Membangkitkan Rasa Percaya Diri pada Orang dengan Kepribadian Introvert

Diposkan oleh Label: di


Juni Wulan Ningsih
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta

Setiap orang mempunyai kepribadian yang berbeda – beda. Perbedaan kepribadian tersebut mempengaruhi caranya berinteraksi dengan orang lain ataupun lingkungannya. Sebagaimana dikemukakan oleh Kartono, K & Dali, G (Sjarkawim, 2006 dalam Haryanto, 2010) kepribadian adalah sifat dan tingkah laku khas seseorang yang membedakannya dengan orang lain; integrasi karakteristik dari struktur-struktur, pola tingkah laku, minat, pendirian, kemampuan dan potensi yang dimiliki seseorang; segala sesuatu mengenai diri seseorang sebagaimana diketahui oleh orang lain.
            Menurut C.G Jung terdapat dua jenis tipe kepribadian berdasarkan perkembangan sosialnya yaitu kepribadian introvert dan ekstrovert. Kepribadian ekstrovert memiliki ciri khas mudah bergaul, mudah menyesuaikan diri, menaruh minat pada orang lain, serta kegiatan – kegiatan sosial, ramah dan banyak teman, sedang kepribadian introvert cenderung menarik diri, pemalu, sukar bergaul, senang berangan – angan, menutup diri,dan kurang suka bergaul (Jung dalam Muslimah, 2013). Secara garis besar kepribadian introvert merupakan pribadi yang tertutup, dan tidak kepada semua orang dia bisa terbuka serta percaya.
Keadaan ini membuat orang dengan kepribadian introvert kurang dalam hal interaksi dengan orang lain, dan menyebabkan rendahnya tingkat kepercayaan diri yang ia miliki. Rasa percaya diri yang rendah akan berpengaruh juga pada  kemampuannya berbicara didepan umum. Kenapa hal ini bisa terjadi ? Ini dikarenakan intensitas berinteraksinya dengan orang lain sangat minim, sehingga membuatnya minder untuk mengemukakan pendapatnya didepan banyak orang. Logikanya seperti ini “daripada salah berbicara, pribadi ini lebih memilih diam” . Jika ditempatkan dalam  sebuah forum yang benar – benar baru untuknya, ia cenderung akan diam. Tetapi sebaliknya dia bisa menjadi pribadi yang cerewet manakala lingkungan tersebut sangat ia kenali.
Barber (1964 dalam Notosoedirjo, M & Latipun, 2001) menyatakan bahwa  intensitas interaksi sosial yang rendah menjadi salah satu penyebab  timbulnya gangguan mental seseorang. Untuk itu agar pribadi ini tidak terganggu kesehatan mentalnya, ia perlu memperluas pergaulannya. Akan tetapi apabila  tingkat kepercayaan dirinya masih kurang, perluasan pergaulanpun akan menjadi sulit untuknya. Sehingga solusi yang bisa ditempuh pertama – tama adalah bagaimana membangkitkan rasa percaya dirinya.
Dalam (Aries, n.d) ada beberapa langkah atau cara membangkitkan rasa percaya diri pada diri seseorang khususnya individu dengan kepribadian introvert, langkahnya adalah sebagai berikut :
a)    Ada keinginan untuk memperbaiki diri
b)    Selalu berfikiran positif, dan tanamkan dalam diri “aku pasti bisa”
c)    Hilangkan kenangan buruk di masa lalu
d)    Mulai membuka diri dan tanamkan kepercayaan terhadap orang lain
e)    Memperluas pergaulan dan mencari teman yang baik
f)     Ikut berorganisasi dan aktif di dalamnya
g)    Terus berusaha dan berdoa
Setelah mempunyai rasa percaya diri yang besar, diharapkan individu dengan kepribadian introvert ini bisa tetap memperluas pergaulannya. Semakin besar intensitas interaksi sosialnya dengan lingkungan luar maka akan semakin sehat kesehatan mental individu tersebut.

Daftar  Pustaka:
Aries.(n,d).6 Jurus Ampuh Menumbuhkan Rasa Percaya Diri. Retrieved On 31 Desember 2013, from:
http://bangaries.blogdetik.com/catatan-pribadi/6-jurus-ampuh-menumbuhkan-rasa-percaya-diri/
Haryanto.(2010).Pengertian Kepribadian. Retrieved On 31 Desember , 2013 from: http://belajarpsikologi.com/pengertian-kepribadian/
Muslimah.(2013).Hand Out Psikologi Pendidikan.Yogyakarta: UP45
Notosoedirjo, M & Latipun.(2001).Kesehatan Mental Konsep & Penerapan.Malang: UMM PRESS

1 comment:

  1. Artikel yang bagus sekali :)

    meningkatkan rasa percaya diri memang penting, terutama untuk mengejar karir dan prestasi. Artikel di atas memberikan penjelasan yang lengkap dan saintifik. Saya suka :)

    Cara meningkatkan kepercayaan diri

    ReplyDelete
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top