MAKRAB FAKULTAS HUKUM UP 45

Diposkan oleh Label: di


Sulfi Amalia
Fakultas Hukum
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama bahwa ‘Makrab’ merupakan Malam Keakraban. Makrab tersebut merupakan salah satu sarana bagi para mahasiswa untuk bisa lebih dekat, saling mengenal, dan saling akrab. Biasanya, kegiatan makrab ini dilakukan per fakultas. Namun, ada juga yang diadakan secara gabungan dengan fakultas lain. Untuk Fakultas Hukum di Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta, mereka mengadakan kegiatan makrab pada tanggal 1-2 Desember 2013 di Kaliurang. Tempat yang di tuju adalah Villa Omah Jawi Kaliurang. Segala sesuatu yang dibutuhkan pada kegiatan makrab tersebut telah dipersiapakan sebaik mungkin oleh seluruh panitia makrab tersebut.
Pada tanggal 1 Desember 2013, tepatnya pukul 12.00 WIB, seluruh Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta berkumpul di Kampus UP 45. Pada saat berkumpul, segenap panitia menghimbau kepada seluruh peserta makrab untuk memeriksa kembali barang bawaan, dikhawatirkan masih ada barang-barang yang masih ketinggalan. Sebelum berangkat, panitia mengabsen seluruh peserta makrab untuk memastikan jumlah peserta yang mengikuti makrab tersebut. Setelah di absen, ternyata ada 22 peserta yang hadir. Adapun 22 peserta tersebut adalah Dading, Dian, Icha, Ayat, Yosi, Sisil, Gesang, Kiki, Sopek, Fadil, Usman, Novan, Nindy, Tiar, Budi, Dodi, Zainal, Adi, Cheche, Sulfi, Anggi, dan Umbu. Ketua Panitia Makrab, Kak Dading, mengharapkan bahwa nantinya setelah sampai di tempat tujuan, peserta makrab tidak akan berkurang satu pun. Setelah semua dirasa sudah lengkap, sekitar pukul 14.00 akhirnya seluruh peserta makrab pun berangkat dengan mengendarai sepeda motor masing-masing, kecuali Kak Dading. Kak Dading mengendarai mobil untuk menampung semua bawaan yang diperlukan pada kegiatan makrab tersebut.
Sungguh perjalanan yang menyenangkan. Awan yang mendung, cuaca yang dingin tapi menyejukkan, angin yang sepoi-sepoi, dan udara yang segar membuat perjalanan itu menjadi sangat mengasyikkan. Jajaran pepohonan, barisan gedung-gedung yang unik, serta tanjakan dan turunan jalan raya menambah sedapnya mata ini untuk memandang dan menikmati jauhnya perjalanan tersebut. Sekitar setengah jam lamanya peserta makrab menempuh perjalanan. Peserta makrab tiba di Villa Omah Jawi sekitar pukul 14.30 WIB. Sesampainya disana, seluruh peserta makrab segera memarkir sepeda motornya masing-masing di tempat parkir yang telah disediakan. Setelah itu, kunci motor dikumpulkan kepada salah satu Kakak Panitia Makrab, yaitu Kak Icha demi menghindari kemungkinan bahwa ada mahasiswa yang keluar selama kegiatan makrab tersebut berlangsung. Setelah semua dikumpulkan, peserta makrab segera memasuki ruang yang telah dipersiapkan di villa tersebut.
Tempat pertama yang dituju oleh peserta makrab adalah Ruang Aula. Peserta Makrab berkumpul di Aula untuk sejenak melepaskan rasa lelah. Ada yang sholat ashar, ada yang tidur-tiduran, duduk santai, dan saling bercanda satu sama lain. Selain itu, ada juga yang menikmati indahnya pemandangan di Villa Omah Jawi tersebut. Siapa pun pasti akan betah berada di Villa tersebut. Taman yang hijau dan bersih, tempat makan yang unik, serta  tempat tidur yang luas membuat villa tersebut semakin cocok untuk dijadikan tempat liburan.
Setelah semangat kembali berkobar, para peserta makrab segera memindahkan barang-barang bawaanya ke Ruang Kamar masing-masing. Untuk peserta makrab putri, Ruang Kamarnya yaitu di Kabin 1, sedangkan untuk peserta makrab putra yaitu di Kabin 2. Sembari istirahat, peserta makrab juga sambil mempersiapkan diri untuk mengikuti acara pembukaan pada kegiatan makrab tersebut.
Sekitar pukul 16.00 WIB, acara pembukaan makrab pun dimulai. Acara tersebut dipimpin oleh Kak Icha, Kakak Tingkat Tahun 2010. Dalam acara tersebut juga diisi sambutan oleh Bapak Sobirin (Dekan Fakultas Hukum Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta), Bapak Puguh Indrawan (Dosen Sosiologi Hukum), Bapak Hendra (Dosen Pancasila), dan Kak Dading (Ketua Panitia Makrab). Selain sambutan, dalam acara tersebut juga diisi dengan saling sharing antar angkatan. Kakak Tingkat saling memberikan pengalamannya kepada Adik Tingkatnya. Suasana dalam acara tersebut pun menjadi menarik dan menyenangkan.
Tak terasa, ternyata waktu sudah menunjukkan pukul 17.30 WIB. Tibalah waktunya untuk Isoma. Seluruh peserta makrab segera bergegas ke kamar masing-masing untuk istirahat. Bagi yang muslim, waktu isoma digunakan untuk melaksanakan ibadah Sholat Maghrib sekaligus menanti Sholat Isya. Setelah semua selesai, peserta makrab berkumpul di Ruang Makan untuk makan malam bersama.
Inilah saatnya acara inti yang ditunggu-tunggu oleh seluruh peserta makrab, yaitu Malam Keakraban. Acara tersebut dimulai sekitar pukul 20.00 WIB. Dalam acara Malam Keakraban tersebut, di awali dengan bakar-bakar ayam kemudian dilanjutkan dengan Api Unggun. Pada saat Api Unggun, seluruh peserta makrab berkumpul dengan duduk mengelilingi Api Unggun. Pak Puguh dan Pak Hendra pun ikut berpartisipasi mengisi acara Malam Keakraban tersebut. Pak Puguh memberikan pertanyaan semacam Tes Filsafat Hukum yang harus dijawab oleh peserta makrab. Adapun pertanyaan-pertanyaan yang diberikan yaitu mengapa anda memilih jurusan fakultas hukum, apa yang ingin didapat anda dari menuntut ilmu di fakultas hukum, pekerjaan apa yang anda inginkan, mengapa anda menginginkan pekerjaan tersebut, apakah anda yakin dengan pekerjaan tersebut, apa yang anda miliki untuk mencapai pekerjaan tersebut, pantaskah anda mendapatkan pekerjaan terebut, dan pertanyaan terakhir adalah mengapa fakultas hukum di universitas kita masih kalah dengan fakultas hukum yang lain. Dari pertanyaan tersebut banyak sekali jawaban-jawaban menarik dari setiap peserta makrab. Suasananya cukup tegang. Namun, setelah semua memberikan jawaban, Pak Puguh mencoba mengembalikan suasana menjadi santai dan penuh tawa kembali. Setelah kegiatan Tanya Jawab tersebut selesai, kemudian dilanjutkan dengan Pensi (Pentas Seni). Dalam Pensi tersebut, seluruh peserta makrab diberikan kebebasan untuk menyalurkan bakatnya. Ada yang menyanyi, berjoget, dan sebagainya. Acara Pensi tersebut semakin semarak dengan adanya game yang diberikan oleh Kakak-Kakak Panitia Makrab. Sungguh malam yang sangat menyenangkan. Seluruh peserta makrab saling membaur dan saling bercanda tawa bersama. Keakraban diantara mereka semakin terlihat. Yang semula masih saling cuek, saling acuh, tapi dengan adanya Malam Keakraban tersebut, semua berubah. Tak ada lagi kata cuek, acuh, egois dan sebagainya. Ini merupakan sebuah Kegiatan Makrab yang cukup sukses.
Acara Malam Keakraban tersebut berakhir pada pukul 00.00 WIB. Namun, dengan berakhirnya Acara Malam keakraban tersebut bukan berarti bahwa berakhir pula keakraban di antara peserta makrab tersebut. Usai acara tersebut, masih ada peserta makrab yang berkumpul, saling berbagi, saling bercerita, dan lain-lain. Setelah semua terasa lelah, para peserta makrab segera memposisikan diri berbaring di atas kasur untuk tidur karena besok masih ada lagi kegiatan yang akan dilaksanakan.
Tibalah kita di Hari Kedua Makrab, yaitu pada tanggal 2 Desember 2013. Pagi yang sangat cerah. Udara yang masih segar membuat semangat hidup pulih kembali. Rasa capek, lelah, semua terasa hilang. Nampaknya ini merupakan awal pagi yang indah dan cocok untuk memulai kegiatan di pagi ini. Outbone, itulah acara di Hari Kedua Makrab ini. Seluruh peserta makrab segera mempersiapkan diri untuk mengikuti kegatan tersebut. Sebelum outbone dimulai, peserta makrab berkumpul di Ruang Makan untuk sarapan bersama. Setelah itu, langsung bergegas ke lapangan karena outbone akan segera dimulai. Outbone dimulai sekitar pukul 10.00 WIB. Outbone tersebut di isi oleh Kakak-Kakak Galaksi UP 45. Adapun permainan-permainan dalam outbone tersebut adalah Opposite, Spider Wall, Perang Naga, dan Dragon Ball. Seluruh permainan tersebut sangat menarik, menyenangkan, dan penuh tantangan. Adapun makna dari permainan-permainan tersebut adalah tentang kebersamaan, kekompakan, dan berpikir untuk mengatur strategi.
Acara outbone tersebut berakhir sekitar pukul 12.30 WIB. Melelahkan, tapi menyenangkan. Itulah yang dirasakan oleh para peserta makrab. Meskipun mereka merasa payah, lelah, dan capek, tapi mereka tetap merasa senang. Setelah outbone selesai, peserta makrab pun segera kembali ke Ruang Kamar masing-masing untuk mandi dan  istirahat.  Setelah segar kembali, seluruh peserta makrab berkumpul di ruang makan untuk makan siang. Setelah selesai makan, mereka berkumpul di Ruang Aula untuk mengikuti acara penutup makrab. Acara penutup dimulai sekitar pukul 14.00 WIB. Dalam acara penutup tersebut seluruh peserta makrab diminta untuk mengutarakan kesan-kesan selama mengikuti kegiatan makrab. Berbagai jawaban menarik disampaikan oleh peserta makrab. Ada yang bahagia, senang, penuh kesan, penuh tantangan, dan yang pasti banyak yang mengharapkan bahwa keakraban tersebut tidak hanya akan berakhir disini saja, tetapi akan tetap akrab selamanya. Acara penutup diakhiri dengan saling salam-salaman satu sama lain. Akhirnya, selesailah sudah kegiatan Makrab Fakultas Hukum Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta. Harapan terakhir, semoga makrab ini menjadi sebuah kegiatan yang sangat bermanfaat. Kini, tibalah saatnya seluruh peserta makrab packing-packing barang bawaan untuk bergegas pulang. Selamat tinggal Villa Omah Jawi Kaliurang J.
Post a Comment
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top