Sifat Alamiah Kehidupan

Diposkan oleh Label: di

Aristanti  Jhon. Hery T.R HRP
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
 
Maksud dari sifat alamiah kehidupan adalah kejadian yang terjadi di kehidupan ini yang setiap proses dan kejadiannya selalu berhubungan, beberapa kejadian mempunyai proses yang sama hanya hal yang membedakan adalah kehidupan yang berbeda atau peristiwa yang terjadi yang berbeda bentuk tapi mempunyai proses yang sama. Pengertian lain dari sifat alamiah kehidupan adalah suatu perilaku yang menjadi kebiasaan yang mendukung setiap proses yang dirasakan, seperti hal yang mengenai tentang emosi seseorang terhadap sesuatu.
Dari pengertian pertama kita bisa memisalkan contoh nyata sifat alamiah yaitu tentang kehidupan yang selalu turun-temurun generasi ke generasi menjalani siklus kehidupan dan itu semua terjadi pada semua makhluk hidup. Tidak hanya tentang siklus kehidupan tapi kejadian sehari-hari pun kehidupan ini berhubungan dengan ligkungan sekitarnya, segala lini kehidupan ini berhubungan dengan tingkah laku kita seperti jika manusia membuang sampah sembarangan dan menebang hutan pasti sifat alamiah akan terjadi atau timbal balik setiap perilaku yang dilakukan akan kembali lagi kepada hal yang melakukan, manusia mempunyai sifat alami yang tak pernah puas sifat yang rakus akan kehidupan sifat yang merusak, tapi sifat ini tidak sama dengan hewan ataupun tumbuhan dan manusia merasa memiliki dan merajai hewan dan tumbuhan, itu adalah sifat alami manusia yang tidak banyak orang yang menyadarinya.
Manusia mempunyai beberapa sifat alami dan di antaranya adalah bekerja sama, dan hidup dalam kelompok. Manusia tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain dan pasti memerlukan bantuan orang lain untuk memenuhi kebutuhan dan untuk bertahan hidup.
Peristiwa alami yang lainnya adalah emosi seseorang terhadap sesuatu misalnya tertawa, tersenyum, menangis, sedih, gembira, marah, dan emosi-emosi lainnya itu semua tergantung konteks yang terjadi, tapi arti dari emosi yang di rasakan itu semua tergantung konteks juga, misalnya menangis bukan berarti sedih bisa saja terharu suatu kebahagiaan yang datang dari lubuk hati yang paling dalam. Sebuah kasih sayang kepada orang ataupun kepada benda ataupun hewan, itu adalah sifat alami yang dimiliki setiap manusia tapi tidak  lari dari kemungkinan hewan juga memiliki sifat kasih sayang kepada keluarganya. Begitu juga tumbuh-tumbuhan yang kehadirannya menjadi pelengkap hidup ini, memberi kebaikan untuk bumi ini tapi manusia menebang hutan, merusak tapi tidak memikirkan apa saja dampak yang terjadi apabila manusia merusak kehidupan yang menjadi penyeimbang kehidupan ini, sifat alami tumbuhan ini menjadi berkah yang sangat berharga dan kita sudah merasakannya.
Apakah sifat alami itu tergantung dengan lingkungan.?
Kita bisa mengambil kesimpulan dari pertaanyaan ini, coba pikir tentang manusia yang hidup di lingkungan yang tidak mendukung atau karena kebutuhan hidup yang mendesak yang memaksa harus melakukan sesuatu yang berbeda dan pastinya akan meninggalkan sifat alami aslinya, itu bisa saja terjadi begitu pula hewan maupun tumbuhan juga, dan pastinya dunia ini seperti itu apa bumi sekarang bersahabat dengan merasakan sikap manusia yang merusak pasti sifat alami dari kehidupan ini hilang, apa manusia lupa atau terpaksa karena kebutuhan hidup dan karena lingkungan. Sekarang zaman modern dan cara berpikir menjadi lebih dewasa dan ini saatnya kita melakuan perubahan tanpa menunda-nunda.
Manusia mempunyai sifat yang lambat bertindak manusia hanya bisa merusak kenapa baru sekarang mereka berfikir tentang reboisasi ataupun penghijauan dan mencari penemuan baru tentang energy alternative apa itu salah satu sifat manusia yang perlu proses untuk mengerti dan memahami atau keterbatasan pengetahuan di era zaman modern seperti ini, tapi disisi lain ini adalah awal yang bagus untuk kedepannnya dan apa ini yang dinamakan sifat alami dari kepedulian yang manusia punya dan kita semua berharap begitu. Pembentukan bumi, penciptaan makhluk hidup, dan apapun itu memerlukan proses. Begitulah sifat alami yang dialami manusia, manusia memerlukan waktu untuk sebuah proses memahami dan mengerti karena manusia tidak ada yang sempurna dalam hal pemikiran dan fisik, mungkin semua teori sudah banyak memikirkan tentang perubahan tapi perlu ada yang bergerak suatu penggerak yang berfungsi untuk jalannya atau terwujudnya teori tersebut dan itu adalah kendala yang dialami manusia.
Ada satu sifat alami manusia yang membedakan dengan makhluk hidup lain yaitu manusia memiliki cinta, kepedulian yang membuat manusia itu tetap pada porosnya dan tetap pada jalur kebaikan, cintalah yang membuat kehidupan ini menjadi indah tidak hanya untuk sesama manusia tapi untuk semua makhluk hidup yang ada di dunia ini.
Alami adalah suatu keadaan awal tanpa campurtangan sesuatu dan kealamian itulah yang membuat keindahan dengan kehidupan yang mengalir apa adanya, “jika tidak bisa membuat lebih indah kenapa harus merusak atau menciptakan sesuatu dengan skill dan pengetahuan yang belum memadai”, kita harus lebih dekat kealam dekat dengan lingkungan menjaga kealamian kehidupan ini biarkan kehidupan ini dipenuhi dengan cinta yang mengalir secara alami. Coba pikir sekali lagi suatu yang alami atau keadaan yang timbul secara alami adalah suatu keindahan yang pernah kita rasakan suatu ketulusan yang pernah diberikan. Segala di dunia ini mempunyai hubungan satu sama lain, mempunyai banyak kesamaan dalam segala proses, kejadian, dan itu menjadi sifat yang alami bagi kehidupan ini dan intinya kehidupan ini sangat terikat dengan lingkungannya.

Back to Top