Makrab Fakultas Psikologi dan Ekonomi UP 45

Diposkan oleh Label: di

Rina Hartatik
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Makrab adalah suatu kegiatan yang terangkai dengan tujuan menjalin tali persaudaraan antar mahasiswa sefakultas. Dengan makrab diharapkan para mahasiswa dapat saling bekerjasama untuk melaksanakan visi misi fakultas yang telah diemban. Biasanya, kegiatan makrab ini dilakukan per fakultas. Namun untuk fakultas Psikologi dengan fakultas Ekonomi di Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta, mereka mengadakan kegiatan makrab secara bersamaan dalam bentuk gabungan pada tanggal 2-3 November 2013 di Kaliurang. Segala sesuatu yang dibutuhkan pada kegiatan makrab tersebut telah dipersiapakan sebaik mungkin oleh seluruh peserta makrab dan dikukpulkan satu hari sebelum beangkat.
Pada tanggal 2 November 2013, tepatnya pukul 13.00 WIB, seluruh Mahasiswa Fakultas Psikologi dan Fakultas Ekonomi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta berkumpul di ruang seminar  Kampus UP 45. Sambil menunggu teman yang belum datang kakak panitia memberikan kami semua snack, dan setelah satu jam kami berada di kampus lalu kakak panitia mengabsen seluruh peserta makrab untuk memastikan jumlah peserta yang mengikuti makrab tersebut. mengharapkan bahwa nantinya setelah sampai di tempat tujuan, peserta makrab tidak akan berkurang satu pun. Setelah semua dirasa sudah lengkap, sekitar pukul 14.00 akhirnya seluruh peserta makrab pun berangkat, ada yang mengendarai motor dan ada pula yang mengendarai mobil kampus. Saya adalah salah satu peserta makrab yang pulang dan berangkat menuju kaliurang dengan naik mobil kampus bersaama Lita, Nurva, Mbak Nurul, Mbak Asri, Nunuk, Juni, dan yang nyetir mobilnya adalah Mas Agus.
Perjalan yang cukup melelahkan karena jarak dari kampus ke kaliurang menurut saya lumayan jauh, tapi juga merupakan perjalanan yang mengasikkan bagi saya karena sepanjang perjalanan kami semua nyanyi bareng. Tidak kerasa sudah jam 15.00 kami sudah sampai di kaliurang. Sesampainya disana kami langsung menuju kamar untuk menaruh semua peralatan yang kami bawa. Peserta Makrab berkumpul di kamar yang telah ditentukan yang perempuan berkumpul dikamar perempuan, begitupun yang laki-laki. Kami sejenak melepaskan rasa lelah. Ada yang sholat ashar, ada yang tidur-tiduran, duduk santai, dan saling bercanda satu sama lain. Selain itu, ada juga yang menikmati indahnya pemandangan di villa yang kami tempati.
Sekitar pukul 16.00 WIB, acara pembukaan makrab pun dimulai. Acara tersebut dipimpin oleh Kak Yani, Kakak Tingkat Tahun 2012. Semua peserta makrab berkumpul sesuai dengan kelompoknya masing-masing, dan salah satu dari kelompok disuruh maju kedepan untuk menceritakan pengalan apa saja yang mereka dapat selama perjalanan menuju kaliurang. Suasana dalam acara tersebut pun menjadi menarik dan menyenangkan.
Tak terasa, ternyata waktu sudah menunjukkan pukul 17.30 WIB. Tibalah waktunya untuk Isoma. Seluruh peserta makrab segera bergegas ke kamar masing-masing untuk istirahat. Bagi yang muslim, waktu isoma digunakan untuk melaksanakan ibadah Sholat Maghrib sekaligus menanti Sholat Isya. Setelah semua selesai, peserta makrab berkumpul di Ruang Makan untuk makan malam bersama.
tibalah saat yang ditunggu-tunggu sama semua peserta makrab 2013 yaitu Malam Keakraban. Acara tersebut dimulai sekitar pukul 20.00 WIB. Malam Keakraban tersebut, di awali dengan Api unggun. Masing-masing kelompok menampilkan penampilan yang jauh sebelumnya kami (masing-masing kelompok) telah mempersiapkan penampilan yang akan ditampilkan pada mala keakraban tersebut. Kelompok saya adalah kelompok anggrek yang pada malam itu kelompok saya menampilkan tari-tarian dan drama yang berjudul “Bawang merah Bawang putih” yang mana saya berperan sebagai ibunya Bawang merah, Lita sebagai Bawang merahnya, Ratna sebagai bawang putih, dan yang terakhir parlindungan sebagai pangerannya. Acara yang tidak kalah serunya pada acara malam keakraban itu ialah waktu kakak panitia menunjuk salah satu diantara peserta makrab untuk membaca surat cinta kepada kakak panitia. Sungguh malam yang sangat menyenangkan. Seluruh peserta makrab saling membaur dan saling bercanda tawa bersama. Keakraban diantara mereka semakin terlihat. Yang semula masih saling cuek, saling acuh, tapi dengan adanya Malam Keakraban tersebut, semua berubah. Tak ada lagi kata cuek, acuh, egois dan sebagainya. Ini merupakan sebuah Kegiatan Makrab yang cukup sukses
malam keakrabanpun berakhir pada jam 00.00. Namun, dengan berakhirnya Acara Malam keakraban tersebut bukan berarti bahwa berakhir pula keakraban di antara peserta makrab tersebut. Usai acara tersebut, masih ada peserta makrab yang berkumpul, saling berbagi, saling bercerita, dan lain-lain. Setelah semua terasa lelah, para peserta makrab segera memposisikan diri berbaring di atas kasur untuk tidur karena besok masih ada lagi kegiatan yang akan dilaksanakan.
Tibalah kita di Hari Kedua Makrab, yaitu pada tanggal 2 Desember 2013. Pagi yang sangat menyejukkan, Udara yang masih segar membuat semangat hidup pulih kembali. Rasa capek, lelah, semua terasa hilang. Nampaknya ini merupakan awal pagi yang indah dan cocok untuk memulai kegiatan di pagi ini. Outbone, itulah acara di Hari Kedua Makrab ini. Seluruh peserta makrab segera mempersiapkan diri untuk mengikuti kegatan tersebut. Sebelum outbone dimulai, peserta makrab berkumpul di Ruang Makan untuk sarapan bersama. Setelah itu, langsung bergegas ke lapangan karena outbone akan segera dimulai. Outbone dimulai sekitar pukul 10.00 WIB. Adapun permainan-permainan dalam outbone tersebut sangat menarik, menyenangkan, dan penuh tantangan. Adapun makna dari permainan-permainan tersebut adalah tentang kebersamaan, kekompakan, dan berpikir untuk mengatur strategi.
Setelah outbone selesai, peserta makrab pun segera kembali ke Ruang Kamar masing-masing untuk mandi dan  istirahat.  Setelah segar kembali, seluruh peserta makrab berkumpul di ruang makan untuk makan siang. Setelah selesai makan, mereka berkumpul di Ruang Aula untuk mengikuti acara penutup makrab. Acara penutup dimulai sekitar pukul 14.00 WIB. Dalam acara penutup tersebut diisi dengan pembagian hadiah, dan setiap kelompok mendapatkan hadiah yang berbeda-beda sesuai dengan kemampuan yang dimiliki kelompok tersebut. . Acara penutup diakhiri dengan saling salam-salaman satu sama lain. Akhirnya, selesailah sudah kegiatan Makrab Fakultas Psikologi dengan Fakultas Ekonomi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta. Harapan terakhir, semoga makrab ini menjadi sebuah kegiatan yang sangat bermanfaat. Kini, tibalah saatnya seluruh peserta makrab packing-packing barang bawaan untuk bergegas pulang.



Post a Comment
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top