Pengembangan Psikomotorik Anak TK Melalui Kegiatan Menggambar

Diposkan oleh Label: di


Wahyu Widiantoro
Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45
Yogyakarta


Psikologi Berbagi merupakan kegiatan rutin yang diadakan oleh Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta. Pada 16 Januari 2016 merupakan kegiatan ke 4 dari acara Psikologi Berbagi dan mengangkat tema Pengembangan Psikomotorik Anak TK Melalui Kegiatan Menggambar. Acara yang dibuka oleh Bapak Muhamad Ali Sukrajap, SE., MBA., selaku WR 3 UP45 ini di laksanakan di Lab. Bahasa dan diikuti oleh para guru dari TK Amanah Imogiri, TK KB. Little Three, TK Taman Cendekia, TK Tunas Bangsa 4 Pandean, TPA Nurhawin Wirobrajan, PAUD Wira Melati XII, Yogyakkarta.


Arni Dewi Boronnia, S.T., sebagai narasumber dalam pelatihan ini menjelaskan tentang cara-cara kreatif dalam menuangkan ide melalui berbagai alat pewarna hingga menjadi sebuah karya lukisan yang unik dan menarik. ”Semenjak usia balita, saya sudah hobi menggambar, hobi saya tersebut membantu saya ketika harus menentukan bidang apa yang akan saya pilih dalam berkarir”, demikian ungkap Arni.

Dr. Arundati Shinta, S.Psi.,M.A., dalam pelatihan ini mengajak para guru untuk berpartisipasi pada Lomba menggambar untuk anak-anak usia 3-25 tahun, yang diadakan oleh UNESCO di Perancis dengan tema Wild Life atau kehidupan liar di alam pada bulan Februari 2016. Dijelaskan bahwa ”Anak-anak perlu kita libatkan dalam lomba,  untuk kepentingan anak itu sendiri dan juga lingkungan sosial tempat anak-anak tersebut bertumbuh dan berkembang. Alasanya adalah orang dewasa sering tidak tahu masa depan akan terjadi apa saja. Tugas kita sebagai orang dewasa adalah mempersiapkan anak-anak itu agar kelak mereka mempunyai self efficacy yaitu keyakinan pada kemampuan diri yang tinggi, sehingga alternatif keterampilannya juga banyak. Anak-anak akan menjadi lebih siap menghadapi hari esok yang sering kali kejam. Lalu apa yang terjadi kalau anak menjadi stress gara-gara ikut lomba? Itu tugas kita sebagai orang dewasa yang mengemas kegiatan lomba menjadi kegiatan yang menyenangkan”.

Antusiasme para peserta dalam mengikuti pelatihan ditunjukkan dengan keheningan ruangan ketika para peserta mencoba berlatih menuangkan ide dengan berbagai alat pewarna dalam selembar kertas gambar yang telah disediakan oleh panitia. Pada akhir acara ditutup dengan peserta mengisi angket evaluasi. Hasil angket tersebut menyatakan bahwa para peserta menilai relevansi materi dan tema pelatihan ini serta para narasumber adalah sangat baik. Penilaian peserta terhadap fasilitas, konsumsi dan pelayanan panitia adalah baik. Peserta mengharapkan bahwa Fakultas Psikologi UP45 mengadakan pelatihan-pelatihan lainnya guna menunjang profesionalitas para guru dalam menjalankan tugas sebagai seorang pengajar.

Pelatihan mengajar menggambar yang benar dan menarik pada dasarnya bertujuan untuk mengembangkan keterampilan guru TK maupun PAUD dalam menstimulasi perkembangan psikomotor serta perkembangan kreatifitas yang melibatkan daya kognitif pada anak didiknya. Melalui kegiatan menggambar pada anak maka guru juga membiasakan anak untuk menuntaskan suatu pekerjaan. Sebagai tindak lanjut dari hasil evaluasi pada akhir acara pelatihan ini serta sebagai upaya memenuhi banyaknya permintaan guru yang ingin mengikuti pelatihan ini maka Fakultas Psikologi UP45 akan mengadakan pelatihan serupa pada 23 Januari 2016, demikian dijelaskan oleh Fx. Wahyu Widiantoro, S.Psi.,M.A.
Post a Comment
Tidak diperbolehkan adanya unsur sara dan kata-kata yang kurang terpuji

Back to Top