MEMPEROLEH KEBAHAGIAAN DENGAN CARA SEDERHANA

Diposkan oleh Label: di


Ratna Kanyaka Budi Utami
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Hidup bahagia adalah impian semua orang. Setiap orang mempunyai definisi hidup bahagia menurut persepsinya. Ada yang mengukur kebahagiaan dari materi, memiliki keluarga yang harmonis, dan bahagia karena turut membahagiakan orang lain. Tidak ada yang salah dengan penilaian-penilaian tersebut. Hal yang terpenting adalah bagaimana kita meraihnya dengan cara yang sederhana dan tidak menyusahkan diri sendiri apalagi orang lain.
Ada beberapa cara memperoleh kebahagiaan dengan cara sederhana. Hal utama yang bisa membuat hidup lebih bahagia dan berarti yaitu dengan cara bersyukur (Adnamazida, 2013). Hidup bersyukur artinya menikmati setiap hal yang kita miliki saat ini. Seperti waktu, kesehatan, keluarga yang harmonis, pasangan yang setia, teman-teman yang baik dan lain sebagainya. Rasanya tidak akan ada habisnya bila kita menghitung nikmat yang sudah diberi untuk kita. Bersyukur membuat hidup lebih nyaman dan tentram, nikmat yang kita peroleh saat ini akan selalu bertambah. Sekecil apapun kesenangan yang kita dapatkan patut kita syukuri. Just don’t take it for granted.
Selanjutnya, hidup bahagia dengan bersikap baik pada sesama (Aureus, 2013). Bersikap baik berarti kita harus bisa meningkatkan rasa simpati dan empati terhadap sesama. Lebih peka pada lingkungan. Lebih menunjukkan rasa kepedulian yang tulus dan percaya pada the power of giving (McKinnon & Jamal, 2012). Bersikap baik tidak perlu terlihat orang lain. Cukup melakukan yang ingin kita lakukan, seperti contoh membantu teman dalam satu komunitas yang mengalami kesulitan belajar, memberi sedekah pada anak yatim piatu dan memberi pujian atas prestasi teman kita.
Berpikir secara positif membuat hidup lebih indah dan bahagia (Luthfi, 2011). Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengubah sudut pandang yang negatif menjadi suatu hal yang bisa dipetik menjadi pelajaran berharga. Contohnya, memahami setiap perbedaan karakter dalam pergaulan sosial. Cara ini membuka pikiran kita menjadi terbuka. Lalu cara meraih bahagia yang sederhana dengan memperbaiki diri menjadi pribadi yang lebih baik (Sumarna, 2011). Hal ini bisa dilakukan dengan menjauhi perbuatan yang tidak terpuji, mengurangi kebiasaan buruk serta menerima kebaikan dan kekurangan diri sendiri. Misalnya, tidak sombong pada sesama, mengurangi kebiasaan menunda pekerjaan.
Pada kesimpulannya, kebahagiaan adalah proses bukan tujuan (Soegioyharto, 2012). Bila menentukan kebahagiaan sebagai tujuan akhir rasanya akan menjadi hal yang sia-sia. Seluruh hidup kita akan digunakan untuk mengejar kebahagiaan sehingga lupa melakukan hal-hal sederhana yang bermanfaat. Hidup akan terasa hampa dan menjenuhkan. Pada dasarnya, semua hal baik yang kita lakukan dalam hidup ini bisa membuat kita bahagia dan lebih berarti.

Daftar pustaka
Adnamazida, R. (2013). 7 Cara meraih kebahagiaan. Retrieved on December 29, 2013 from
http://www.merdeka.com/gaya/7-cara-meraih-kebahagiaan.html

Aureus, W. (2013). 5 Cara memperoleh kebahagiaan. Retrieved on December 29, 2013 from http://kelascinta.com/romansa/5-cara-memperoleh-kebahagiaan
Luthfi, N. (2011). Konsep cara meraih hidup bahagia. Retrieved on December 29, 2013 from http://nluthfi.blogspot.com/2011/09/konsep-cara-meraih-hidup-bahagia-dunia.html
McKinnon, H. & Jamal, A. (2012). The power of giving: Agar kemakmuran dan kebahagiaan selalu menyertai anda. Jakarta: Ufuk Press.
Soegiyoharto, R. (2012). Cara meraih kebahagiaan. Retrieved on December 29, 2013 from http://go-motivasi.blogspot.com/2012/05/cara-meraih-kebahagiaan.html
Sumaryana, A. (2011). Cara meraih kebahagiaan sejati. Retrieved on December 29, 2013 from
http://kesehatan.kompasiana.com/kejiwaan/2011/11/12/cara-meraih-kebahagiaan-sejati-409693.html


Post a Comment
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top