Mahasiswa Berperan Ganda

Diposkan oleh Label: di


Oleh Nunuk Priyati
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta

            Sebut saja namanya Lilik, seorang mahasiswa yang memiliki peran ganda. Selain menjadi mahasisa, dia juga berperan sebagai karyawan  part time di Universitasnya. Lilik bekerja  di bagian staff SDM saat tidak ada jam kuliah dan diizinkan meninggalkan pekerjaan saat ada jam mata kuliah tertentu. Lilik berusaha memanajement waktu agar menghasilkan pekerjaan yang maksimal dan prestasi akademik yang memuaskan. Hal tersebut bisa ia lakukan dengan baik, sebab sejak awal ia telah memiliki minat untuk kuliah sambil bekerja. Dengan begitu, proses belajarnya tetap berjalan dengan nyaman dan menyenangkan, meskipun sambil bekerja. Hal ini sesuai dengan yang dikemukakan (Sardiman, 2003) bahwa proses belajar akan berjalan dengan lancer apabila disertai dengan minat.
            Pada pembahasan kali ini, penulis mempunyai prediksi , bahwa jika Lilik dapat mengontrol ego-involment, Lilik akan tetap berprestasi dalam akademik dan tugas dalam kerjapun akan selesai secara maksimal. Apalagi jika Lilik dapat menerima tugas kerja dan kuliah sebagai tantangan, dengan penerimaan tersebut Lilik akan memiliki motivasi yang baik. Ilustrasi ini sesuai seperti yang dikemukakan (Sardiman, 2003) bahwa kesadaran siswa dalam merasakan pentingnya tugas dan menerimanya sebagai tantangan sehingga bekerja keras dan menaruhkan harga diri, adalah sebagai salah satu bentuk motivasi yang sangat penting.
            Penulis memberikan saran kepada orangtua Lilik, agar memberikan hadiah kepada Lilik dengan adanya prestasi Lilik dibidang akademik, meskipun Lilik kuliah sambil bekerja. Dengan hadiah ini, penulis berpandangan baha Lilik akan semakin termotivasi untuk lebih baik dan semakin berprestasi lagi. Hal tersebut sesuai dengan yang dikemukakan (Sardiman,2003) bahwa hadiah juga dapat dikatakan sebagai motivasi.

Daftar Pustaka :
Sardiman.(2003) Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Post a Comment
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top