Nyeri haid, waspadai sejak dini

Diposkan oleh Label: di

Nurul istiyani
Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Haid merupakan suatu rutinitas yang dialami pada wanita semenjak remaja. Masa haid normalnya dialami oleh wanita setiap 28 hari sekali selama 3-7 hari. Haid merupakan proses rontoknya sel telur yang tidak dibuahi dari dalam rahim. Haid ini sering juga mengakibatkan nyeri pada perut dan sakit kepala. Nah, nyeri saat haid ini perlu kita waspadai sejak dini. Nyeri pada haid jika dirasakan satu hari menjelang atau pada haid pertama merupakan nyeri yang normal, para kaum hawa tidak perlu khawatir. Hal ini terjadi karena pada rahim terjadi kontraksi akibat rontoknya sel telur yang tidak dibuahi. Namun, apabila nyeri saat haid itu terjadi beberapa hari pada saat haid dan terkadang mengakibatkan orang pingsan itu yang perlu diwaspadai. Apabila nyeri terjadi beberapa hari segera periksakan ke dokter.

Nyeri pada saat haid ada beberapa  criteria yaitu:
1.    Nyeri perut biasa ,tidak perlu khawatir , hal ini normal dialami hampir semua kaum hawa saat haid. Nyeri ini diakibatkan oleh hormone prostaglandin yang memicu pada kontraksi saluran kemih.
2.    Nyeri yang terjadi setiap 1-2 jam sekali. Apabila anda saat haid mengalami nyeri setiap 1-2 jam sekali dengan pendarahan yang banyak hal ini perlu diwaspadai. Hal ini bisa saja merupakan simtom adanya kanker jinak pada saluran kemih. Darah yang keluar biasanya sebesar biji jeruk atau biji apel. Biasanya pendarahan ini tidak berhenti selama 3-4 hari saat haid.
3.    Nyeri pada perut bagian bawah,kadang disertai kejang pada otot perut. Hal ini perlu diwaspadai karena hal ini merupakan gejala endometriosis. Endometriosis adalah kelainan pada lapisan rongga rahim pada wanita. Normalnya, lapisan rongga rahim berada diluar namun hal ini lapisan rongga rahim tumbuh diluar rahim. Tanda-tanda lain endometriosis adalah vagina terasa tebal, anus sakit saat BAB, muncul bercak-bercak merah sebelum tibanya siklus haid. Endometriosis ini menyebabkan sulitnya kaum hawa mendapatkan keturunan dan riskannya terjadi kehamilan diluar kandungan.
4.    Nyeri diperut bagian bawah disertai demam. Ini perlu diwaspadai, hal ini merupakan simtom terjadinya pelvic inflammatory. Tanda-tanda lain dari pelvic inflammatory yaitu nyeri saat buang air kecil serta air kencing berubah warna menjadi kehijauan. Hal ini apabila terjadi pada anda harus segera periksakan kedokter. Hal ini apabila didiamkan akan mengakibatkan kesuburan kandungan anda.

Nah, beberapa hal yang telah penulis sampaikan diatas perlu dicermati. Hal kecil yang dicermati sejak dini anda telah berperan dalam pencegahan kanker serviks sejak dini. Apabila anda mengalami rasa nyeri saat haid dan dirasa mencurigakan segeralah anda menjalani pemeriksaan gynekologi. 
Post a Comment
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top