya, Jane (2013) memberikan beberapa contoh kombinasi makanan enak yang justru bisa mengacaukan kesehatan tubuh kita.  Roti dan selai strawberry merupakan kombinasi makanan yang sudah sangat umum dikonsumsi untuk sarapan. Kandungan kedua makanan tersebut ternyata tidak pas untuk tubuh. Sarapan pagi dengan sedikit protein dan lemak akan menyebabkan overeating. Sebaiknya, ganti selai strawberry dengan selai kacang yang mengandung lemak dan protein tinggi.
Menu yang lain yaitu pizza dengan toping daging. Pizza dengan toping daging justru bisa menyebabkan penyakit jantung karena mengandung banyak kalori, lemak jenuh dan natrium (Allison, dalam Jane 2013). Solusinya, pilihlah pizza dengan toping sayuran. Contoh kombinasi makanan yang buruk lainnya adalah burger dan French fries. Padahal, kedua menu ini sangat lezat dan diminati banyak penggemar junkfood. Menurut dr. J. Shah medical director dari New York (dalam Jane, 2013), burger terdapat pengawet dan lemak. Pada kentang terdapat kandungan gula, dan bila makanan ini disatukan maka akan meluruhkan sitokin dalam tubuh. Sitokin berfungsi untuk menurunkan dan menaikkan sistem imun tubuh. Kombinasi ini akan menyebabkan metabolism kita terganggu.
Jadi, seperti apa kombinasi makanan yang menyehatkan bagi tubuh? Kombinasi menu makan yang sehat adalah yang keduanya memiliki kandungan yang serasi. Contohnya sebagai berikut; protein dan lemak seperti daging dengan kacang-kacangan, lalu pati dan lemak seperti roti gandum dan selai kacang, lemak dan asam seperti kacang-kacangan dan buah rasa asam, gula dan asam seperti buah asam dan buah manis (mangga dan strawberry), pati dan pati seperti nasi dan perkedel kentang, terakhir yaitu protein nabati dan protein nabati seperti nasi merah dan tempe (Gunawan, 2013; Lebang, 2013).

Daftar pustaka
Jane, D. (2013). Baca! 5 kombinasi makanan enak yang membahayakan. Retrieved on December 22, 2013 from http://www.fimela.com/read/2013/12/16/baca-5-kombinasi-makanan-enak-yang-membahayakan/page/0/5
Lebang, E. (2013). About food combining 03. Retrieved on December 22, 2013 from http://www.erykar.com/about-foodcombining-03/
Gunawan, W.A (2013). Food combining: Kombinasi makanan serasi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. 
Post a Comment
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top