Penggerak Seseorang dalam Berperilaku

Diposkan oleh Label: di


Juni Wulan Ningsih
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Perilaku manusia biasanya disebabkan karena  adanya suatu motif tertentu. Motif sendiri adalah alasan atau dorongan dalam diri manusia yang menyebabkan manusia itu berbuat sesuatu (Sobur,2003). Motif tersebut juga lah yang membuat individu akan berusaha sekuat tenaga untuk mewujudkan apa yang diimpikannya. Sebagai contoh wulan ingin sekali bisa berbahasa inggris dengan lancar, lalu dia mengumpulkan informasi tentang tempat – tempat privat bahasa inggris. Akhirnya wulan memutuskan les disalah satu tempat privat tersebut selama  beberapa  bulan . Dalam proses belajarnya ini terdapat sebuah hambatan berupa kurang lancarnya kemampuan speaking (berbicara) yang ia miliki. Ini disebabkan karena ia tidak terbiasa menggunakan bahasa inggris dalam percakapan sehari – hari. Kenapa wulan tidak membiasakan berbahasa inggris dalam percakapannya ? Ini dikarenakan,  dilingkungannya bahasa kesehariannya adalah bahasa jawa. Maka jika wulan berbahasa inggris akan terasa asing.
Bisa berbahasa inggris secara aktif merupakan motif yang terdapat  dalam diri wulan, lalu motif tersebut  membuat wulan berusaha untuk merealisasikan keinginannya . Yakni dengan mengikuti les privat bahasa inggris, sebagai wujud  dari kebutuhan aktualisasi diri yang ia miliki (Maslow dalam Sobur, 2003). Adanya motif tersebut memberi arah bagi perilaku wulan dan membawanya semakin dekat dengan tujuan yang ingin dicapai. Tetapi proses menuju impiannya tersebut tidaklah mudah, terdapat sedikit hambatan yang membuatnya kesulitan mengembangkan potensi yang dimilikinya. Hambatan tersebut justru datang dari luar dirinya, yakni faktor lingkungan. Lingkungan sekitar individu akan turut mempengaruhi berkembang atau tidaknya suatu motif tertentu (Dewantara, R.S, 2013). Dalam hal ini, kebiasaan masyarakat sekitar wulan yang menggunakan bahasa jawa, akan menjadi hambatan untuk wulan dalam melatih kemampuan berbicara (speaking) bahasa ingris. Walaupun untuk kemampuan lain sedikit dia ketahui.
Saran penulis agar diperoleh hasil maksimal dalam berlatih bahasa inggris terutama dalam hal speaking, maka wulan harus mengesampingkan faktor lingkungan yang menjadi hambatannnya. Mengesampingkan disini bukan berarti saat berbicara dengan tetangga kita (yang tidak tahu bahasa inggris), kita malah berbahasa inggris. Justru nanti yang terjadi adalah miscomunications dan kita dianggap aneh ataupun sombong oleh orang lain. Akan tetapi kita tetap melatih kemampuan kita tanpa rasa enggan ataupun malas, bisa dengan latihan berbicara dan dijawab sendiri. Latihan tersebut bisa kita rekam lalu diperdengarkan kembali untuk melihat kesalahan ataupun kekurangan selama kita latihan. Bisa juga berlatih dengan teman yang sudah ahli dalam bahasa inggris, dari teman  tersebut akan termotivasi agar kita bisa segera mahir bahasa inggris. Jika kita penasaran dengan hasil latihan kita selama ini. Bisa kita coba berinteraksi langsung dengan turis manca negara yang sedang berlibur atau pun berkunjung ke indonesia dan mengajaknya berbicara. Bila turis tersebut dapat menangkap dan merespon perkataan kita, bisa disimpulkan ada kemajuan dalam latihan kita.
Motif merupakan sesuatu yang membuat seseorang berbuat suatu tindakan atau perilaku. Kemudian akan timbul motivasi yakni perilaku atau cara seseorang dalam memenuhi kebutuhan – kebutuhannya  sebagai realisasi dari motif ( Maslow dalam Sobur, 2003). Akan tetapi dalam menuju tujuan sering terdapat hambatan dalam mencapainya. Diharapkan hambatan tersebut tidak menjadi kendala bagi individu, sehingga dia tetap fokus dengan impiannya dan membuatnya semakin dekat  dengan perealisasian dari tujuan yang ingin dicapainya.

Daftar Pustaka:
Dewantara, R.S.(2013).Pengaruh Lingkungan Terhadap Perkembangan Anak. Retrieved On December 17, 2013 from:http://rinogalau86.blogspot.com/2013/03/pengaruh-lingkungan-terhadap.html

Sobur.(2003).Psikologi Umum dalam Lintasan Sejarah.Bandung: PUSTAKA SETIA

Post a Comment
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top